Sukses


F1 GP Jepang: Hamilton Juara, Vettel Gagal Finis

Bola.com, Suzuka - Pebalap Mercedes, Lewis Hamilton, meraih kemenangan dramatis pada balapan F1 GP Jepang yang berlangsung di Sirkuit Suzuka, Minggu (8/10/2017). Hamilton finis terdepan setelah berduel sengit dengan pebalap Red Bull, Max Verstappen, hingga lap terakhir.

Hamilton menjadi yang pertama menyentuh garis finis dengan keunggulan tipis 1,2 detik di depan Verstappen. Red Bull meraih dobel podium setelah Daniel Ricciardo finis ketiga di depan Valtteri Bottas (Mercedes). Pebalap Ferrari, Kimi Raikkonen, melengkapi posisi lima besar.

Kemenangan kedelapan Hamilton pada musim ini membuat pebalap asal Inggris itu semakin mendekati titel keempat karena pesaing terdekatnya, Sebastian Vettel (Ferrari), gagal finis.

Hamilton kini unggul 59 poin atas Vettel dengan empat seri tersisa. Dia berpeluang mengunci gelar juara dunia musim ini pada balapan berikutnya di Austin, AS, 22 Oktober 2017.

Jalannya Balapan

Balapan langsung berjalan seru selepas start. Hamilton yang memulai lomba dari pole position melakukan start bagus. Dia mampu menahan serangan Vettel untuk memimpin lomba setelah melewati tikungan pertama.

Gagal menyalip Hamilton, Vettel malah kehilangan posisi kedua setelah dilewati Verstappen. Bahkan, Vettel terus turun hingga posisi keenam karena mengalami masalah teknis. Vettel mengatakan lewat radio bahwa dia kehilangan tenaga mobil. Engine cover mobil Vettel memang sempat diperiksa oleh mekanik Ferrari 15 menit sebelum start karena problem spark plug (busi).

Balapan sempat terganggu bendera kuning dan keluarnya safety car pada lap kedua setelah pebalap Toro Rosso, Carlos Sainz, mengalami kecelakaan. Dia kehilangan kontrol ban belakangnya setelah melewati tikungan pertama selepas start. Mobilnya lalu melintir, keluar ke gravel, dan menabrak pembatas trek. Sainz pun gagal melanjutkan balapan. Bagi Sainz, ini menjadi kado perpisahan yang buruk dengan Toro Rosso. Sainz akan pindah ke Renault setelah GP Jepang.

Saat balapan dilanjutkan kembali, giliran Vettel yang ketiban sial. Kerusakan spark plug (busi) memaksa Vettel mengakhiri balapan secara prematur pada lap keempat. Tanpa poin di Jepang jelas merugikan Vettel yang sedang bertarung dengan Hamilton dalam perebutan titel musim ini.

Virtual safety car (VSC) muncul pada lap kedelapan setelah pebalap Sauber, Marcus Ericsson, melintir di tikungan Degner dan mencium pembatas trek. Ericsson menjadi pebalap ketiga yang harus mengakhiri balapan lebih awal.

Saat beberapa pesaingnya mengalami masalah, Lewis Hamilton tetap memimpin di depan pada lap ke-10. Dia unggul tiga detik di depan Verstappen. Di belakangnya, pebalap Force India, Esteban Ocon, kehilangan posisi ketiga setelah disalip Ricciardo dan Bottas (lap 12). Sementara itu, Raikkonen yang start dari grid ke-11 sudah merangsek ke posisi kelima pada lap ke-21.

1 dari 3 halaman

Akhir Dramatis

Pada lap ke-22, Hamilton dan Verstappen sama-sama masuk pit untuk mengganti ban. Ricciardo yang saat itu berada di posisi ketiga mengambil alih pucuk pimpinan lomba untuk sementara di depan Bottas. Saat Ricciardo masuk pit pada lap ke-26, giliran Bottas yang memimpin.

Pada lap ke-29, Hamilton tertahan Bottas sehingga Verstappen bisa mendekat dengan selisih tak sampai satu detik. Menyadari Hamilton tertekan, Bottas pun memberikan jalan kepada rekan setimnya itu. Strategi tersebut berhasil karena Hamilton bisa menjauh dari Verstappen yang ganti tertahan Bottas. Saat Bottas masuk pit, jarak antara Hamilton dan Verstappen sudah melebar jadi tiga detik lebih.

Memasuki pertengahan lomba, Hamilton mengalami masalah ban belakang. Verstappen memanfaatkan situasi itu untuk memangkas keunggulan Hamilton menjadi tinggal 2,5 detik. Di sisi lain, Bottas terus memburu Ricciardo yang berada di posisi ketiga. Bottas memiliki keuntungan karena memakai ban super soft, sedangkan Ricciardo menggunakan ban soft.

Pada lap ke-42, pebalap Renault, Nico Hulkenberg, terpaksa mengakhiri balapan karena mobilnya mengalami masalah DRS.

Enam lap berselang, giliran pebalap Williams, Lance Stroll, yang mengalami insiden. Ban depan sebelah kanan mobil Stroll mengalami kerusakan saat melaju kencang menuju tikungan tiga. Dia meluncur bebas di gravel dalam kecepatan tinggi dan hampir terlibat kontak dengan Ricciardo saat mobilnya masuk ke trek. Insiden itu memicu VSC selama tiga lap.

Memasuki tiga lap terakhir, duel antara Mercedes dan Red Bull di depan semakin sengit. Verstappen semakin menekan Hamilton. Di belakangnya Bottas sudah membayangi Ricciardo.

Namun, Verstappen gagal menyalip Hamilton karena terhalang Fernando Alonso dan Felipe Massa yang sedang memperebutkan posisi ke-10 atau batas terakhir poin.

Lewis Hamilton akhirnya finis terdepan dengan keunggulan 1,2 detik di depan Verstappen. Ricciardo juga berhasil menahan serangan Bottas untuk mengamankan dobel podium bagi Red Bull.

2 dari 3 halaman

Hasil Lomba

Hasil Lengkap Balapan F1 GP Jepang, Minggu (8/10/2017):

1. Lewis Hamilton (Mercedes) 1 jam 27 menit 31,194 detik

2. Max Verstappen (Red Bull) +1,211 detik

3. Daniel Ricciardo (Red Bull) +9,679 detik

4. Valtteri Bottas (Mercedes) +10,580 detik

5. Kimi Raikkonen (Ferrari) +32,622 detik

6. Esteban Ocon (Force India) +67,788 detik

7. Sergio Perez (Force India) +71,424 detik

8. Kevin Magnussen (Haas) +88,953 detik

9. Romain Grosjean (Haas) +89,883 detik

10. Felipe Massa (Williams) +1 lap

11. Fernando Alonso (McLaren) +1 lap

12. Jolyon Palmer (Renault) +1 lap

13. Pierre Gasly (Toro Rosso) +1 lap

14. Stoffel Vandoorne (McLaren) +1 lap

15. Pascal Wehrlein (Sauber) +2 lap

Gagal Finis

Lance Stroll (Williams) 45 lap

Nico Hulkenberg (Renault) 40 lap

Marcus Ericsson (Sauber) 7 lap

Sebastian Vettel (Ferrari) 4 lap

Carlos Sainz (Toro Rosso) 0 lap

0 Komentar

Belum ada komentar

    Video Populer

    Foto Populer