Sukses


Senggol Rosberg, Vettel Dihukum Penalti Tiga Grid

Bola.com, Sepang - Pebalap Ferrari, Sebastian Vettel, mendapat hukuman mundur tiga grid pada seri balap F1 GP Jepang, 9 Oktober 2016. Penalti ini diberikan akibat kesalahan Vettel pada insiden di tikungan pertama F1 GP Malaysia yang melibatkan Nico Rosberg.

Vettel terbukti bersalah karena mencoba masuk melalui bagian dalam tikungan dan menabrak mobil Rosberg dari belakang. Insiden itu membuat Vettel tak mampu melanjutkan balapan karena mobilnya mengalami kerusakan parah.

Sempat terjadi perdebatan apakah Rosberg atau Vettel yang bersalah atas kejadian tersebut. Namun, melalui tayangan ulang pihak F1 telah memastikan Vettel yang menjadi biang keladi terjadinya tabrakan di tikungan pertama.

"Setelah melihat kejadian melalui rekaman ulang dari video dan berbicara dengan pebalap yang bersangkutan, kami memutuskan bahwa mobil lima (Vettel) melakukan kesalahan dengan masuk ke dalam tikungan dengan cara berbahaya dan berakibat terjadinya tabrakan dengan mobil keenam (Rosberg)," ujar stewards seperti dikutip dari Crash, Minggu (2/10/2016).

"Sebagai konsekuensi menyebabkan insiden yang membahayakan pebalap lain, maka mobil kelima akan mendapatkan hukuman penalti dan pengurangan dua poin pada seri berikutnya yang akan berlangsung di Jepang," lanjut pernyataan tersebut. 

Ini bukan kali pertama Vettel mendapatkan hukuman penalti grid di musim ini. Sebelumnya pada GP Rusia, pebalap asal Jerman itu mendapat hukuman yang serupa karena mengganti gerox lebih awal dari siklus enam balap yang diizinkan.

F1 GP Malaysia yang berlangsung di Sirkuit Sepang ini pada akhirnya dimenangkan oleh pebalap Red Bull Daniel Ricciardo. Di susul Max Verstappen dan Rosberg yang ada di urutan kedua dan ketiga.

Video Populer

Foto Populer