Sukses


Momen Keakraban Pemain dan Pelatih asal China di Proliga 2018

Bola.com, Gresik - Kompetisi Proliga hampir selalu melibatkan pemain maupun pelatih asal China. Satu di antara mereka yang paling tenar adalah Tien Mei, pelatih tim putri Jakarta Elektrik PLN. Dia menjadi pelatih yang membawa Elektrik meraih empat gelar Proliga.

Namun, pada putaran pertama ini Mei masih absen lantaran ada keperluan di negara asalnya. Sebagai gantinya, Elektrik menunjuk Hu Xiao Dong sebagai pelatih kepala sementara. Aroma China semakin kental dengan kehadiran dua pemain asing, Liu Mengya dan Pu Rou.

Kebetulan, setelah Elektrik bertandingan melawan Petrokimia di GOR Tri Dharma, Gresik, Minggu (4/2/2018), jadwal pertandingan seri ketiga putaran I Proliga 2018 mempertemukan tim putra Jakarta BNI Taplus dengan Palembang Bank Sumsel Babel. Nah, BNI Taplus juga ditangani pelatih asal China, Li Qiu Jiang.

Keempatnya terlihat berbincang sebelum pertandingan dimulai. Mereka tampak akrab membicarakan banyak hal sambil sesekali bersenda gurau.

“Kami berasal dari negara yang sama, jadi pasti ingin mengenal satu sama lain. Tempat asal saya dengan pelatih Li kebetulan berdekatan. Jadi saya tegur dia tadi untuk ngobrol banyak,” kata Mengya kepada Bola.com

Sayangnya, di antara mereka hanya Li yang bisa berbahasa Indonesia. Dia juga enggan diwawancara karena ingin fokus mempersiapkan timnya yang bakal bertanding.

Sementara tiga lainnya yaitu Xiao Dong, Mengya, dan Pu Rou belum bisa bahasa Indonesia lantaran belum lama tinggal di Indonesia. Bahasa Inggris mereka juga masih terbatas.

“Kalau tentang voli, saya bisa banyak bicara dengan pelatih Hu (Xiao Dong). Tapi, tidak ada salahnya saya berbincang dengan pelatih Li. Intinya, kami ingin mempererat hubungan sebagai sesama warga negara China,” imbuh Mengya.

Hal senada diutarakan Pu Rou. Dia mengaku tidak ingin terlalu banyak berbicara tentang bola voli di Indonesia. Pertemuan dengan rekan sekompatriot ingin dia manfaatkan untuk menjalin keakraban.

“Saya memang masih perlu banyak belajar tentang bola voli di Indonesia. Akan ada waktunya berbicara itu. Tapi, saya ingin pertemuan ini untuk mempererat persaudaraan juga,” ujar Pu Rou, di sela-sela pertandingan Proliga 2018.

 

  

Video Populer

Foto Populer