Sukses


Gara-gara Brexit, Hadiah Wimbledon Merosot Rp 4 miliar

Bola.com, Wimbledon - Grand Slam Wimbledon menyediakan hadiah uang segar senilai total 2 juta poundsterling atau Rp 36,7 miliar. Angka ini merupakan rekor baru di ajang bergengsi tersebut. Namun, gara-gara hasil referendum yang menyatakan Inggris Raya memilih keluar dari Uni Eropa (Brexit), nilai hadiah tersebut turun sekitar Rp 4 miliar.

Seperti dilansir Yahoo Sport, Sabtu (25/6/2016), setelah Inggris Raya memilih Brexit, Jumat (24/6/2016), nilai poundsterling turun sekitar 10 persen. Pada Kamis (23/6/2016) sore, hadiah untuk sang juara Wimbledon bernilai lebih dari 3 juta dolar AS. Sehari berselang, nilai hadiah turun lebih dari 275.000 dolar gara-gara kepanikan di pasar saham.

Jadi, meskipun hadiah Wimbledon tahun ini naik dari 1,89 juta poundsterling menjadi 2 juta poundsterling, uang tunai yang dibawa pulang sang pemenang turun sekitar 60.000 dolar dibanding pemenang tahun lalu.

Merosotnya nilai hadiah uang segar mungkin bukan masalah besar bagi bintang seperti Novak Djokovic, Roger Federer, dan Serena Williams. Namun, penurunan ini menimbulkan efek besar untuk pemain-pemain ranking bawah.

Penurunan nilai poundsterling ini sudah memukul para pemain yang tampil di babak kualifikasi. Mereka kehilangan sekitar 1.800 dolar hanya dalam semalam setelah hujan menyebabkan pertandingan ditunda sehari, dari Kamis menjadi Jumat. Apesnya, saat Jumat ada Brexit yang menyebabkan nilai tukar poundsterling merosot.

Video Populer

Foto Populer