Sukses


7 Alasan Mengapa Berat Badan Anda Tak Kunjung Turun

Bola.com, Jakarta - Berat badan yang tidak ideal telah menjelma menjadi persoalan yang dihadapi orang kebanyakan saat ini. Berat badan berlebih bisa membuat seseorang tidak percaya diri. Apalagi buat mereka yang sering beraktivitas dengan bertemu banyak orang.

Hanya, menurunkan berat badan mungkin menjadi tantangan yang cukup berat bagi sebagian orang.

Pasalnya, untuk memiliki tubuh ideal perlu komitmen dan berbagai cara yang harus dilakukan rutin. Beberapa di antaranya, semisal menjaga pola makan dan berolahraga.

Makanan yang kita konsumsi setiap harinya sangat berperan terhadap bertambahnya berat badan. Berolahraga secara rutin setiap hari juga dapat membantu kita untuk menurunkan berat badan, karena berolahraga dapat membakar kalori dalam tubuh.

Menurunkan berat badan juga dapat dilakukan dengan cara medis, melakukan sedot lemak atau meminum obat-obatan penurun berat badan.

Namun, hal tersebut kurang direkomendasikan karena memiliki efek samping seiring adanya bahan kimia yang terkandung dalam proses penurunan berat badan.

Penurunan berat badan secara alami lebih dianjurkan karena memiliki sedikit efek samping bagi tubuh kita. 

Mengonsumsi buah dan sayuran secara rutin, memilih makanan yang bergizi, menghindari minuman mengandung gula, dan tidur yang cukup, merupakan beberapa cara efektif untuk membuat berat badan Anda lebih ideal.

Tetapi, dengan segala usaha yang Anda lakukan, terkadang tak memperoleh hasil yang diinginkan. Apa yang salah?

Bola.com merangkum dari Healthline, tujuh alasan mengapa berat badan Anda tak kunjung turun, meski sudah melakukan beberapa upaya.

2 dari 4 halaman

Tidak Mengurangi Makanan

1. Tidak mengurangi makanan yang dapat menambah berat badan

Mungkin dalam usaha Anda menurutkan berat badan, ada hal yang terlewatkan, misalnya tidak mengurangi makanan yang dapat menambah berat badan.

Meski Anda telah memakan sayuran dan buah secara rutin, berolahraga setiap hari, hal tersebut dapat menjadi usaha yang percuma jika Anda tidak mengurangi makanan yang dapat menambah berat badan.

Beberapa makanan yang dapat menambah berat badan seperti, donat, keripik kentang, makanan cepat saji, dan minuman berkadar gula tinggi sangat perlu Anda kurangi konsumsinya.

Studi menunjukkan bahwa mencatat diet Anda membantu menurunkan berat badan, orang yang memotret makanan apa saja yang mereka makan, dapat membantu menurunkan berat badan secara konsisten.

2. Tidak mengonsumsi cukup protein

Protein adalah nutrisi terpenting yang dapat membantu usaha Anda dalam menurunkan berat badan.

Mengonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi dapat membantu memperkuat metabolisme tubuh. Hal tersebut juga dapat mengurangi hasrat untuk memakan kudapan terus-menerus.

Itu semua terjadi karena efek protein pada hormon pengatur nafsu makan yang dinamakan ghrelin. Saat Anda mengonsumsi sarapan, jangan lupa untuk menambahkan protein ke dalamnya.

Penelitian menunjukan mereka yang mengonsumsi sarapan dengan protein tinggi, dapat menahan rasa lapar lebih lama dan makan lebih sedikit sepanjang hari.

3. Mengonsumsi terlalu banyak kalori

Sejumlah orang yang sangat sulit menurunkan berat badan mereka dikarenakan terlalu banyak mengonsumsi kalori.

Kalori dapat menambah berat badan secara signifikan, beberapa penelitian mengatakan kebanyakan orang tidak terlalu peduli dengan asupan kalori yang mereka makan.

Mengurangi kadar kalori yang kita konsumsi dapat dilakukan dengan mencatat makanan apa saja yang telah kita makan, dan mencatat kadar kalori yang ada di dalamnya. 

3 dari 4 halaman

Tetap Meminum Minuman Manis

4. Tetap meminum minuman manis

Minuman manis sangat memengaruhi kenaikan berat badan. Minuman bersoda dan kemasan lainnya mengandung banyak gula di dalamnya, sehingga jika tetap Anda minum akan menambah kadar gula dalam tubuh, yang akan membuat berat badan bertambah.

Jus buah yang berada dalam botol terkadang terlihat sangat menyehatkan, namun faktanya, kadar gula yang ada di dalamnya juga lumayan banyak.

Kurangi meminum minuman berkadar gula tinggi, dan mulai membiasakan meminum air putih yang lebih banyak.

5. Tidak tidur secara teratur

Tidur secara teratur juga sangat memengaruhi keadaan berat badan kita. Tidur secara teratur adalah hal baik bagi kesehatan fisik, mental, dan berat badan.

Beberapa penelitian menunjukan bahwa kurangnya tidur dapat menambah risiko terkena obesitas. Orang dewasa dan anak-anak dengan tidur yang buruk masing-masing memiliki risiko 55 persen dan 89 persen lebih besar untuk menjadi lebih gemuk.

4 dari 4 halaman

Tidak Meminum Air Putih

6. Tidak meminum air putih

Meminum air putih secara rutin dapat memberikan efek kesehatan bagi tubuh, hal tersebut juga dapat memperlancar darah yang mengalir ke seluruh tubuh. 

Selain itu air putih juga dapat bermanfaat bagi penurunan berat badan.

Dalam penelitian kepada beberapa orang selama 12 minggu, orang yang meminum air putih setengah jam sebelum makan dapat kehilangan 44 persen berat badan dibandingkan mereka yang tidak meminum air putih.

7. Meminum terlalu banyak alkohol

Meminum terlalu banyak minuman beralkohol sangat tidak sehat bagi tubuh, hal tersebut juga dapat membuat berat badan Anda terus naik.

Anda harus mengurangi minuman beralkohol seperti bir, anggur, dan whisky karena minuman beralkohol banyak mengandung kalori di dalamnya.

Sumber : Healthline

Bola Babes: Trip ke Sirkuit Mandalika Bikin Penasaran

Video Populer

Foto Populer