Sukses


F1 GP Austria: Hamilton Juara, Tim Rio Haryanto Raih Poin Perdana

Bola.com, Spielberg - Pebalap Mercedes GP, Lewis Hamilton, secara dramatis meraih gelar juara balapan F1 GP Austria. Dia merebut posisi pertama setelah terlibat senggolan dengan rekan timnya, Nico Rosberg, pada lap terakhir.

Akibat insiden tersebut, Rosberg justru melorot ke posisi empat. Sementara posisi kedua dan ketiga ditempati Max Verstappen (Red Bull Racing) dan Kimi Raikkonen (Ferrari)

Hasil bagus diraih dua pebalap Manor Racing. Pascal Wehrlein sukses mempersembahkan poin pertama untuk Manor setelah finis ke-10. Sedangkan Rio Haryanto menyelesaikan balapan di posisi ke-16. 

Hamilton yang mengawali balapan dari pole position mampu mempertahankan posisinya selepas start. Begitu juga Wehrlein dan Rio yang start pada posisi ke-12 dan 20.

Pada lap keempat, pebalap Toro Rosso, Daniil Kvyat, mengalami insiden setelah lap pertama. Tak diketahui pasti alasan kenapa Kvyat tak bisa melanjutkan balapan. 

Aksi salip menyalip terjadi pada lap keenam. Rosberg sukses menyalip Nico Hulkenberg untuk menempati posisi keempat. Tak lama giliran Verstappen yang menyalip posisi pebalap Force India tersebut.

Pada lap ketujuh, Raikkonen mampu melesat ke posisi dua setelah menyalip pebalap McLaren, Jenson Button.

Pada lap ke-10, Rio sempat nangkring di posisi ke-15. Sedangkan Wehrlein menempati posisi enam pada lap ke-11. Itu karena beberapa pebalap masuk ke dalam pit.

Pada lap ke-12, posisi Rio kembali terdongkrak karena beberapa pebalap di depannya masuk ke dalam pit. Kali ini, pebalap berusia 23 tahun itu menempati posisi ke-12.

Pada lap ke-22, Hamilton yang memimpin balapan memilih masuk ke pit. Namun, insiden terjadi. Salah satu ban telat terpasang dan memaksa Hamilton harus kehilangan waktu. Akibatnya, Hamilton berada di belakang Raikkonen, Vettel, dan Rosberg saat kembali ke dalam trek. Jelas ini merugikan buat pebalap asal Inggris tersebut.

Nasib apes dialami Vettel pada lap ke-27. Mobilnya melintir akibat ban belakang sebelah kanan pecah. Vettel pun menabrak dinding pembatas dan tak mampu melanjutkan balapan. Safety car pun masuk ke dalam lintasan.

Saat safety car kembali masuk dalam pit, Rosberg mampu memimpin balapan. Dia berada di depan rekan timnya, Hamilton, dan Verstappen.

Pada lap ke-56, Verstappen sempat memimpin balapan karena Rosberg dan Hamilton masuk pit. Namun itu tak berlangsung lama. Pada lap ke-61, Rosberg kembali merebut posisi terdepan dengan menyalip pebalap asal Belanda itu pada tikungan ketiga.

Tak lama berselang, posisi Verstappen kembali melorot. Kali ini dia turun ke posisi tiga setelah disalip Hamilton.

Pada lap ke-65, pebalap Williams, Felipe Massa, terpaksa masuk garasi. Pebalap asal Brasil itu tak mampu melanjutkan balapan akibat mengalami masalah pada jet daratnya.

Satu lap berikutnya, ada dua pebalap yang mengikuti jejak Massa. Mereka adalah Alonso dan Hulkenberg. Keduanya juga mengalami masalah pada mobilnya.

Drama terjadi pada lap terakhir. Persaingan ketat terjadi antara Rosberg dan Hamilton dalam perebutan posisi pertama. Bahkan keduanya terlibat senggolan yang membuat mobil Rosberg mengalami kerusakan pada sayap depan. Alhasil, Rosberg melorot ke posisi empat.

Sementara Wehrlein memastikan poin perdana setelah Sergio Perez menabrak dinding pembatas. Pebalap asal Jerman itu menyelesaikan balapan di posisi ke-10. Sedangkan Rio Haryanto finis di posisi ke-16.

Video Populer

Foto Populer