Sukses


Direktur Manor Racing Bicara Kans Jadi Tim Papan Tengah

Bola.com, Shanghai - Performa Manor Racing pada dua balapan pertama Formula (F1) 2016 dinilai cukup impresif meskipun belum menghasilkan poin. Namun, Direktur Manor, Dave Ryan, mengakui jalan yang harus dilalui timnya untuk menjadi tim papan tengah masih terjal.

Pada balapan GP Australia,pebalap Manor asal Jerman, Pascal Wehrlein, melakukan start impresif dan sempat bersaing di urutan tengah, sebelum degradasi ban mereduksi kecepatannya di lap-lap akhir.

Adapun di GP Bahrain, juara DTM 2015 itu jadi salah satu perhatian di sesi kualifikasi. Penampilan apiknya berlanjut pada saat balapan, dimana dia sempat bertarung untuk memperebutkan posisi 10 besar. Meskipun akhirnya finis ke-13, pebalap Renault, Kevin Magnussen, memuji dengan menyebut Wehrlein sebagai roket.

Sementara itu, rekan setim Wehrlein, Rio Haryanto, memang gagal finis di GP Australia. Tapi, hal itu terjadi akibat kerusakan mesin. Adapun di GP Bahrain, pebalap asal Indonesia tersebut finis di urutan ke-17.

Berkaca dari hasil di dua balapan tersebut, performa Manor jelas lebih kompetitif dibanding musim lalu. Namun, Dave Ryan tak mau berpuas diri terlalu dini. Pria yang menghabiskan 35 tahun bersama McLaren tersebut bukan tipe pria yang memilih duduk-duduk dan membiarkan kesempatan untuk berkembang lewat begitu saja.

Dia juga menyadari meskipun timnya sudah menunjukkan perkembangan, untuk menjadi tim papan tengah bukan urusan gampang. Menurutnya, Manor harus terus mengembangkan mobilnya.

“Kami butuh mengembangkan mobil. Tapi untuk mendapatkan performa terbaik mobil, kami harus memaksimalkan apa yang sudah kami miliki dan juga hal-hal seputar itu,” kata Ryan, seperti dilansir Motorsport, Kamis (14/4/2016).

“Salah satu contohnya adalah pit stop. Pit stop kami sudah bagus, tapi belum seperti yang kami butuhkan. Kami bisa sedikit mempertajam waktu di bagian itu,” sambung dia.

Ryan menambahkan Manor harus selalu jujur menilai kondisi di dalam tim. “Jika memang belum bagus, kami harus bilang belum bagus, kemudian harus memperbaikinya. Kami harus yakin bisa berkembang dan kami punya hal itu sekarang,” kata Ryan.

Perkembangan performa Manor bakal kembali diuji pada F1 GP China, di Sirkuit Internasional Shanghai, Minggu (17/4/2016). Rio Haryanto dan Wehrlein bakal kembali mencoba tampil maksimal demi menyumbangkan poin bagi tim yang bermarkas di Ingggris tersebut.

Video Populer

Foto Populer