Sukses


Nonton Proliga di Malang, Paul Cumming Terus Tebar Senyum

Bola.com, Malang - Tokoh sepak bola nasional berdarah Inggris, Paul Cumming, antusias menyaksikan seri perdana Proliga 2017 di GOR Ken Arok, Malang, Jawa Timur, Minggu (29/1/2017). Cumming yang mengidap kanker kulit dan stroke terlihat sering menebar senyum saat menonton pertandingan Gresik Petrokimia melawan Jakarta PGN Popsivo Polwan.

"Paul selalu tersenyum, dia senang sekali melihat bola yang dilempar pemain dan suasana suporter yang meriah di GOR," ujar Dwie Rahmatus Selfiati, istri Paul Cumming, kepada Bola.com, Minggu (29/1/2017).

Dwie mengaku sengaja mengajak Paul menonton voli untuk kembali mengingatkan mantan pelatih Perseman Manokwari tersebut tentang olahraga. Dwie berujar Paul sangat merindukan suasana olahraga di dalam stadion.

"Saya sengaja membawa Paul ke sini supaya dia ingat lagi tentang olahraga. Selama ini cuma nonton bola di televisi dan dia antuasias. Ternyata di sini Paul tersenyum terus," sambung dia.

Paul Cumming merupakan orang kedua yang dinaturalisasi Indonesia karena sepakbola, setelah Toni Pagacnik, yang merupakan mantan pelatih Timnas Indonesia era 1950-an. 

Selama di Indonesia dia pernah melatih beberapa tim, di antaranya Perseman Manokwari dan PSBL Lampung. Dia diketahui sakit sejak 2013. 

Pada Oktober 2015, Paul Cumming pernah dijenguk oleh Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, di rumahnya Poncokusumo, Malang. 

Saat menyaksikan laga Proliga 2017 siang ini, Paul tampak menggunakan kursi roda didampingi sang istri. Dia mengenakan kemeja warna biru muda, celana olahraga dengan warna senada, serta dilengkapi dengan selimut.  

 

 

Video Populer

Foto Populer