Sukses


Termasuk Menjaga Kesehatan Kulit dan Mata, Ini 6 Manfaat Minyak Ikan

Bola.com, Jakarta - Minyak ikan adalah satu di antara banyak jenis suplemen makanan yang sering dikonsumsi. Hal tersebut karena kandungan dalam minyak ikan yang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan.

Untuk mendapatkan manfaat dari minyak ikan, sebenarnya Anda dapat langsung mengonsumsi berbagai macam jenis ikan berlemak. Namun, untuk memberi kemudahan, Anda dapat mengonsumsi melalui suplemen minyak ikan.

Sama halnya ikan, minyak ikan juga banyak mengandung asam lemak omega-3, yang memiliki berbagai manfaat dalam menjaga kesehatan tubuh dan otak.

Kandungan asam lemak omega-3 yang terkandung di dalam minyak ikan biasanya didapat dari berbagai jenis ikan berlemak, seperti salmon, sarden, dan ikan tuna.

Minyak ikan dapat ditemukan dengan mudah di pasaran, khususnya di apotek. Minyak ikan tersedia dalam bentuk tablet, cair, atau gel. Tidak ada dosis tertentu untuk mengonsumsi minyak ikan, namun disarankan 2-3 kali dalam sehari.

Ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi minyak ikan secara rutin, seperti dapat menurunkan risiko terkena asma dan menyehatkan jantung.

Bola.com telah merangkum dari beberapa sumber, 6 manfaat mengonsumsi minyak ikan bagi kesehatan tubuh, Rabu (6/5/2020),

2 dari 4 halaman

Menyehatkan Tulang dan Sendi

1. Menyehatkan Tulang dan Sendi

Masalah pada tulang atau sendi dapat mengganggu kegiatan sehari-hari. Dengan demikian, menjaga kesehatan tulang perlu dilakukan secara rutin.

Dalam usaha menjaga kesehatan tulang, Anda dapat mengonsumsi suplemen minyak ikan. Minyak ikan mengandung asam lemak omega-3 yang memiliki sifat antiinflamasi, yang dapat meringankan masalah pada tulang.

Asam lemak omega-3 pada minyak ikan dapat meringankan gejala rematik, seperti sendi yang kaku dan terasa nyeri. Selain itu, asam lemak DHA dan EPA, dapat menyehatkan tulang dengan cara meningkatkan kadar kalsium pada tulang.

2. Mengurangi Peradangan

Peradangan atau inflamasi merupakan reaksi wajar saat tubuh sedang berusaha melawan infeksi. Namun, jika peradangan atau inflamasi tersebut berlebihan, dan biasanya disebabkan oleh pola hidup tidak sehat, seperti kebanyakan merokok dan kelebihan berat badan, hal tersebut dapat membahayakan.

Anda dapat mengurangi peradangan yang terjadi pada tubuh dengan mengosumsi minyak ikan secara rutin. Minyak ikan memiliki sifat antiinflamasi, yang cukup ampuh untuk melawan berbagai racun yang menyebabkan peradangan.

3 dari 4 halaman

Membantu Menyehatkan Mata

3. Membantu Menyehatkan Mata

Asupan asam lemak omega-3 merupakan satu di antara sekian banyak nutrisi yang cukup penting untuk menjaga kesehatan mata agar tetap berada dalam kondisi prima.

Faktanya adalah, orang-orang yang tidak memiliki asupan omega-3 yang cukup, mempunyai risiko lebih tinggi terkena berbagai gangguan mata daripada mereka yang mengonsuminya secara rutin.

Seiring bertambahnya usia biasanya seseorang akan memiliki berbagai gangguan pada mata. Untuk mengurangi risikonya, Anda dapat mengonsumsi minyak ikan yang kaya omega-3.

4. Membantu Mengatasi Depresi

Gangguan depresi dapat berakibat pada kesehatan badan secara keseluruhan. Hal tersebut dapat membuat badan lemas dan menurunkan imun tubuh.

Berbagai penelitian yang dilakukan oleh para ahli mengatakan bahwa mereka yang mengalami depresi memiliki asupan omega-3 yang cukup rendah.

Dengan demikian, mengonsumsi minyak ikan yang kaya omega-3 dapat meringankan berbagai gejala depresi. Selain itu, asam lemak EPA yang terkandung dalam minyak ikan dapat membantu mengatasi depresi.

4 dari 4 halaman

Membantu Meredakan Asma pada Anak

5. Membantu Meredakan Asma pada Anak

Asma merupakan penyakit yang berkaitan langsung dengan sistem pernapasan. Penyakit asma dapat menyerang berbagai kalangan, tua maupun muda.

Asma biasanya ditandai dengan gejala sesak napas dan batuk. Untuk meredakan asma pada anak, Anda dapat memberikan mereka asupan minyak ikan dengan rutin.

Minyak ikan yang mengandung omega-3 bersifat antiinflamasi sehingga dapat membantu meredakan peradangan yang terjadi dalam saluran pernapasan dan mengurangi gejala asma.

6. Membantu Menjaga Kesehatan Kulit

Banyak orang, khususnya wanita, punya keinginan memiliki kulit sehat dan bersih. Mengonsumsi suplemen minyak ikan dapat membantu menyehatkan kulit.

Hal tersebut karena minyak ikan mengandung DHA yang dapat membantu kulit untuk tetap lembab dan menghindarkannya dari kulit kering.

Kandungan EPA pada minyak ikan juga dapat mengontrol jumlah minyak pada kulit sehingga dapat menghindarkan kulit dari timbulnya jerawat.

Sumber: Berbagai sumber

Video Populer

Foto Populer