Sukses


9 Jus Kombinasi Sayur dan Buah yang Harus Anda Minum ketika Sakit

Bola.com, Jakarta - Menjaga kesehatan sangat penting dilakukan oleh setiap orang. Dengan badan selalu sehat, kita bisa menjalani kehidupan dengan lebih baik.

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga tubuh agar tetap segar dan sehat, seperti dengan mengonsumsi makanan bernutrisi dan juga olahraga secara rutin.

Mengonsumsi buah dan sayuran secara rutin akan memberikan efek baik bagi kesehatan tubuh. Hal itu karena sayuran dan buah mengandung berbagai vitamin dan nutrisi yang baik bagi metabolisme tubuh.

Sayuran dan buah yang punya banyak manfaat bagi kesehatan itu dapat Anda nikmati dengan berbagai cara, dapat langsung dimakan atau Anda buat sebagai jus yang lezat.

Satu di antara buah yang punya manfaat lebih adalah jeruk. Buah satu ini memiliki kadar vitamin C tinggi, yang bila dikonsumsi secara rutin bisa memperkuat metabolisme tubuh dan membantu tubuh kita dari serangan berbagai penyakit.

Namun, tetap saja, kita masih bisa jatuh sakit. Berkaitan dengan sayuran dan buah, ada beberapa kombinasi jus yang dapat diminum ketika Anda sakit.

Kombinasi sayur dan buah ini diyakini bisa membantu Anda segera mendapatkan kembali kesehatan Anda.

Bola.com sudah merangkum dari Healthline, sembilan jus kombinasi sayur dan buah menyehatkan, yang harus Anda minum ketika dalam kondisi sakit.

2 dari 4 halaman

Apel, Wortel, Jeruk

1. Apel, Wortel, Jeruk

Jus apel, wortel, dan jeruk adalah kombinasi yang sangat ampuh untuk membantu tubuh melawan infeksi. Buah-buahan tersebut mengandung berbagai nutrisi seperti vitamin A, B-6, dan C serta kalium, dan asam folat, yang sangat baik bagi tubuh.

Pastikan buah apel, wortel, dan jeruk yang akan buat jus masih dalam kondisi segar, karena dengan mengonsumsi buah segar akan mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

2. Jeruk Bali

Jeruk bali kaya akan vitamin C yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Selain itu jeruk bali juga mengandung sifat antioksidan dan nutrisi lainnya, yang dapat membantu sel-sel dalam tubuh Anda dari zat yang dapat merusak tubuh.

Mengonsumsi jeruk bali sekali dalam sehari sangat cukup untuk memenuhi asupan vitamin C yang Anda butuhkan. 

3. Tomat

Tomat mengandung vitamin A, C, zat besi dan asam folat. Kombinasi nutrisi tersebut dapat menjaga kita dari berbagai penyakit dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Menggunakan buah tomat yang segar sangat disarankan bagi Anda yang ingin membuatnya sebagai jus, dan jangan berikan campuran apa pun di dalamnya termasuk gula, karena hal tersbut dapat merusak nutrisi yang terkandung dalam tomat.

3 dari 4 halaman

Kale, Tomat, dan Seledri

4. Kale, Tomat, dan Seledri

Kale adalah satu di antara bahan yang sering dijadikan bahan utama sebagai pembuatan jus sayuran. 

Untuk menambahkan rasa agar menjadi lebih lezat, Anda dapat menambahkan tomat dan seledri di dalamnya. Selain menjadi lebih lezat, hal tersebut juga memberikan manfaat bagi tubuh karena buah dan sayuran tersebut kaya akan vitamin A.

Kombinasi buah dan sayuran ini dapat memberikan efek antiinflamasi yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. 

5. Bit, Wortel, Kunyit, dan Jahe

Segelas jus yang terbuat dari kombinasi sayuran dan rempah dari akar-akaran ini dapat menambah sistem kekebalan pada tubuh Anda dan mengurangi sistem peradangan.

Peradangan seringkali merupakan respons imun terhadap infeksi. Hal ini dapat menyebabkan gejala flu seperti pilek, batuk, dan sakit kepala. Orang yang menderita rheumatoid arthritis (radang sendi) mungkin mendapat manfaat dari minum jus ini, karena kunyit dan jahe memiliki efek antiinflamasi.

6. Mangga, Stroberi

Jus dari kombinasi buah mangga dan stroberi merupakan minuman sehat yang dapat mengenyangkan perut Anda di siang hari.

Kombinasikan buah tersebut dalam satu jus, memilih buah yang segar sangat dianjurkan ketika akan membuatnya.

Kandungan vitamin E pada mangga akan memberikan manfaat antioksidan dan dapat menambah sistem kekebalan tubuh.

4 dari 4 halaman

Semangka

7. Semangka

Buah semangka 90 persen terdiri dari air. Buah yang satu ini mengandung vitamin A, C, magnesium, dan seng.

Meminum jus semangka tidak hanya membantu menambah sistem kekebalan tubuh, namun juga dapat meredakan nyeri otot yang Anda alami. Nyeri otot adalah gejala utama flu, terutama pada orang yang lebih tua. 

8. Stroberi, Kiwi, Daun Mint

Stroberi dan kiwi merupakan alternatif sumber makanan yang kaya akan vitamin C.

Anda dapat mengombinasikan buah stroberi dan kiwi menjadi smothie yang lezat, serta tambahkan sedikit daun mint untuk membuat rasanya lebih segar dan nikmat ketika diminum.

9. Bayam, Selada, Kale

Jus hijau adalah minuman sumber nutrisi yang dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menangkal berbagai macam penyakit.

Pilih bahan dari sayuran tersebut yang masih berwarna hijau segar, dan buatlah jus tanpa dicampurkan tambahan apa pun. Anda dapat meminumnya setiap hari setelah Anda berolahraga atau melakukan kegiatan di luar rumah.

Sumber : Healthline

 

Video Populer

Foto Populer