Sukses


5 Manfaat Daun Sirsak, Waspada Efek Sampingnya Juga

Bola.com, Jakarta - Pohon sirsak merupakan tanaman yang berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Sirsak memiliki buah dengan rasa manis dan asam yang banyak ditumbuh di Indonesia.

Buah Sirsak memiliki berbagai macam kandungan yang baik untuk kesehatan. Tak hanya daging buahnya, daun sirsak pun berguna. Bahkan, banyak orang yang memetik manfaat daun sirsak untuk mengatasi berbagai penyakit.

Manfaat daun sirsak sebagai obat herbal hingga saat ini cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia.

Daun ini biasanya direbus terlebih dahulu, kemudian air rebusan daun sirsak dikonsumsi sebagai obat.

Dilansir dari SehatQ, khasiat daun sirsak dipercaya dapat mengobati beberapa penyakit tertentu, seperti diabetes, asam urat, dan sebagainya. 

Banyaknya orang yang mengandalkan tumbuhan sirsak untuk mengatasi gangguan kesehatan bukannya tanpa alasan.

Tingginya kandungan vitamin C, folat, dan mineral di dalam sirsak, seperti kalium, kalsium, tembaga, zat besi dan magnesium, menjadikan buah sirsak sebagai sumber nutrisi yang ideal.

Namun, terlepas dari semua manfaatnya, mengonsumsi daun sirsak juga memiliki risiko efek samping. Oleh karena itu, mengonsumsi daun sirsak atau suplemennya akan lebih baik jika dikonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter.

Berikut Bola.com merangkum dari berbagai sumber, manfaat daun sirsak untuk kesehatan beserta efek sampingnya, Selasa (7/4/2020).

2 dari 7 halaman

1. Atasi Kanker

Daun sirsak dikenal dapat menghambat sel kanker lebih cepat dibandingkan dengan pengobatan dengan kemoterapi. Kandungan acetogenin pada sirsak dapat menyembuhkan pasien pengidap penyakit kanker.

Fungsi acetogenin ialah menghambat pertumbuhan sel kanker sekaligus menghambat perkembangan sel tumor yang resisten terhadap obat kemoterapi adriamycin.

3 dari 7 halaman

2. Atasi Diabetes

Daun sirsak kaya akan kandungan antioksidan seperti senyawa saponin, bioflavonois, dan polifenol. Daun sirsak dapat menstabilkan jumlah kadar gula darah dan menjadikannya normal.

Sifat antioksidan dapat melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas yang mengintai tubuh. Anda bisa mengolahnya dengan merebus daun sirsak.

4 dari 7 halaman

3. Mengontrol Kadar Kolesterol

Manfaat daun sirsak selanjutnya adalah menurunkan kolesterol dalam tubuh. Bagi Anda yang mempunyai masalah kelebihan berat badan atau obesitas, konsumsi daun sirsak ini bisa menjadi pilihan untuk mengurangi kadar kolesterol yang berlebihan dalam tubuh.

Untuk merasakan manfaat daun sirsak ini kamu bisa meminum air rebusan daun sirsak.

5 dari 7 halaman

4. Atasi Penyakit Paru-Paru

Daun sirsak memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh dan dapat digunakan sebagai pilihan alternatif obat pencegah penyakit paru-paru.

Kandungan acetogenin yang ada dalam daun sirsak bermanfaat untuk menghambat perkembangan virus yang menyerang paru-paru.

6 dari 7 halaman

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Daun sirsak memiliki sifat antioksidan yang tinggi. Mengonsumsi daun sirsak mampu terhindar dari infeksi di dalam tubuh akibat radikal bebas.

Rebus empat hingga lima daun sirsak dalam empat gelas air hingga tersisa kira-kira hanya satu gelas air untuk mendapatkan manfaatnya.

7 dari 7 halaman

Efek Sampingnya

Mengonsumsi daun sirsak secara berlebihan memiliki efek samping bagi kesehatan tubuh. Mengonsumsi daun sirak secara berlebihan bisa merusak saraf dalam jangka waktu yang panjang.

Muncul gangguan pada kendali gerak tubuh dan halusinasi. Tidak menutup kemungkinan juga kerusakan saraf otak menimbulkan gangguan lain yang menyerupai gejala penyakit Parkinson.

Anda dianjurkan untuk tidak mengonsumsi daun sirsak jika:

  • Sedang menjalani pengobatan untuk diabetes atau tekanan darah tinggi.
  • Memiliki tekanan darah atau kadar trombosit yang rendah.
  • Hendak menjalani pemeriksaan pencitraan dengan teknologi nuklir (nuclear imaging).
  • Menderita penyakit Parkinson, gangguan ginjal, atau gangguan hati.

Begitu pula ibu hamil dan menyusui, sebaiknya tidak mengonsumsi daun sirsak. Lebih baik jika dikonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter.

Sumber: Berbagai sumber

Ngobrol Bareng Atlet Cantik, Gronya Somerville

Video Populer

Foto Populer