Sukses


F1: Esteban Ocon Resmi Gabung Force India

Bola.com, Silverstone - Force India mengumumkan telah resmi mengikat pebalap Manor Racing, Esteban Ocon, Kamis (10/11/2016). Pebalap asal Prancis itu meneken kontrak multi-year mulai F1 2017.

Ocon menggantikan Nico Hulkenberg yang pindah ke Renault. Pebalap junior Mercedes itu akan berduet dengan Sergio Perez.

Ocon sudah pernah dua kali mengendarai mobil Force India VJM08 pada tes pramusim di Barcelona, Spanyol, dan tes tengah musim di Red Bull Ring, Austria, pada musim 2015.

"Saya sangat antusias bergabung dengan Force India karena telah mengenal tim ini cukup baik. Terima kasih kepada Manor Racing yang telah memberikan pengalaman berharga dan Mercedes-Benz atas dukungan dan kepercayaan kepada saya. Saya sudah tak sabar menjalani musim penuh pertama di F1 pada 2017 bersama Force India," kata Ocon di situs resmi Force India.

"Esteban Ocon telah menguji mobil kami pada tahun lalu dan performanya meyakinkan kami bahwa dia layak bersanding dengan Sergio. Kedatangan pebalap muda seperti Esteban akan memberikan energi dan menambah motivasi buat seluruh anggota tim," ujar Team Principal Force India, Vijay Mallya.

Ocon merupakan eks juara F3 Eropa dan GP3. Pebalap berusia 20 tahun itu mengawali musim 2016 sebagai pebalap penguji Renault dan pebalap Mercedes di ajang balap mobil turing Jerman, DTM.

Ocon mendapat kesempatan debut di F1 bersama Manor Racing pada pertengahan musim untuk menggantikan pebalap Indonesia, Rio Haryanto.

Sebelum resmi ke Force India, Ocon sempat dikaitkan dengan Renault. Namun, Renault mundur karena Ocon punya kontrak jangka panjang dengan Mercedes. Di sisi lain, Force India merupakan tim customer Mercedes. Renault akhirnya memilih mempertahankan Jolyon Palmer.

Dengan pindahnya Esteban Ocon ke Force India, satu kursi di Manor Racing pada 2017 dipastikan lowong. Kontrak Pascal Wehrlein juga habis pada akhir musim ini, tapi Manor masih ingin mempertahankan pebalap junior Mercedes itu. Slot tersisa masih diperebutkan pebalap lain yang belum mendapatkan tim untuk musim depan, termasuk Rio Haryanto.

Video Populer

Foto Populer