Sukses


8 Manfaat Aktivitas Fisik bagi Kesehatan Anak

Bola.com, Jakarta - Memiliki gaya hidup sehat dapat memberikan manfaat tersendiri bagi tubuh. Selain dapat menjaga kebugaran, hal tersebut juga dapat menjauhkan kita dari berbagai risiko terkena penyakit kronis.

Banyak orang beranggapan bahwa untuk menjaga kebugaran tubuh harus dengan aktivitas fisik yang berat, seperti berlari mengelilingi lapangan dan mendatangi gym secara rutin.

Namun, untuk tetap menjaga tubuh agar tetap bugar, Anda juga dapat melakukan berbagai aktivitas fisik yang tidak terlalu berat, seperti berkebun atau berjalan santai di sekitar lingkungan rumah.

Selain itu, menjaga tubuh sehat juga dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan sehat, seperti sayuran, buah-buahan, daging, ikan, dan berbagai biji-bijian. Dengan mengonsumsi makanan penuh nutrisi dapat menjaga kesehatan dan kebugaran setiap hari.

Melakukan aktivitas fisik untuk menjaga kesehatan juga sangat penting dilakukan oleh anak-anak Anda. Mungkin Anda dapat mengajak anak-anak untuk bermain melempar bola, berjalan menaiki dan menuruni tangga, atau membersihkan seluruh rumah.

Makin sering anak melakukan fisik, keadaan tubuh akan selalu terjaga dan membuat tubuh anak menjadi lebih bugar, selain itu juga dapat menurunkan risiko anak tertular berbagai macam penyakit.

Anda juga dapat membiarkan anak Anda untuk memilihi aktivitas fisik apa yang ingin mereka lakukan, namun tetap memperhatikan benar aktivitas fisik tersebut, dan pastikan yang mereka lakukan adalah aktivitas yang positif dan dapat menyehatkan bagi tubuh.

Selain untuk menjaga kebugaran tubuh dan juga menjaga anak agar tidak obesitas, aktivitas fisik juga memiliki manfaat lainnya bagi anak-anak.

Berikut Bola.com telah merangkum dari Parents, delapan manfaat aktivitas fisik bagi kesehatan tubuh bagi anak-anak.

2 dari 3 halaman

Memperkuat Kerja Jantung

1. Memperkuat kerja jantung

Jantung adalah organ yang dipenuhi dengan otot, dan seperti otot lainnya, kinerja jantung akan meningkat jika dipacu dengan melakukan kegiatan fisik secara rutin.

Kegiatan fisik yang dilakukan anak-anak bisa menjadikan jantung makin kuat dan efisien dalam melakukan tugasnya dalam tubuh. Dengan memperkuat kondisi jantung, dapat menurunkan risiko terkena berbagai penyakit yang menyerang jantung itu sendiri.

2. Menjaga sirkulasi darah

Melakukan aktivitas fisik atau berolahraga secara rutin dapat menurunkan jumlah kolesterol berbahaya dan lemak dalam darah pada setiap orang.

Aktivitas fisik dapat meningkatkan fleksibilitas dinding pembulu darah dan membantu menurunkan tekanan darah. Hal tersebut juga mengurangi risiko seseorang terkena serangan jantung dan stroke.

3. Memeperkuat kinerja paru-paru

Aktivitas fisik yang dilakukan secara rutin dapat meningkatkan kapasitas kerja paru-paru dan efisiensinya dalam menggerakan udara masuk dan keluar dari tubuh.

Manfaatnya adalah akan banyak oksigen yang masuk ke tubuh dan lebih banyak karbondioksida dan gas buangan lainnya yang dikeluarkan.

4. Mengurangi kadar gula darah

Kegiatan fisik atau olahraga yang sering dilakukan juga dapat mencegah gula yang menumpuk dalam darah, dengan memicu otot untuk mengambil lebih banyak glukosa dari aliran darah dan merubahnya sebagai enrergi yang bermanfaat bagi tubuh. Hal tersebut dapat menjaga anak-anak terkena diabetes.

3 dari 3 halaman

Mengontrol Berat Badan

5. Mengontrol berat badan

Ketika anak berdiam diri, mereka cenderung mendapatkan kalori berlebih daripada yang dibutuhkan. Kalori yang tidak terpakai karena terlalu lama berdiam diri ini akan menumpuk menjadi lemak. 

Aktivitas fisik yang dilakukan secara rutin mungkin dapat mengurangi kalori dan lemak yang menumpuk di dalam tubuh, dan dapat menurunkan berat badan. Menurunkan berat badan sangat baik untuk kesehatan jantung dan dapat bermanfaat bagi penderita diabetes.

6. Memperkuat tulang

Sama halnya dengan otot akan bekerja lebih kuat ketika kegiatan fisik sering dilakukan, tulang juga akan memberi respons yang sama. 

Orang dewasa mulai kehilangan masa tulang di usia 20 tahun ke atas, tetapi mereka yang berolahraga secara teratur dapat memiliki kepadatan tulang yang dapat menjaga kondisi tulang itu sendiri. 

Peningkatan kepadatan tulang membantu mencegah osteoporosis, suatu kondisi di mana tulang kehilangan kepadatan, melemah, dan menjadi keropos dan rapuh.

7. Meningkatkan energi

Kegiatan fisik dan olahraga yang sering dilakukan akan memacu tubuh untuk tetap bergerak dan memberikan energi yang lebih bagi tubuh. Selain itu juga dapat menjaga kesehatan tubuh dan membuat tubuh tetap bugar.

8. Mencegah terkena kanker

Kanker biasanya disebabkan oleh pertumbuhan sel yang tidak terkontrol. Melakukan olahraga dan aktivitas setiap hari secara rutin dapat mengatur pertumbuhan sel yang ada dalam tubuh, dan mengurangi risiko anak kita terkena berbagai jenis kanker.

Sumber: Parents

Video Populer

Foto Populer