Sukses


PON 2016: Jabar Borong 6 Emas di Cabang Dayung

Bola.com, Karawang - Jawa Barat memborong enam medali emas di cabang dayung rowing 2.000 meter PON 2016 di Arena Dayung Situ Cipule, Desa Mulyasari, Kecamatan Ciampel, Kabupaten Karawang, Sabtu (17/9/2016).

Total, ada delapan nomor yang dipertandingkan pada rowing 2.000 meter ini. Enam emas disabet tim tuan rumah, sedangkan dua emas lainnya direbut masing-masing oleh Maluku dan DKI Jakarta.

Dengan tambahan enam emas tersebut, Jawa Barat semakin kukuh di puncak klasemen sementara cabang dayung dengan torehan sembilan emas, dua perak, dan dua perunggu.  Posisi kedua ditempati Maluku dengan tiga emas dan dua perunggu. DKI Jakarta di posisi ketiga dengan mendulang dua emas dan dua perak.

Dalam pertandingan final pertama, yaitu kelas single scull putra kelas ringan (LM1X) 2.000 meter, Jawa Barat meraih emas lewat atlet Kakan Kusmana dengan catatan waktu 7 menit 17,62 detik. Emas kedua disumbangkan Denri Maulidzar Al Gifari dan Ferdiansyah yang turun dalam kelas dua min putra (M2-) 2.000 meter.

Di kelas double scull putri kelas ringan (LW2X) 2.000 meter, yang bertanding pada race 53, Jawa Barat juga berhasil mendulang emas lewat atlet asal Kabupaten Subang dan Purwakarta yakni Yayah Rokayah dan Sylvia Lisdiana. Mereka mengalahkan tim Sumatra Selatan, Wahyuni dan Yuniarti.

Di race 54, Jawa Barat kembali meraih emas melalui Adi Ferdiansyah, Edwin Ginanjar R, Fahmi Fadhil, dan Romdhon Mardiana yang turun di kelas empat cros putra (M4X) 2.000 meter. Emas kelima disumbangkan Anisa Shopiani, Elga Septia, Firdausi Nurul Hakim, dan Susanti, yang bertanding di kelas empat min putri (W4-).

“Alhamdulillah ini merupakan hadiah terindah di hari ulang tahun saya,” kata Elga Septia, saat ditemui usai pengalungan medali, seperti dilansir situs resmi PON. 

Panen emas Jabar sempat terhenti di kelas single scull putra open (M1X) 2.000 meter. Atlet rowing Olimpiade asal Maluku, La Memo, berhasil merebut emas. Sedangkan medali perak diraih atlet asal Sumatra Selatan, Sulpianto, dan Perunggu berhasil diraih oleh Jambi, Juliandri Saputra. Atlet Jabar hanya finis di posisi terakhir.

Raihan emas Jawa Barat berlanjut pada kelas double scull putri open (W2X). Pada nomor ini, untuk kedua kalinya Yayah Rokayah dan Silvya Lisdiana menyumbang emas. Mereka mengalahkan atlet Sumsel, Wahyuni dan Yuniarti, dengan catatan waktu 7 menit 42,96 detik atau terpaut sekitar 4,12 detik.

“Ini berkat doa kedua orang tua saya. Kebetulan mereka hadir untuk menyaksikan saya bertanding,” kata Yayah, atlet asal Kecamatan Blanakan, Kabupaten Subang, tersebut.

Emas terakhir final rowing pada hari kedua diraih DKI Jakarta yang turun dalam kelas delapan plus putra (M8+) 2.000 meter. Pada kelas ini, DKI bersaing ketat dengan Jawa Barat yang berhasil meraih perak. Ahmad Maulana dan kawan–kawan kalah bersaing dengan tim Adi Adriasyah dari DKI Jakarta.

Video Populer

Foto Populer