Sukses


5 Obat Pusing Alami Tanpa Efek Samping, Kenali Penyebabnya

Bola.com, Jakarta - Pusing atau sakit kepala tentu pernah dialami oleh banyak orang, baik yang berat atau hanya sebelah. Ada berbagai hal yang bisa membuat kepala terasa pusing, seperti telat makan, kurang tidur, hingga mengalami stres.

Namun, masih ada yang mengganggap pusing adalah gangguan kesehatan yang tidak terlalu serius. Padahal sebenarnya, pusing tidak bisa dianggap remeh, karena kondisi ini akan mengganggu aktivitas dan mengakibatkan sulit berpikir.

Sebagian besar orang memilih mengonsumsi obat pusing yang terjual di pasaran dengan harga relatif murah. Namun, cara tersebut tentu memiliki efek samping lain bagi tubuh, misalnya bikin jantung berdebar dan mudah mengantuk.

Anda tak perlu tergesa-gesa untuk mengatasi pusing dengan menggunakan obat kimiawi. Gangguan ini sebenarnya bisa diobati dengan cara sederhana, alias alami tanpa efek samping. Lalu, apa saja obatnya?

Berikut Bola.com merangkum obat pusing alami tanpa efek samping beserta penyebabnya yang perlu dihindari, Senin (9/12/2019).

 

2 dari 3 halaman

5 Obat Pusing Alami

1. Air Putih

Sebelum mengonsumsi obat pusing berbahan kimiawi, sebaiknya cobalah meminum banyak air terlebih dahulu. Pusing bisa terjadi jika tubuh dehidrasi dan kekurangan cairan.

Apabila pusing disertai dengan gejala seperti haus, mulut kering, lemas, serta frekuensi buang air kecil sedikit, maka Anda dianjurkan meminum satu gelas air mineral. Pusing juga bisa disebabkan telat makan, kurang minum, stres, atau terlalu lama duduk dalam posisi yang kurang nyaman, sehingga tubuh membutuhkan banyak banyak cairan.

2. Es Batu

Apakah Anda pernah mendengar es batu bisa berperan sebagai obat pusing alami? Mungkin beberapa orang menganggap es batu tidak baik bagi kesehatan tubuh, tetapi bahan ini mampu meredakan pusing atau sakit kepala.

Sensasi dingin pada es batu akan membantu menghilangkan sakit kepala sebelah. Beberapa hasil studi menemukan es batu terbilang mujarab untuk meredakan pusing. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu membungkus bongkahan es batu dengan kain berbahan lembut, kemudian usapkan pada bagian kepala yang pusing.

3. Buah Pisang

Pisang merupakan satu di antara jenis buah-buahan yang bisa meredakan pusing atau sakit kepala. Kok bisa? Buah ini mengandung senyawa potasium dan magnesium cukup tinggi.

Kandungan dalam pisang bermanfaat menghilangkan sakit kepala atau pusing berkepanjangan. Untuk mengobati pusing, konsumsilah minimal tiga buah pisang setiap hari secara rutin.

4. Daun Mint

Selain pisang, Anda bisa menggunakan daun mint untuk mengobati pusing atau sakit kepala. Bahan alami yang satu ini dipercaya dapat mengontrol aliran darah dan membantu melancarkan peredaran oksigen, sehingga dapat meredakan rasa pusing.

Anda bisa menggunakan daun mint dengan cara menggunakannya sebagai minyak esensial, diminum bersama teh hangat, mengonsumsi permen yang mengandung daun mint, serta infused water.

5. Teh Jahe dan Madu

Madu dan jahe merupakan obat pusing alami yang dipercaya dapat mengatasi rasa nyeri di area kepala. Bahkan, manfaat jahe sama efektifnya seperti sumatriptan, yakni obat yang dapat mengatasi pusing hingga migrain. Khasiat jahe ini dibuktikan oleh sebuah penelitian dalam Pythoter Resource.

Teh jahe dan madu juga bisa mengurangi rasa mual. Selain itu, kedua bahan ini dapat menghangatkan tubuh sekaligus melancarkan aliran darah di kepala. Anda bisa membuat teh jahe dan menggunakan madu sebagai pemanisnya, bukan gula.

3 dari 3 halaman

13 Penyebab Pusing

Pusing atau sakit kepala bisa disebabkan berbagai faktor seperti berikut ini:

- Kondisi neurologis atau sistem saraf, seperti penyakit Parkinson, sehingga akan menyebabkan kehilangan keseimbangan.

- Efek samping obat-obatan, seperti obat anti kejang, anti-depresan, dan obat penenang.

- Cemas dan stres

- Kekurangan zat besi

- Rendahnya kadar gula dalam darah

- Kepanasan dan dehidrasi

- Mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan

- Memiliki penyakit anemia atau darah rendah, stroke, dan serangan jantung

- Gangguan di telinga yang dapat menyebabkan pusing tujuh keliling atau vertigo

- Kelelahan

- Kurang minum air putih

- Telat makan

- Terlalu banyak bekerja di hadapan komputer

Jika mengalami pusing terus menerus atau tak kunjung sembuh selama lebih dari satu minggu, maka Anda harus memeriksakan ke dokter dan mendapatkan resep obat-obatan sesuai anjuran dokter.

Sumber: Pythoter Resource

Video Populer

Foto Populer