Sukses


Rosberg dan Hamilton Gagal Akur, Mercedes Terapkan Team Order?

Bola.com, Spielberg - Bos tim Mercedes, Toto Wolff, kesal karena Lewis Hamilton dan Nico Rosberg kembali terlibat insiden saat berlomba. Hal itu terjadi saat kedua pebalap berebut posisi pertama pada lap terakhir GP Austria, Minggu (4/7/2016).

Rosberg sedang berada di posisi terdepan ketika Hamilton berusaha menyusul pada tikungan kedua. Rosberg berusaha menutup, namun Hamilton sudah terlanjur masuk.

Akibatnya terjadi senggolan antara kedua mobil. Hamilton berhasil merebut posisi pertama dan menjadi juara. Sementara mobil Rosberg mengalami kerusakan, melamban, dan disusul Kimi Raikkonen serta Max Verstappen.

Melihat insiden itu, kekecewaan Wolff sempat terekam kamera di garasi tim. Namun ia menolak untuk menyalahkan siapapun.

"Anda tidak bisa langsung menyalahkan salah seorang diantara mereka. Saya punya pendapat pribadi dan tidak akan mengungkapkan secara terbuka. Satu hal yang harus diingat, kejadian itu harusnya bisa dihindari," kata Wolff seperti dikutip crash.

Hamilton dan Nico cukup beruntung bisa tetap finis meski terlibat insiden. Saat berlomba di GP Catalunya, Mei 2016, keduanya juga terlibat senggolan pada lap pertama di posisi satu-dua. Ketika itu mereka gagal finis karena tabrakan yang cukup keras membuat mobil keduanya rusak.

"Saya sempat berpikir mereka telah belajar dari pengalaman tersebut, tahu konsekuensinya, dan hal tersebut tidak terjadi lagi. Tapi nyatanya hal tersebut terulang," lanjut Wolff.

Dua insiden serupa itu mengindikasikan bahwa hal yang sama bisa saja terulang lagi. Wolff kemudian melontarkan ide untuk menerapkan strategi team order.

Selama ini Mercedes tak pernah menerapkan strategi itu. Jika jadi diterapkan, tim berhak memutuskan siapa pebalap yang harus mengalah jika kondisi serupa terulang.

"Itu strategi yang tidak populer dan membuat saya muak. Saya senang meliat mereka bersaing. Tapi kalau tidak bisa bersaing tanpa ada senggolan, maka konsekuensinya adalah penerapan strategi team order," ujar Wolff.

Lomba F1 GP musim 2016 akan kembali digelar di sirkuit Silverstone, Inggris, pada 10 Juli.

Video Populer

Foto Populer