Sukses


5 Manfaat Air Kelapa bagi Kesehatan, Bantu Membakar Lemak

Bola.com, Jakarta - Air kelapa jadi satu di antara minuman yang sangat menyehatkan karena memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Seringkali banyak orang menikmati air kelapa ketika cuaca sedang panas dan badan merasa gerah. Hal itu karena air kelapa yang bisa menyegarkan sekaligus menghilangkan dehidrasi di tubuh.

Air kelapa bisa ditemukan mungkin dengan mudah di sekitar kita. Bahkan saat ini ada air kelapa kemasan yang sangat mudah untuk didapatkan.

Mungkin juga Anda pernah melihat beberapa orang yang sedang berolahraga meminum air kelapa, hal tersebut dilakukan karena air kelapa juga bermanfaat untuk menambah energi.

Air kelapa terbentuk secara alami di dalam buah kelapa, dan mengandung kurang lebih 94 persen air dan sedikit lemak. Tidak seperti santan yang terbuat dari parutan buah kelapa yang dicampur dengan air, dan mengandung 50 persen air dan banyak lemak.

Rata-rata satu buah kelapa segar dapat menghasilkan setengah hingga satu gelas penuh air kelapa. 

Untuk mendapatkan manfaat dari air kelapa, disarankan untuk meminumnya dalam keadaan segar.

Selain untuk menambah energi pada tubuh, air kelapa juga memiliki manfaat yang lain untuk tubuh, seperti memiliki efek antioksidan dan membantu menjaga jantung.

Berikut Bola.com merangkum dari berbagai sumber, lima manfat air kelapa bagi kesehatan tubuh, Jumat (10/4/2020). 

2 dari 3 halaman

Sumber Nutrisi

1. Sumber Nutrisi

Di dalam air kelapa terdapat banyak nutrisi yang sangat menyehatkan bagi tubuh, di antaranya adalah karbohidrat, protein, serat, vitamin C, magnesium, kalium, sodium, dan kalsium.

Di antara manfaat nutrisi-nutrisi tersebut adalah dapat menambah energi bagi tubuh.

Minumlah air kelapa secara rutin, agar mendapatkan hasil terbaik minumlah air kelapa dalam keadaan segar.

2. Memiliki Sifat Antioksidan

Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang diproduksi oleh sel yang ada dalam tubuh. Terkadang produksi mereka meningkat sebagai respons cedera atau stres yang sedang Anda alami.

Ketika tubuh Anda terlalu banyak radikal bebas, akan mengalami stres oksidatif, yang dapat merusak sel-sel dan meningkatkan risiko terkena berbagai macam penyakit.

Beberapa penelitian mengatakan bahwa sifat antioksidan yang ada dalam air kelapa dapat melawan radikal bebas dan dapat menurunkan risiko tubuh terserang berbagai macam penyakit.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kekebalan tubuh cenderung menurun ketika musim panas tiba, karena cuaca yang terkadang sangat panas dan menyebabkan Anda mudah lelah dan bahkan terserang berbagai macam penyakit.

Air kelapa mengandung antivirus dan antibakteri, yang dapat membantu untuk meningkatkan dan menjaga kekebalan tubuh agar tetap kuat dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Selain menyehatkan, air kelapa juga dapat menyegarkan tubuh ketika musim panas dengan cuaca yang cukup ekstrem.

3 dari 3 halaman

Membantu Membakar Lemak

4. Membantu Membakar Lemak

Air kelapa yang rutin Anda minum akan meningkatkan metabolisme tubuh. Makin kuat metabolisme, makin banyak pula lemak dalam tubuh yang dapat dibakar.

Barengi rutinitas olahraga Anda dalam upaya menurukan berat badan dengan mengonsumsi air kelapa. Selain dapat membantu membakar lemak, air kelapa juga dapat memberi tambahan energi saat berolahraga.

Selain itu, meski air kelapa cukup rendah kandungan karbohidratnya, mereka juga dapat membuat perut terasa sedikit kenyang dan mengurangi asupan lemak yang masuk ke tubuh.

5. Menurunkan Kadar Gula Darah

Air kelapa mengandung L-arginin, senyawa yang dikenal karena sifat antidiabetes. L-arginin mengurangi kadar glukosa yang ada dalam darah. 

Selain itu, air kelapa juga memerangi stres oksidatif, suatu kondisi yang sering ditemui saat orang mengidap diabetes.

Air kelapa dapat menurunkan kadar hemoglobin A1c, di mana kandungan yang cukup tinggi dari hemoglobin tersebut dapat meningkatkan risiko terkena diabetes.

Anda dapat menambahkan air kelapa dalam menu diabetes, karena air kelapa mengandung serat dan relatif rendah karbohidrat. Minumlah air kelapa yang masih murni dan tidak diberi campuran apa pun.

 6. Menetralisir Racun dalam Tubuh

Selain dapat menambah energi bagi tubuh dan menurunkan lemak, meminum air kelapa juga dapat menetralisir racun yang ada di dalam tubuh. 

Air kelapa mengandung tanin dan antidotum sebagai penawar racun yang sangat signifikan, sehingga meminumnya dapat menghilangkan berbagai jenis racun yang ada di dalam tubuh.

Selain itu, air kelapa juga mengandung berbagai macam enzim yang dapat mengurangi racum dalam tubuh.

Sumber: Berbagai sumber

Video Populer

Foto Populer