Sukses


Ayo Lari Pagi dan Rasakan 6 Manfaat Ini bagi Tubuh

Bola.com, Jakarta - Pagi hari menjadi waktu yang tepat untuk berolahraga, termasuk melakukan aktivitas lari. Anda masih bisa menikmati udara sejuk ketika melakukan kegiatan ini.

Lari adalah salah satu jenis olahraga yang paling praktis untuk dilakukan di pagi hari. Olahraga ini adalah satu di antara bentuk latihan aerobik tertua dan terpopuler.

Banyak manfaat yang bisa diperoleh dari lari pagi. Ketika lari pagi, tubuh akan melepas hormon endorfin yang bisa melepas stres, membuat tubuh lebih bugar.

Lari pagi dapat memengaruhi kualitas tidur, mood, hingga mencegah risiko penyakit kronis.

Untuk mendapat manfaatnya, lari pagi bisa dilakukan setiap hari setidaknya selama 30-60 menit per hari.

Namun, tak banyak orang yang bisa meluangkan waktu untuk melakukan olahraga pagi rutin setiap hari. Beberapa dari mereka memiliki waktu cukup padat untuk bergegas melakukan aktivitas seperti kerja hingga sekolah.

Di sisi lain, sebelum lari pagi, ada persiapan khusus yang perlu dilakukan supaya mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

Sebelum lari pagi, pastikan Anda melakukan pemanasan terlebih dahulu. Sebab, otot belum panas sama sekali selepas bangun tidur. 

Bola.com telah merangkum dari berbagai sumber, Senin (4/5/2020), manfaat lari pada pagi hari. Jadi, tak ada salahnya sekarang Anda bangun lebih pagi dan mulailah berlari.

2 dari 4 halaman

Tidur Nyenyak di Malam Hari

1. Tidur Nyenyak di Malam Hari

Dilansir dari Livestrong, olahraga ringan di pagi hari seperti lari akan membantu seseorang untuk tidur lebih nyenyak. Lari pagi berkontribusi lebih banyak terhadap kualitas tidur nyenyak daripada olahraga sore atau malam hari.

Tidur yang berkualitas adalah salah satu kunci hidup sehat dan Anda bisa mendapatkannya dari melakukan lari pagi secara rutin.

2. Meningkatkan Energi dan Stamina

Manfaat lari pagi yang selanjutnya adalah dapat membuat Anda lebih berenergi sepanjang hari. Lari di pagi hari bisa membuat otak lebih fokus dengan energi yang lebih tinggi dihasilkan.

Hal ini dapat membantu meningkatkan sistem kardiovaskular, daya tahan, dan stamina secara keseluruhan. Rutin lari pagi dapat meningkatkan energi dan mengurangi kelelahan, karena saat olahraga, oksigen dan nutrisi mengalir ke paru-paru dan jantung.

Ketika lari pagi, tubuh melepaskan hormon endorfin yang membantu mengangkat semangat, merasa tenang, segar, dan membuat Anda merasa positif pada diri sendiri.

3 dari 4 halaman

Menurunkan Berat Badan

3. Menurunkan Berat Badan

Lari pagi bisa menjadi olahraga alternatif dalam program diet. Dengan berlari, kalori dalam tubuh akan terbakar dan metabolisme dalam tubuh juga akan meningkat.

Selain itu, lari meningkatkan kesehatan jantung dan membantu mencegah obesitas. Sebuah studi menyatakan berolahraga selama 45 menit di pagi hari menurunkan nafsu makan yang dapat mencegah makan berlebihan.

4. Mencegah Penyakit Kanker

Lari pagi dapat menurunkan risiko berbagai jenis kanker. Dalam British Journal Of Cancer menyatakan bahwa lari pagi 5-6 jam seminggu akan mengurangi risiko terkena kanker usus besar hingga 24 persen.

Tak hanya itu, aktivitas fisik rutin dapat menurunkan risiko kanker lain, seperti kanker esofagus (42 persen), kanker hati (27 persen), kanker paru-paru (26 persen), kanker ginjal (23 persen), kanker lambung (22 persen), kanker darah myeloid leukemia (20 persen), kanker kepala dan leher (15 persen), dan kanker kandung kemih (13 persen).

5. Meningkatkan Kekuatan Tulang

Manfaat lari pagi mampu meningkatkan kekuatan tulang. Lari pagi dapat mencegah trauma dan cedera tulang.

Menjaga kepadatan tulang sangat penting untuk dilakukan. Hal ini dapat meningkatkan ketebalan tulang dan menangkal masalah seperti osteoporosis, osteoarthritis, dan rheumatoid arthritis.

4 dari 4 halaman

6. Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Lari pagi mampu memperkuat respons tubuh terhadap penyakit. Lari pagi bisa menghilangkan kelelahan, meningkatkan produksi sel darah putih dalam tubuh, dan membangun kekebalan.

Selain itu, lari pagi mampu meningkatkan metabolisme tubuh. Berlari juga dapat memicu pertumbuhan sel-sel pertahanan tubuh sehingga lari pagi setiap hari dapat meningkatkan sistem imun, dan Anda tidak mudah terserang penyakit.

Sumber: Berbagai sumber

Mau ikuti challenge 5 tahun Bola.com dengan hadiah menarik? Klik Tautan ini.

 

Video Populer

Foto Populer