Sukses


6 Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan, Bisa Mengurangi Sakit Gigi

Bola.com, Jakarta - Cengkeh sejak dulu sudah dikenal sebagai bumbu rempah sekaligus obat herbal. Cengkeh adalah tangkai bunga kering yang berasal dari keluarga pohon Myrtaceae.

Cengkeh mengandung berbagai nutrisi penting yang baik untuk tubuh. Rempah ini memiliki rasa manis dan aromatik, serta tersedia dalam bentuk utuh, bubuk, maupun minyak.

Meski berukuran kecil, dalam 2 gram cengkeh terkandung energi sebesar 21 kalori, 1 gram serat, dan 1 gram karbohidrat. Selain itu, beragam nutrisi, sepertiĀ  kalium, mangan, kalsium, magnesium, natrium, zinc, folat, antioksidan, vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K mendukung manfaat cengkeh untuk kesehatan tubuh.

Cengkeh dipercaya ampuh untuk mendukung sistem imunitas tubuh. Cengkeh juga banyak digunakan untuk tambahan dalam pembuatan rokok.

Cengkeh adalah tumbuhan asli dari Kepulauan Maluku yang banyak digunakan sebagai bumbu masakan Eropa dan Asia. Selain sebagai campuran masakan, cengkeh juga bisa menjadi campuran di minuman agar rasanya lebih nikmat.

Berikut ini manfaat cengkeh bagi kesehatan menurut. Bola.com telah merangkum dari berbagai sumber, manfaat cengkeh untuk tubuh lebih sehat, Minggu (3/5/2020).

2 dari 3 halaman

Mengobati Tukak Lambung

1. Mengobati Tukak Lambung

Manfaat cengkeh yang pertama adalah mengobati tukak lambung. Penggunaan minyak cengkeh bisa meningkatkan produksi lendir lambung.

Tukak lambung disebabkan oleh penipisan lendir lambung atau sering juga disebut dengan asam lambung. Dengan menggunakan cengkeh bisa menghalangi asam lambung sekaligus mencegah luka pada dinding lambung akibat cairan asam lambung.

Kondisi ini bisa terjadi dari berbagai macam faktor seperti infeksi atau stres.

2. Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Cengkeh mampu meningkatkan jumlah sel darah putih. Sifat antiinflamasi pada cengkeh bermanfaat untuk mengobati peradangan, infeksi serta membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, cengkeh juga dapatĀ  membersihkan tubuh dari racun berbahaya dan mikroba.

3. Mengurangi Sakit Gigi

Cengkeh memiliki senyawa eugenol yang mampu mengurangi rasa nyeri di gigi dan gusi. Selain itu, sifat antioksidan, antikuman, dan antijamur pada cengkeh dipercaya bisa mengatasi nyeri akibat sakit gigi.

Beberapa penelitian menyatakan mengonsumsi cengkeh bisa meredakan rasa sakit, peradangan, dan infeksi. Namun, manfaat cengkeh dalam meredakan sakit gigi masih perlu penelitian medis lebih lanjut.

3 dari 3 halaman

Menguatkan Tulang

4. Menguatkan Tulang

Kandungan ekstrak hidrokarbon termasuk senyawa fenolik seperti eugenol di dalam cengkeh mampu menguatkan tulang. Selain itu, cengkeh juga dapat membantu dalam menjaga kepadatan tulang dan kandungan mineral tulang.

Manfaat cengkeh juga bisa menguatkan tulang dalam kasus osteoporosis. Terbukti cengkeh membantu menjaga massa tulang dan meningkatkan kepadatan serta kekuatan tulang.

5. Menjaga Kesehatan Hati

Tak hanya bisa mengurangi rasa nyeri di gigi dan gusi, senyawa eugenol di dalam cengkeh dipercaya dapat membantu meningkatkan kesehatan organ hati. Cengkeh bisa meningkatkan fungsi hati dan mengurangi peradangan.

Cengkeh juga memiliki sifat hepatoprotektif yang bisa melindungi fungsi hati. Selain itu, cengkeh dipercaya mampu membantu mencegah sirosis.

Sirosis adalah kondisi rusaknya organ hati akibat terbentuknya jaringan parut. Akan tetapi, masih perlu penelitian klinis lebih lanjut mengenai manfaat cengkeh terhadap kesehatan hati.

6. Membantu Melindungi Tubuh dari Kanker

Senyawa eugenol dalam cengkeh terbukti memiliki sifat antikanker. Cengkeh mampu melawan radikal bebas dalam tubuh yang bisa memicu perkembangan sel kanker di dalam tubuh.

Sebuah studi tabung menunjukkan bahwa eugenol secara efektif mendorong kematian sel dalam sel kanker serviks. Vitamin C pada cengkeh dapat menetralisir radikal bebas.

Penumpukan radikal bebas dalam tubuh dapat merusak kode DNA dan menyebabkan stres oksidatif sehingga memicu berbagai penyakit kronis. Selain itu, ekstrak cengkeh juga dapat membantu menghentikan pertumbuhan tumor, serta meningkatkan kematian sel yang ada dalam sel kanker.

Kandungan antioksidan dalam cengkeh bahkan dilaporkan lima kali lebih efektif daripada vitamin E dan jenis antioksidan lainnya.

Sumber: Berbagai Sumber

Mau ikuti challenge 5 tahun Bola.com dengan hadiah menarik? Klik Tautan ini.

Ā 

Video Populer

Foto Populer