Sukses


VIDEO: Apakah Mandi Air Panas Bisa Cegah Virus Corona COVID-19? Ini Faktanya

Bola.com, Jakarta - Memang banyak beredar rumor atau bahkan hoaks terkait cara-cara mencegah virus corona COVID-19. Salah satunya yang beredar yaitu mandi air panas bisa mencegah virus corona. Bagaimana faktanya?

Faktanya mandi air panas tidak bisa mencegah seseorang tidak terjangkiti virus corona COVID-19. Mandi dengan air yang terlalu panas justru bisa membahayakan karena bisa membakar kulit, seperti yang dilansir di situs covid19.go.id, yang mengambil sumber dari WHO (World Health Organization).

Cara termudah yang bisa dilakukan seseorang untuk terhindar dari virus corona yaitu dengan sering mencuci tangan menggunakan sabun. Cuci tangan yang efektif adalah dilakukan dengan durasi minimal 20 detik. Cara lain bila hal tersebut tidak memungkinkan yaitu membersihkan tangan menggunakan cairan pembersih berbasis alkohol (60%) atau yang dikenal orang awam dengan nama "hand sanitizer".

WHO juga menyebutkan bahwa menyemprotkan cairan alkohol atau klorin ke seluruh tubuh merupakan tindakan berbahaya. Zat-zat tersebut bisa merusak selaput lendir (mata dan mulut) serta pakaian. Alkohol dan klorin dapat berguna untuk menjadi disinfektan ke permukaan, tetapi perlu digunakan di bawah rekomendasi yang tepat. Alkohol dan klorin tersebut tidak dapat membunuh virus corona COVID-19 yang telah masuk ke dalam tubuh.

Penjelasan singkat tentang fakta di balik rumor mandi air panas bisa mencegah virus corona COVID-19 bisa disaksikan dalam video di atas.

Video Populer

Foto Populer