Sukses


6 Manfaat Daun Bawang untuk Kesehatan, Cegah Flu dan Sehatkan Mata

Bola.com, Jakarta - Daun bawang adalah satu di antara jenis sayuran yang cukup populer di berbagai wilayah dunia, khususnya di Asia. Daun bawang sering dijadikan campuran dalam membuat masakan.

Seperti halnya bawang, daun bawang saat ditumis mengeluarkan aroma khas yang terkadang dapat meningkatkan nafsu makan bagi kebanyakan orang.

Daun bawang dapat dengan mudah ditemukan di pasar tradisional maupun pusat perbelanjaan. Selain rasa dan aromanya yang khas, daun bawang memiliki manfaat yang menyehatkan bagi tubuh.

Ada berbagai manfaat kesehatan yang bisa didapat dengan mengonsumsi daun bawang, satu di antaranya dapat menurunkan kadar gula darah yang tinggi.

Namun, masih banyak kalangan yang tidak mau mengonsumsi atau menghindari daun bawang karena tidak menyukai baunya. Padahal, mengonsumsi daun bawang juga dapat menurunkan risiko terkena berbagai macam penyakit.

Daun bawang mengandung berbagai macam nutrisi, beberapa di antaranya vitamin A, vitamin B2, vitamin C, vitamin K. Daun bawang juga mengandung flavonoid dan potasium.

Berikut Bola.com merangkum dari berbagai sumber, Kamis (30/4/2020), enam manfaat daun bawang untuk kesehatan. 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Membantu Pencernaan

1. Membantu Pencernaan

Daun bawang mengandung banyak serat yang dapat membantu sistem pencernaan menjadi lebih sehat dan lancar.

Anda dapat memasak daun bawang dengan berbagai macam sayuran lainnya untuk membantu menyehatkan sistem pencernaan. 

2. Menurunkan Kadar Gula Darah

Memiliki kadar gula darah yang cukup tinggi dapat berakibat buruk bagi kesehatan secara keseluruhan. Satu di antara penyakit yang akan muncul karena kondisi tersebut adalah diabetes.

Daun bawang mengandung sulfur yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah. sulfur dapat meningkatkan produksi insulin, yang pada akhirnya dapat mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

3 dari 4 halaman

Membantu Menyehatkan Mata

3. Membantu Menyehatkan Mata

Daun bawang mengandung beta karoten yang biasanya ditemukan pada wortel. Komponen tersebut dapat menjaga kesehatan mata dan mempertajam penglihatan.

Daun bawang juga kaya kandungan vitamin A, yang dapat mencegah berbagai masalah yang muncul di mata. Konsumsi daun bawang secara rutin untuk menjaga penglihatan tetap jernih.

4. Mengatasi Asma

Daun bawang memiliki kandungan hytochemical yang dipercaya dapat meredaka gejala asma seperti sesak napas, dengan cara membersihkan saluran pernapasan.

Selain itu daun bawang dapat membantu melawan infeksi dan menguatkan imun tubuh. Anda dapat mengonsumsi daun bawang dalam kondisi mentah atau memasaknya dengan berbagai sayuran lainnya.

4 dari 4 halaman

Mencegah Flu

5. Mencegah Flu

Kita biasanya menggunakan obat-obatan atau suplemen untuk mencegah maupun mengobati flu. Untuk mencegah flu, kita dapat menggunakan daun bawang.

Daun bawang menjadi obat alami yang cukup baik untuk melawan flu berkat sifat antibakteri dan antivirusnya. Daun bawang juga dapat mengurangi lendir di dalam saluran pernapasan saat terserang flu.

6. Menurunkan Berat Badan

Daun bawang memiliki kandungan kalori yang cukup rendah, namun kandungan serat yang cukup tinggi, sehingga baik dimasukan ke menu makanan diet.

Kandungan serat yang cukup tinggi dalam daun bawang akan membantu perut merasa kenyang lebih lama, sehingga akan mengurangi asupan makanan yang terkadang dapat membuat berat badan menjadi naik.

Sumber: Berbagai sumber

Video Populer

Foto Populer