Sukses


5 Cara Memutihkan Gigi Alami dan Ampuh, Tanpa Biaya Mahal

Bola.com, Jakarta - Memiliki gigi putih dan bersih menjadi dambaan semua orang. Gigi putih dan bersih dinilai mampu meningkatkan rasa percaya diri saat berhadapan dengan orang lain.

Tak sedikit orang melakukan berbagai cara untuk mendapatkan gigi putih berseri. Bahkan, ada pula yang mengeluarkan biaya mahal ke dokter untuk melakukan pemutihan gigi.

Sebenarnya memutihkan gigi bisa dilakukan secara alami tanpa biaya mahal. Memutihkan gigi dengan bahan alami juga tentu lebih aman. Namun, Anda perlu bersabar karena memutihkan gigi dengan cara alami tidak bisa dilakukan secara instan.

Anda harus melakukan perawatan gigi dengan bahan alami secara rutin, tidak bisa didapatkan jika hanya dilakukan satu atau dua kali. Merawat gigi juga tidak cukup dengan menggosok gigi.

Berikut adalah cara memutihkan gigi alami tanpa mengeluarkan biaya mahal, seperti dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (19/11/2019).

 

2 dari 3 halaman

Penyebab Gigi Kuning

Namun sebelum mengetahui caranya, Anda perlu mengetahui penyebab gigi menjadi kuning. Ada beberapa kebiasaan yang dapat menyebabkan gigi berubah warna dan terlihat kotor. Berikut adalah penyebab gigi kuning:

- Kebiasaan minum teh dan kopi

- Malas menyikat gigi. Gosok gigi sebaiknya dilakukan 2-3 kali sehari

- Terlalu banyak mengonsumsi makanan manis seperti permen

- Gemar meminum beralkohol

- Kecanduan merokok

- Penggunaan obat tetes mata

- Suka minum-minuman berkarbonasi atau minuman bersuplemen

- Ada riwayat penyakit tertentu

 

3 dari 3 halaman

Cara Memutihkan Gigi Alami

1. Menggosok dengan Kulit Jeruk

Kulit jeruk adalah solusi bagi Anda yang kurang percaya diri karena gigi kuning. Jadi, Anda jangan buru-buru membuang kulitnya setelah memakan buah jeruk.

Kulit jeruk memiliki kandungan d-limonene yang dapat mengurangi warna kuning pada gigi. Anda bisa menggosok bagian dalam kulit jeruk yang berwarna putih. Gosokkan pada gigi selama 2-3 menit, kemudian bilas atau kumur-kumur dengan air putih. Lakukan cara ini dengan teratur dua kali sehari untuk hasil yang lebih efektif.

2. Menggosok dengan Kulit Pisang

Selain kulit jeruk, kulit pisang juga dipercaya mampu memutihkan gigi yang menguning. Masih banyak orang tidak menyangka kulit pisang bisa memutihkan gigi secara alami.

Anda hanya perlu menggosokkan bagian dalam dari kulit pisang pada gigi selama satu menit setiap hari. Sebuah penelitian membuktikan dengan menggosok kulit pisang selama satu minggu, maka gigi akan terlihat lebih putih.

3. Perasan Lemon dan Jeruk Nipis

Lemon dan jeruk nipis memiliki cita rasa asam yang cukup kuat. Namun dua buah ini terbukti ampuh memutihkan gigi secara alami. Bahkan, banyak produk pasta gigi yang menggunaan perasan lemon atau jeruk nipis.

Dua jenis jeruk ini efektif untuk membasmi bakteri dalam mulut, sehingga gigi akan terlihat bersih berseri. Berikut cara menggunakan perasan jeruk nipis dan lemon untuk memutihkan gigi:

  • Potong dan peras satu buah lemon atau dua buah jeruk nipis
  • Masukkan air perasan ke dalam satu gelas air hangat
  • Gunakan untuk berkumur, bukan diminum
  • Lakukan cara ini sebanyak tiga kali sehari supaya bakteri benar-benar hilang
  • Anda bisa juga menambah sendok teh garam ke dalam air perasan lemon atau jeruk nipis

4. Jus Stroberi

Stroberi merupakan satu di antara buah-buahan yang dapat memutihkan gigi secara alami. Anda bisa mengonsumsi secara langsung atau mengolahnya menjadi jus stroberi.

Buah berwarna merah ini mengandung vitamin C dan asam malat yang berperan aktif untuk mengikis noda pada gigi. Stroberi juga dapat mencegah sariawan, gusi berdarah, dan membunuh bakteri dalam mulut.

Tak kalah menarik.

5. Susu

Susu sapi murni terkenal ampuh untuk menyehatkan dan memutihkan gigi. Anda bisa mengonsumsi susu sapi murni secara rutin untuk memutihkan gigi menjadi berseri.

Susu juga merupakan sumber kalsium yang berfungsi menjaga kekuatan gigi. Kandungan fosfor dan magnesium dalam susu juga dapat membantu untuk memutihkan gigi secara alami.

Video Populer

Foto Populer