Sukses


4 Obat Sariawan Secara Alami dan Cepat Beserta Tips Pencegahannya

Bola.com, Jakarta - Banyak orang pernah mengalami pedihnya sariawan. Selain rasanya menyiksa, sariawan dapat menurunkan mood dan nafsu makan bagi penderitanya. Bahkan sariawan kerap menyebabkan tubuh lemas.

Sariawan bisa menyerang siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa. Keluhan yang banyak dialami adalah perih pada area mulut. Penyakit itu bisa disebabkan kekurangan vitamin, kurang cairan dan luka karena tergigit.

Apabila sariawan muncul, bakteri bisa menyerang saraf dan pembuluh darah. Akibatnya, luka semakin melebar dan akan terasa semakin sakit dan perih.

Obat sariawan sangat dibutuhkan meredakan nyeri hingga menuntaskannya. Berbagai cara dilakukan, hingga tak jarang penderitanya membeli obat kimiawi di apotek tanpa resep dokter.

Namun, sebenarnya Anda bisa menyembuhkan sariawan dengan cara alami dan dipercaya ampuh menghilangkan nyeri dengan cepat. Tentu cara tersebut tak perlu merogh koceh dalam-dalam, alias hemat biaya.

Berikut Bola.com merangkum obat sariawan secara alami dengan cepat tanpa mengeluarkan biaya mahal, beserta tips untuk mencegahnya.

 

2 dari 6 halaman

1. Obat Sariawan: Air Garam

Air garam merupakan salah satu obat alami yang bisa diracik sendiri tanpa biaya mahal. Ketika sariawan terasa nyeri atau perih, Anda bisa berkumur dengan air garam selama satu menit.

Ramuan ini akan membantu membunuh bakteri di rongga mulut. Air garam juga mampu mengurangi peradangan akibat infeksi. Di sisi lain berkumur dengan air garam bisa mengobati sakit gigi.

 

3 dari 6 halaman

2. Obat Sariawan: Jus Lemon

Jus lemon mampu menyembuhkan sariawan karena memiliki vitamin C yang tinggi untuk meredakan panas dalam. Tak hanya lemon, jenis jeruk lainnya juga ampuh mengobati sariawan.

Sebut saja jeruk nipis dan sunkiss. Jeruk memiliki kandungan anti-oksidan dan anti-bakteri. Mungkin Anda akan merasa sedikit perih saat cairan jeruk nipis atau lemon mengenai sariawan, tetapi justru hal itulah yang akan membuat luka sembuh dan bersih dari bakteri.

 

4 dari 6 halaman

3. Obat Sariawan: Madu

Madu memang sudah terkenal ampuh mengobati panas dalam, termasuk sariawan. Madu bisa mengurangi rasa sakit, peradangan, dan mengecilkan luka sariawan.

Madu mengandung antiradang dan antibakteri sehingga bisa mencegah munculnya infeksi. Namun Anda perlu menggunakan madu alami yang belum dicampur dengan bahan pengawet.

 

5 dari 6 halaman

4. Obat Sariawan: Yoghurt

Obat sariawan selanjutnya adalah yogurt, karena memiliki kandungan probiotik atau bakteri baik yang dapat membantu meredakan sariawan.

Yogurt bersifat lembut dan ringan, sehingga Anda tak akan mengalami kesulitan saat mengonsumsinya. Anda perlu mengonsumsi yogurt sekali setiap harinya guna mencegah pelebaran luka pada sariawan.

 

6 dari 6 halaman

5 Tips Hindari Sariawan

Sariawan adalah salah satu penyakit yang paling mengganggu. Maka, Anda perlu menghindari aktivitas tertentu supaya tak mudah terkena sariawan. Berikut Bola.com sajikan beberapa tips untuk menghindari sariawan.

  1. Rajin menyikat gigi dan membersihkan rongga mulut dengan cairan kumur
  2. Hindari mengonsumsi makanan pedas atau asam karena dapat menimbulkan panas dalam
  3. Sikat gigi dengan perlahan-lahan jangan terlalu tergesa-gesa supaya tidak melukai area mulut
  4. Berkumur dengan obat kumur yang tidak mengandung alkohol
  5. Kurangi merokok

Video Populer

Foto Populer