Sukses


Dapat Menjaga Berat Badan, Ini 6 Manfaat Mengonsumsi Telur untuk Kesehatan Tubuh

Bola.com, Jakarta - Menjaga asupan makanan yang memiliki kandungan nutrisi tinggi adalah hal yang harus selalu kita lakukan. Dengan hal itu tubuh kita akan terjaga kesehatannya.

Banyak jenis bahan makanan yang dapat memberikan kita asupan nutrisi yang cukup banyak dan dapat menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat, satu di antaranya adalah telur.

Telur sering digunakan oleh banyak orang sebagai bahan makanan pokok. Telur dapat kita nikmati dengan cara direbus atau digoreng sesuai selera yang diinginkan.

Kebanyak orang Indonesia menggunakan telur sebagai lauk tambahan ketika makan, atau biasa ditambahkan sebagai campuran pelengkap saat membuat nasi goreng.

Telur mengandung banyak nutrisi yang dapat memberikan manfaat baik bagi tubuh. Beberapa di antaranya adalah vitamin A dan vitamin B. Selain itu telur juga mengandung serat, karbohidrat, fosfor, dan juga zat besi.

Untuk mendapatkan manfaatnya, disarankan untuk tidak terlalu mecampurkan berbagai bahan tambahan saat memasak telur, agar manfaatnya dapat dirasakan secara maksimal.

Ada beberapa manfaat yang bisa kita dapat dengan mengonsumsi telur, beberapa di antaranya adalah menguatkan kinerja otak dan mencegah penyakit jantung.

Berikut Bola.com telah merangkum dari berbagai sumber, 6 manfaat mengonsumsi telur untuk kesehatan tubuh.

Mau ikuti challenge 5 tahun Bola.com dengan hadiah menarik? Klik Tautan ini.

2 dari 5 halaman

Menjaga Berat Badan

1. Menjaga Berat Badan

Memasukan telur dalam daftar menu diet Anda, dapat membantu usaha Anda dalam menurunkan berat badan. Dalam satu butir telur mengandung paling tidak 6gr protein dan 70 kalori, yang dapat memenuhi kebutuhan protein harian Anda.

Selain itu Protein yang terkandung dalam telur juga dapat membantu perut Anda untuk merasa kenyang lebih lama, sehingga mengurangi konsumsi makanan yang berlebihan.

2. Meminimalisasi Munculnya Penyakit Jantung

Telur yang Anda masak dengan cara direbus mengandung lemak baik dan juga lemak tak jenuh, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dari dalam tubuh.

Kadar kolesterol yang terjaga dapat mengurangi risiko seseorang terkena berbagai macam penyakit, khususnya penyakit jantung. Konsumsilah telur rebus yang tidak dicampur dengan apapun saat waktu makan di pagi hari.

3 dari 5 halaman

Menambah Energi

3. Menambah Energi

Memiliki cadangan energi yang cukup banyak di dalam tubuh akan membantu Anda melewati kegiatan dalam sehari tanpa ganguan yang cukup berarti.

Konsumsilah telur sebelum melakukan kegiatan di luar rumah. Karena telur mengandung berbagai macam nutrisi dan mineral yang dapat meningkatkan energi di dalam tubuh.

4. Menjaga Kesehatan Otak

Manfaat telur yang sering dicari oleh banyak orang adalah dapat menjaga kesehatan otak. Telur yang dimasak dengan cara direbus mengandung cukup tinggi kolin.

Kolin dikelompokkan bersama vitamin B. Manfaat kolin sendiri adalah dapat menjaga kesehatan otak dengan cara menjaga keadaan sel di dalam otak dan mengatur sistem saraf.

4 dari 5 halaman

Memberi Nutrisi Pada Kulit

5. Memberi Nutrisi Pada Kulit

Telur yang dikonsumsi secara teratur dapat membantu dalam menyehatkan kulit, hal tersebut karena telur kaya akan kandungan vitamin dan juga mineral yang baik untuk kesehatan kulit.

Vitamin dalam telur juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Dengan sistem kekebalan tubuh yang kuat, kulit akan selalu tampak lebih muda dan jauh dari penuaan dini.

6. Sumber Vitamin D yang Baik

Untuk memiliki keadaan tulang dan gigi yang kuat, kita harus selalu menjaga asupan kalsium dan juga vitamin D dengan teratur. Ada berbagai macam makanan yang dapat memberikan asupan vitamin D, satu di antaranya adalah telur.

Vitamin D dapat membantu tubuh dalam menyerap kalsium yang kita dapat. Sehingga dapat menyehatkan tulang dan gigi, dan menurunkan risiko terkena penyakit tulang seperti tulang keropos atau osteoporosis.

Sumber: Berbagai Sumber

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan Kami:

Topi Legenda Tinju Floyd Mayweather Tiba-tiba Diambil Youtuber Jake Paul, Gimmick Nih?

Video Populer

Foto Populer