Sukses


8 Manfaat Naik Turun Tangga, Ampuh Rampingkan Pinggul

Bola.com, Jakarta - Ketika mendengar kata olahraga, terkadang yang terbayang adalah latihan fisik yang intens dengan berbagai alat rumit. Padahal ada banyak cara mudah untuk berolahraga demi mendapatkan manfaat kesehatannya, salah satunya adalah naik turun tangga.

Melansir dari Times of India, naik turun tangga bisa menjadi pilihan olahraga efektif untuk meningkatkan energi tubuh, otot, dan keseimbangan tubuh. Aktivitas ini bisa membantu menjaga kebugaran tubuh. 

Kendati mudah dilakukan, masih banyak yang memilih eskalator untuk memudahkan aktivitasnya dan malas menggunakan tangga. Tangga memang lebih banyak menguras tenaga jika dibandingkan dengan eskalator. Tapi, gerakan naik turun tangga memberikan manfaat untuk tubuh.

Lakukan latihan ini sebanyak mungkin selama 30 detik per langkahnya, kemudian istirahat selama 30 detik, dan ulangi beberapa kali selama 5 menit. Ketika naik turun tangga, otot betis, paha, hingga bokong akan terlatih dan tertarik, serta menyingkirkan lemak maupun selulit.

Sebelum melakukan naik turun tangga, pastikan Anda telah menjalani pemanasan atau peregangan terlebih dahulu, supaya otot tidak kaget dan tegang. Apabila otot tegang, maka selepas berolahraga Anda akan merasakan sakit serta cedera.

Jika tidak ada tangga, Anda bisa menggunakan sebuah kotak atau kursi kecil setinggi lutut dengan permukaan datar. Kemudian berdiri di depannya, lakukan naik turun kursi selama 30 detik dan diulangi ke dalam lima step.

Berikut Bola.com merangkum tentang manfaat naik turun tangga untuk kesehatan dari berbagai sumber, Kamis (19/12/2019).

2 dari 9 halaman

1. Manfaat Naik Turun Tangga: Membakar Kalori

Manfaat naik turun tangga yang pertama adalah membakar kalori. Pada dasarnya, setiap olahraga tentu bisa membakar kalori dan lemak tubuh.

Namun olahraga naik turun tangga mampu membakar kalori lebih banyak. Ketika melakukan aktivitas turun tangga kalori yang terbakar antara 175 dan 275 kalori per jam (tergantung berat badan).

Sedangkat saat melakukan aktivitas naik tangga, kalori tubuh yang terbakar 530 hingga 830 kalori per jam. Tentunya ini dapat dijadikan kegiatan bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan.

Pada akhirnya, jumlah kalori dan lemak yang dibakar akan semakin bertambah bila Anda melakukan olahraga naik turun tangga dengan cepat dan dilakukan dengan beberapa kali step.

Selain itu, naik turun tangga juga akan meningkatkan sistem metabolisme yang kemudian akan membakar semua kalori. Manfaat naik turun tangga untuk diet ini akan membuat berat badan berkurang secara perlahan seiring dengan pembakaran kalori yang dilakukan.

3 dari 9 halaman

2. Manfaat Naik Turun Tangga: Merampingkan Pinggul

Banyak orang melakukan berbagai cara untuk membentuk tubuh yang seksi dan ramping, khususnya di bagian pinggul. Tak perlu mengonsumsi obat, Anda bisa memiliki pinggul yang ramping dengan melakukan naik turun tangga secara rutin.

Lakukan olahraga ini sebanyak mungkin selama 30 detik, kemudian istirahat selama 30 detik, dan ulangi selama 5 menit. Ketika naik turun tangga, otot betis, paha, pinggul, hingga bokong akan terlatih dan tertarik, serta menyingkirkan lemak maupun selulit.

4 dari 9 halaman

3. Meningkatkan Kekuatan Otot dan Tulang

Ketika melakukan naik turun tangga, sistem otot dan tulang di seluruh tubuh otomatis akan ikut bergerak aktif. Mulai dari otot lengan, punggung, hingga otot kaki.

Manfaat latihan ini adalah menurunkan risiko osteoporosis dan tulang tetap kuat. Semakin intens pergerakan otot dan tulang, semakin berkurang pula risiko pengeroposan tulang.

Dalam waktu bersamaan, olahraga ini dapat membuat berat badan berkurang seiring dengan peningkatan massa otot tubuh ketika naik turun tangga.

5 dari 9 halaman

4. Manfaat Naik Turun Tangga: Mengontrol Kadar Gula Darah

Manfaat naik turun tangga juga dianjurkan bagi pengidap diabetes. Pergerakan otot berperan mengendalikan gula darah menjadi lebih stabil. Stabilnya kadar gula darah akan membuat seseorang terhindar dari penyakit diabetes.

Namun Anda juga perlu menyeimbangkan dengan pola makan yang sehat. Sebaiknya Anda perlu mengurangi asupan makanan manis karena mengandung gula tinggi dan bisa menyebabkan diabetes.

Selain bermanfaat untuk pasien diabetes, naik turun tangga juga bermanfaat bagi ibu hamil agar tidak terkena diabetes gestasional. Kendati demikian, naik turun tangga sebaiknya tidak dilakukan ketika usia kehamilan telah memasuki trimester ketiga. 

6 dari 9 halaman

5. Manfaat Naik Turun Tangga: Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke

Sejumlah penelitian menemukan manfaat naik turun tangga dapat menjaga kesehatan jantung tetap optimal. Olahraga naik turun tangga akan memperlancar aliran darah yang membawa oksigen ke jantung.

Pada dasarnya, jantung yang sehat juga bisa memengaruhi usia dan harapan hidup seseorang. Dengan jantung yang sehat, seseorang bisa menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung dan diabetes, mengurangi stres, dan meningkatkan mobilitas.

Selain jantung yang sehat, manfaat naik turun tangga juga mampu menurunkan risiko penyakit stroke. Rutin melakukan naik turun tangga tiga sampai lima kali dalam seminggu bisa menurunkan risiko stroke dalam jangka panjang.

7 dari 9 halaman

6. Manfaat Naik Turun Tangga: Meningkatkan Kinerja Otak

Sebuah hasil penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Neurobiology of Aging mengungkapkan rajin melakukan naik turun tangga dapat meningkatkan kinerja otak.

Hasil penelitian itu juga menemukan kebiasaan naik turun tangga dapat mengurangi risiko penuaan otak lebih lambat dibandingkan orang yang jarang naik turun tangga. 

Kebiasaan olahraga naik tangga bisa menjadi pilihan bagi banyak orang dewasa, setidaknya satu kali sehari dibandingkan melakukan aktivitas fisik yang tergolong berat seperti berenang atau gym.

 

8 dari 9 halaman

7. Manfaat Naik Turun Tangga: Bantu Atasi Stres

Ketika naik turun tangga, tubuh akan memacu darah yang akan mendapat suntikan adrenalin. Kondisi tersebut akan membuat suasana hati lebih baik. Dengan begitu, naik turun tangga sangat membantu untuk mengurangi stres dan kecemasan. 

Namun saat melakukan olahraga naik turun tangga, pastikan postur tubuh tetap tegak dan tidak bungkuk. Awali langkah secara perlahan, lalu tingkatkan intensitas setelah mendapatkan ritmenya. Anda juga harus memakai sepatu olahraga yang nyaman dan dapat menopang tubuh dengan baik supaya mencegah terpeleset dan terhindar dari cedera.

9 dari 9 halaman

8. Manfaat Naik Turun Tangga: Bantu Atasi Insomnia

Naik turun tangga bisa menjadi salah satu solusi untuk Anda yang kerap mengalami insomnia atau susah tidur. Anda perlu mencoba melakukan latihan ini setiap hari supaya kualitas tidur meningkat.

Sebaiknya naik turun tangga dilakukan pada pagi hari ketika matahari belum terik. Hal ini bertujuan menyehatkan paru-paru karena menghirup udara yang lebih segar. Selain itu, Anda juga bisa melakukannya pada malam hari sebelum tidur.

Video Populer

Foto Populer