Sukses


Antisipasi Zika, Tim Bulutangkis Bawa 4 Barang ke Olimpiade Rio

Bola.com, Kudus - PBSI menjadikan antisipasi virus Zika sebagai salah satu persiapan penting menjelang keberangkatan tim bulutangkis ke Olimpiade Rio de Janeiro pada Agustus 2016. Virus ini perlu diwaspadai karena tengah mewabah di Brasil.  

 

Virus Zika adalah penyebab penyakit Zika atau demam Zika, yang masih berasal dari keluarga yang sama dengan virus penyebab demam berdarah. Virus Zika disebarkan kepada manusia oleh nyamuk Aedes yang telah terinfeksi.

Untuk menghindari virus Zika, para atlet akan dibekali dengan losion anti-nyamuk, semprotan anti-nyamuk, kertas tempelan anti-nyamuk, hingga kelambu juga diboyong ke Rio de Janeiro untuk dipakai selama para pemain tidur di perkampungan atlet.

“Kami memang ingin mengurangi risiko atlet tergigit nyamuk dan menghindari virus Zika, karena ini sangat berbahaya,” ujar Rexy Mainaky, Manajer Tim Bulutangkis Indonesia di Olimpiade Rio de Janeiro 2016, seperti dilansir situs PBSI, Rabu (13/7/2016). 

“Setidaknya ada empat upaya yang kami lakukan untuk mencegah virus Zika. Kami membawa lotion, spray, mosquitos patch sampai kelambu. Pokoknya kami usahakan semaksimal mungkin untuk melindungi atlet,” jelas Kabid Binpres PP PBSI ini.

“Protektif boleh, namun kami juga tidak mau terlalu paranoid. Yang paling penting, atlet harus menjaga kondisi dan daya tahan tubuh selama di Brasil,” tambah Rexy yang dijumpai di sela karantina di Kudus, Jawa Tengah.

Isu virus Zika memang sempat menebar kekhawatiran bagi sejumlah negara peserta olimpiade. Bahkan beberapa negara memutuskan untuk tidak mengirimkan atlet tertentu ke Rio de Janeiro.

Video Populer

Foto Populer