Sukses


7 Manfaat Vitamin E bagi Pria, Bisa Cegah Rambut Rontok dan Kanker

Bola.com, Jakarta - Selama vitamin E banyak dikenal sangat bermanfaat untuk merawat dan mengatasi berbagai masalah kulit. Ternyata, manfaat vitamin E beragam, termasuk mencegah rambut rontok. 

Vitamin E mengandung nutrisi yang bisa menunjang fungsi organ tubuh Anda. Zat antioksidan yang terdapat dalam vitamin E juga bisa memperlambat sel-sel tubuh dari kerusakan, sehingga menunjang kinerja organ tubuh.

Manfaat vitamin E yang diketahui secara umum hanya sebagai antioksidan dan digunakan sebagai bahan kecantikan. Namun, vitamin E juga dipercaya bisa meningkatkan kesuburan pria.

Vitamin juga bisa ditambahkan ke dalam makanan sebagai suplemen dan meningkatkan kekebalan tubuh Anda. Yang jelas, vitamin E sangat bermafaat, baik wanita maupun pria. 

Dilansir dari laman The Journal of Maternal-Fetal and Neonatal Medicine,  vitamin E juga bermanfaat bagi wanita dalam meningkatkan ketebalan pada dinding rahimnya.

Berikut ini Bola.com merangkum dari berbagai sumber, Jumat (28/2/2020), manfaat vitamin E untuk pria. 

2 dari 9 halaman

1. Meningkatkan Kesuburan Pria

Meningkatkan kesehatan pembuluh darah, vitamin E dapat memberikan kualitas aliran darah yang bagus ke seluruh tubuh. Aliran darah yang baik sangat memengaruhi kesehatan alat kelamin pria. 

Vitamin E juga bermanfaat memperbaiki kualitas sperma yang dihasilkan akibat terpapar radikal bebas. Vitamin E dapat dikombinasikan dengan asupan nutrisi lain, seperti selenium dan vitamin C.

Penenlitian yang dilakukan menemukan bahwa sebanyak 10,8 persen respoden yang mengonsumsi  vitamin E berhasil memiliki kualitas sperma yang baik. Makanan yang kaya vitamin E adalah semua jenis kacang-kacangan, brokoli, bayam, dan gandum.

3 dari 9 halaman

2. Mencegah Penyakit Peyronie

Penyakit Peyronie (Peyronie's Disease) merupakan kondisi terbentuknya jaringan parut di penis Anda.

Vitamin E dipercaya dapat mencegah penyakit Peyronie. Jika Anda telah terjangkit penyakit Peyronie, Anda bisa menggunakan vitamin E untuk meredakan gejala pada penyakit Peyronie.

4 dari 9 halaman

3. Mencegah Rambut Rontok

Vitamin E dapat mencegah oxidative stress yang terdapat pada kulit Anda. Oxidative stress dapat menyebabkan masalah kerontokan rambut Anda.

Artinya, vitamin E dapat berguna untuk mencegah kerontokan rambut Anda.

5 dari 9 halaman

4. Menjaga Kadar Hormon

Berat badan, infeksi saluran kemih, sakit perut akibat menstruasi, hingga alergi kecemasan berlebih adalah beberapa gejala hormon yang tidak seimbang. Vitamin E memiliki manfaat membantu menyeimbangankan sistem endokrin dan saraf .

Mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran yang kaya vitamin E mencegah munculnya keluhan-keluhan tersebut.

6 dari 9 halaman

5. Mencegah Kanker

Diabetes dan komplikasinya bisa dicegah dengan mengonsumi vitamin E. Vitamin E juga bermanfaat bagi para perokok karena disebut bisa mencegah kanker mulut pada perokok dan kanker paru-paru.

Antioksidan yang terkandung dalam vitamin E dapat mencegah jenis kanker lainnya, seperti kanker usus besar, polip usus besar, kanker prostat, kanker pankreas, dan kanker lambung yang ditimbulkan oleh radikal bebas.

7 dari 9 halaman

6. Menambah Gairah Seks

Rutin mengonsumsi vitamin E dapat meningkatkan kesuburan karena gairah seks yang menurun. Hormon testoterone yang terkandung dalam tubuh Anda dapat ditingkatkan dengan mengonsumsi vitamin E.

Jika hormon testoterone menurun akan membuat pria berpotensi menjadi tidak subur. 

8 dari 9 halaman

7. Mengatasi Kerutan Pada Kulit

Anda yang meiliki kulit kering cenderung terlihat lebih kusut daripada kulit yang lembap. Vitamin E dapat membantu menjadi pelembap kulit Anda.

Minyak vitamin E akan memberikan kulit Anda lebih muda. Namun, secara ilmiah manfaat tersebut belum terbukti sepenuhnya.

9 dari 9 halaman

Sumber Vitamin E

Dilansir dari laman HelloSehat, untuk mengosumsi vitamin E Anda harus berkonsultasi ke dokter. Anjuran dosis yang aman dikonsumsi adalah 500-1000 mg per hari.

Vitamin E tidak bisa konsumsi sembarangan, apalagi untuk wanita hamil. Demi menjaga kesehatan dan kesuburan, Anda juga dapat berolahraga dan mengomsumsi nutrusi lain yang dibutuhkan tubuh demi meningkatkan pola hidup sehat.

Video Populer

Foto Populer