Sukses


FP GP Australia Hari Pertama: Kecepatan Oke, Rio Posisi Ke-21

Bola.com, Melbourne - Rio Haryanto belum bisa tampil maksimal pada dua sesi latihan bebas awal GP Australia di Sirkuit Albert Park, Jumat (18/3/2016). Cuaca buruk menjadi penghalang pebalap tim Manor Racing itu menghabiskan lebih banyak waktu di trek.

Hujan sudah turun di Melbourne sejak pagi. Trek basah membuat Manor tak mau mengambil risiko. Rio pun hanya membuat 6 lap dengan MRT05 bernomor 88. Dia bahkan sempat masuk gravel karena kesulitan mendapatkan grip.

Pada sesi latihan pertama (FP1), Rio membukukan catatan waktu terbaik 1 menit 43,372 detik. Pebalap berusia 23 tahun itu menempati posisi ke-19 dari 20 pebalap yang mencatatkan waktu pada sesi kali ini.

Cuaca semakin memburuk selepas istirahat menjelang sesi latihan bebas kedua (FP2). Hujan deras yang mengguyur Albert Park membuat tujuh pebalap memilih tak turun lintasan.

Pada FP2, Rio membuat catatan waktu terbaik 1 menit, 44,304 detik untuk menempati peringkat ke-14 dari 15 pebalap yang membuat catatan waktu. Selain itu, pebalap asal Solo, Jawa Tengah, tersebut melahap 22 lap.

Jumlah lap yang dilahap Rio Haryanto pada FP2 lebih banyak dari FP1. Namun, catatan waktunya lebih lambat karena kondisi trek yang lebih basah dan licin.

Secara keseluruhan, catatan waktu Rio ada di posisi ke-21 dari 22 pebalap. Dia lebih cepat dari pebalap tim Haas, Romain Grosjean, yang catatan waktu terbaiknya adalah 1 menit 43,443 detik pada FP1. Lewis Hamilton (Mercedes) menjadi pebalap tercepat sepanjang Jumat dengan 1 menit 29,725 detik pada FP1.

Meski secara catatan waktu masih belum oke, kecepatan Rio sudah bagus. Dalam rekaman speed trap, kecepatan terbaik Rio masuk 10 besar, yaitu 260,6 km/jam.

"Awal yang cukup sulit buat memulai seri pertama musim ini. Hujan menyulitkan seluruh pebalap dan tim, terutama dua pebalap muda kami yang berstatus debutan. Meski demikian, Pascal dan Rio mampu menjalankan tugas dari tim dengan baik. Mereka melahap lap sebanyak mungkin dan mendapat pengalaman yang cukup," kata Dave Ryan, Racing Director Manor Racing, diakun Facebook resmi Manor, Jumat (18/3/2016).

Waktu Rio untuk beradaptasi dengan mobil dan trek memang berkurang karena hujan. Positifnya, dia tak banyak melakukan kesalahan. Insiden keluar trek pun lebih disebabkan faktor cuaca. Rio masih punya waktu untuk beradaptasi pada sesi latihan bebas ketiga (FP3) sebelum turun di sesi kualifikasi GP Australia, Sabtu (19/3/2016).

 
Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer