Sukses


Ragam Manfaat Pisang Beserta Kulitnya, Baik untuk Kesehatan dan Kecantikan

Bola.com, Jakarta - Pisang adalah salah satu jenis buah populer. Berkat teksturnya yang lembut, buah ini bisa dikonsumsi semua orang, mulai dari balita, anak-anak, hingga dewasa.

Anda bisa menemukan pisang dengan mudah karena buah ini banyak dijual di pasar tradional maupun pasar modern seperti supermarket. Selain murah dan rasanya yang lezat, pisang juga kaya manfaat bagi kesehatan tubuh.

Pisang mengandung banyak zat baik bagi tubuh, mulai mineral, vitamin, karbohidrat, serat, protein, lemak baik, kalsium, zat besi, fosfor dan lain sebagainya.

Buah yang satu ini memiliki daging lembut dan mudah dicerna. Pisang mengandung gula sederhana seperti fruktosan dan sukrosa, sehingga akan otomatis mengisi energi saat mengonsumsinya.

Biasanya orang hanya memetik manfaat dari daging pisang. Padahal sebenarnya kulit pisang memiliki manfaat baik bagi kesehatan tubuh, terutama untuk kecantikan kulit. Jadi apabila Anda mengonsumsi pisang, jangan langsung membuang kulitnya.

Tak sedikit yang belum mengetahui kulit pisang dapat membuat kulit lebih cantik, bahkan bisa memutihkan gigi secara alami. Lalu apa saja manfaat buah pisang beserta kulitnya? Simak informasi berikut ini.

 

2 dari 3 halaman

Manfaat Kulit Pisang

1. Menjaga Kesehatan Kulit

Kulit pisang dipercaya mampu menjaga kesehatan kulit karena masih mengandung banyak vitamin seperti yang terdapat pada dagingnya.

Kulit pisang juga ampuh membersihkan jerawat. Anda hanya perlu mengoleskan bagian dalam kulitnya pada wajah atau tubuh lainnya yang mengalami iritasi. Lakukan dengan rutin selama lima menit setiap hari. Kemudian, jerawat akan hilang dalam seminggu.

2. Cegah Keriput dan Awet Muda

Kulit pisang bisa dipercaya dapat mengatasi keriput pada kulit, sehingga terlihat awet muda. Anda bisa menumbuk kulit pisang dan dioleskan pada wajah. Setelah didiamkan selama 5 menit, bilaslah dengan air bersih.

3. Memutihkan Gigi

Apakah Anda kerap kurang percaya diri akibat gigi kunging? Kulit pisang adalah solusinya.

Memang masih banyak orang tidak menyangka kulit pisang bermanfaat untuk memutihkan gigi secara alami. Bahkan mereka rela mengeluarkan biaya mahal untuk memutihkan gigi di dokter spesialis.

Tetapi sebenarnya Anda bisa melakukannya secara alami tanpa biaya mahal. Anda hanya perlu menggosokkan kulit pisang pada gigi selama satu menit setiap hari. Selama satu minggu, gigi akan terlihat lebih putih.

Baca juga: 32 Manfaat Pisang Mulai Dari Buah, Kulit, Hingga Jantung Pisang

3 dari 3 halaman

Manfaat Daging Pisang Secara Bagi Kesehatan

  1. Sumber energi atau tenaga manusia
  2. Baik dikonsumsi bagi ibu hamil dan menyusui
  3. Mengatasi anemia
  4. Melancarkan sistem pencernaan
  5. Baik untuk penderita lever
  6. Menyembuhkan luka
  7. Meningkatkan kesehatan jantung
  8. Mencegah asma
  9. Meningkatkan kekuatan otak dan daya ingat
  10. Menurunkan kolesterol
  11. Mengatasi insomnia atau susah tidur
  12. Mencegah kanker
  13. Menjaga kesehatan mata
  14. Menyeimbangkan gula darah dan mencegah diabetes
  15. Mempercantik kulit
  16. Mengontrol berat badan
  17. Mengatasi depresi
  18. Mencegah keram otot
  19. Memperkuat tulang, otot, dan sendi
  20. Meningkatkan mood dan mengobati stres
  21. Menurunkan tekanan darah
  22. Baik untuk detoks racun dari dalam tubuh
  23. Mengatasi sembelit
  24. Meredakan asam lambung atau maag
  25. Mencegah kanker atau gagal ginjal

Video Populer

Foto Populer