Sukses


7 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan Kulit dan Rambut

Bola.com, Jakarta - Bawang putih menjadi satu di antara bumbu dapur favorit di Indonesia. Hampir setiap masakan menggunakan bawang putih, untuk menambah cita rasa. 

Hal itu menjadikan bawang putih sebagai bumbu wajib dalam proses memasak, dan stoknya wajib terjaga di dapur.

Selain sebagai bumbu dapur, bawang putih juga memiliki manfaat lain, terutama beritan dengan kesehatan tubuh, yang sudah diturunkan dari generasi ke generasi.

Beberapa penelitian menyatakan mengonsumsi bawang putih bisa menurunkan tekanan darah.

Tak hanya itu, bawang putih juga dikenal sebagai obat menurunkan kolesterol, penguat jantung, memperbaiki sirkulasi darah, dan berbgai macam penyakit lainnya.

Bumbu dengan bau dan rasa yang sangat khas, beberapa senyawa khusus dalam bawang putih dapat memberi manfaat kesehatan bagi tubuh. Di antara senyawa tersebut antara lain vitamin C, vitamin B6, mineral, dan selenium.

Selain sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, bawang putih juga sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit dan rambut.

Berikut Bola.com merangkum dari Stylecraze, enam manfaat bawang putih untuk kesehatan kulit dan rambut.

2 dari 3 halaman

Mengurangi Jerawat

1. Mengurangi Jerawat 

Satu di antara manfaat bawang putih yang sangat berguna untuk eksehatan kulit adalah mengurangi jerawat. Bawang putih mengandung senyawa antioksidan kuat dan memiliki sifat antiinflamasi dan antimikroba.

Sedangkan, jerawat disebabkan akumulasi racun yang berlebihan, pori-pori tersumbat, dan infeksi bakteri, sehingga dengan senyawa yang terkandung di dalamnya, bawang putih dapat digunakan untuk mengurangi jerawat.

Cara menggunakan bawang putih untuk mengurangi jerawat adalah dengan mengonsumsi satu siung bawang putih mentah, diikuti dengan meminum segelas air dingin. Selain itu tetap jaga kulit Anda agar tetap bersih, agar tidak ada kotoran dan kuman yang menempel.

2. Atasi Psoriasis

Psoriasis adalah penyakit kulit autoimun, di mana biasanya penderita mengalami gejala kulit yang memerah, bersisik, dan kulit gatal, yang biasanya muncul di kepala, siku, dan lutut.

Meski tidak bisa langsung sembuh, mengonsumsi bawang putih secara rutin akan mengurangi gejala penyakit ini. 

Psoriasis disebabkan karena peradangan, dan karena bawang putih memiliki efek antiinflamasi yang kuat, banyak yang merekomendasikan penggunaan bawang putih untuk mengurangi penyakit psoriasis. 

3. Menunda Penuaan

Penuaan pada kulit biasanya terjadi karena stres dan kebiasaan yang tidak sehat. Sedangkan S-Allyl cysteine, yang ditemukan dalam bawang putih membantu melindungi kulit dari kerusakan dan keriput yang diakibatkan paparan sinar ultraviolet.

Selain itu, efek lain seperti antioksidan dan senyawa antiinflamasi yang terdapat dalam bawang putih membantu mendapatkan oksigen sehingga dapat mengurangi stres.

3 dari 3 halaman

Menghilangkan Stretch Marks

4. Menghilangkan Stretch Marks

Mungkin Anda ingin menghilangkan stretch mark atau gurat peregangan yang ada di badan. Satu di antara caranya adalah menggunakan minyak pijat yang dicampur dengan bawang putih.

5. Mengurangi Eksim

Kulit kasar, kering, bersisik, gatal, dan meradang dikenal sebagai eksim. Ini disebabkan karena peradangan yang dapat dipicu oleh reaksi alergi. Bawang putih memiliki sifat antiinflamasi, yang secara efektif melawan eksim.

6. Mencegah Rambut Rontok

Banyak ilmuwan telah menemukan cara, bawang putih dan betametason valerat dapat membantu mencegah kerontokan rambut. 

Cara menggunakan bawang putih untuk mencegah rambut rontok adalah, dengan mengosumsi  satu siung bawang putih mentah dengan smoothie sayuran, dan juga tambahkan bawang putih yang cukup banyak pada daging yang sedang Anda masak.

Sumber: Stylecraze

Video Populer

Foto Populer