Sukses


F1 GP Australia: Manor Puji Rio Haryanto Sekaligus Minta Maaf

Bola.com, Melbourne - Manor Racing gagal meraih poin pada balapan pertama F1 2016 GP Australia di Sirkuit Albert Park, Melbourne, Minggu (20/3/2016). Pascal Wehrlein mengakhiri lomba di posisi ke-16, sedangkan Rio Haryanto tak finis karena mobilnya dihantam masalah teknis.

Meski demikian, Manor tak terlalu kecewa. Tim yang bermarkas di Banbury, Inggris, itu merasa performa mobil mereka musim ini, MRT05, sudah jauh lebih baik dari jet darat edisi 2015.

"Kami mendapatkan beberapa hal positif dari balapan pertama musim ini. Sangat jelas kami telah membuat langkah maju dari musim lalu. Kecepatan pada fase awal lomba memperlihatkan potensi besar yang dimiliki paket mobil kami," kata Dave Ryan, Racing Director Manor Racing, dalam rilis yang diterima Bola.com.

Manor menilai Wehrlein dan Rio membuat debut gemilang. Keduanya melakukan start impresif meski memulai lomba dari grid paling belakang. Start dari posisi 21, Wehrlein langsung merangsek ke peringkat 15. Dia bahkan sempat berada di posisi 13. Sementara itu, Rio naik tiga posisi dari peringkat 22 ke 19.

"Pascal melakukan tugas dengan baik dan melesat di fase awal lomba. Rio juga membuat start yang bagus dan mampu menjaga jarak dengan mobil rival dengan sangat baik," ujar Ryan.

Namun, setelah lomba dihentikan sementara buntut insiden tabrakan antara Fernando Alonso (McLaren) dan Esteban Gutierrez (Haas) pada lap 18, segalanya berjalan kurang baik buat duo Manor. Rio Haryanto mesti mengakhiri lomba secara prematur, sedangkan Wehrlein mulai disalip pebalap lain hingga harus puas finis di posisi 16.

"Hari ini kami telah membuat Rio kecewa. Karena itu, reliabilitas akan menjadi prioritas utama kami menjelang balapan berikut di Bahrain sambil terus meningkatkan performa mobil. Kami juga bermasalah dengan ban dan itulah faktor utama mengapa Pascal kesulitan di fase akhir lomba," kata Ryan.

Manor mengaku sudah mempelajari data lomba di Melbourne dan mendapati area mana saja yang mesti ditingkatkan. Secara operasional, Manor juga mesti lebih baik lagi. Saat lomba, kinerja kru pit Manor kurang oke. Waktu pit Wehrlein dan Rio lebih lambat dari tim lain.

"Kredit layak diberikan buat dua pebalap kami. Dengan tekanan besar yang biasa dihadapi pebalap muda, mereka mampu memperlihatkan performa yang membanggakan. Melihat penampilan mereka, kami merasa punya peluang besar untuk meraih hasil yang lebih baik lagi di Bahrain," tutur Ryan.

Manor Racing, Rio, dan Pascal Wehrlein punya waktu selama dua pekan untuk mempersiapkan diri sebelum kembali turun lintasan. Seri kedua F1 2016 GP Bahrain akan digelar di Sirkuit Sakhir pada 1-3 April.

Video Populer

Foto Populer