Sukses


Kejuaraan Asia: Fitriani Kalah, Indonesia Tertinggal 0-1 dari Jepang

Bola.com, Jakarta - Tim putri Indonesia tertinggal 0-1 dari Jepang pada semifinal Kejuaraan Bulutangkis Asia Beregu 2018 di Alor Setar, Malaysia, Sabtu (10/2/2018). Fitriani yang turun sebagai tunggal pertama gagal menyumbangkan poin. 

Fitriani kalah saat menghadapi tunggal pertama Jepang yang juga merupakan pemain peringkat dua dunia, Akane Yamaguchi. Dia takluk dalam pertarungan alot tiga gim, 21-17, 13-21, 17-21. 

Gim pertama berlangsung menarik. Meskipun kalah secara peringkat dan pengalaman, Fitriani tetap tampil percaya diri. Dia bermain agresif hingga membuat Akane kesulitan. 

Saat interval Fitriani bahkan berhasil unggul dengan skor 11-8. Tren posifit tersebut dipertahankan hingga memenangi gim pertama dengan margin empat poin. 

Sayangnya, momentum apik tersebut gagal diteruskan Fitriani pada gim kedua dan ketiga. Pada awal gim kedua, Fitriani masih merepotkan Akane, sehingga kejar-mengejar skor berlangsung ketat. 

Namun, setelah kedudukan 6-6, kendali permainan dipegang penuh Akane Yamaguchi. Gim kedua dimenangi dengan skor telak 21-13. 

Pada gim penentuan, Akane Yamaguchi tak mau mengendurkan tekanan. Taktik tersebut menyulitkan Fitriani, sehingga akhirnya menyerah dengan skor 17-21.

“Pertama-tama saya minta maaf untuk tim Indonesia karena saya belum bisa menyumbang angka. Pada gim pertama saya mengontrol dan posisi lapangannya juga enak, sehingga pukulan saya akurat tidak terpengaruh angin, justru lawan yang banyak melakukan kesalahan sendiri,” ujar Fitri setelah pertandingan.

“Saya sering ragu-ragu pada game kedua, jadi banyak pengembalian yang out. Sebetulnya pertandingan cukup ramai di gim ketiga, tapi saya kurang sabar kurang bisa mengatasi situasi. Tegang ada, tapi lebih tegang di pertandingan-pertandingan sebelumnya,” tambah Fitri.

“Supaya tidak tegang, saya coba anggap ini uji tanding saja, kapan lagi saya bisa melawan Akane. Banyak pelajaran yang saya ambil di pertandingan ini, insya Allah saya bisa bersaing di level Akane kalau saya konsisten terus,” tambahnya.

Setelah Fitriani kalah, Indonesia punya kans menyamakan skor di semifinal Kejuaraan Bulutangkis Asia Beregu 2018 melalui ganda pertama. Indonesia menurunkan ganda putri terbaiknya, Greysia Polii/Apriyani Rahayu, yang menghadapi Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi. 

 

Video Populer

Foto Populer