Sukses


Mulai Yogurt hingga Jahe, 6 Jenis Makanan Ini Baik Dikonsumsi Penderita Diare

Bola.com, Jakarta - Diare merupakan masalah yang dapat terjadi pada semua orang, baik pria, wanita, tua, maupun muda. Diare dapat menganggu aktivitas keseharian.

Makanan yang dikonsumsi sehari-hari dapat dapat menjadi penyebab munculnya diare.

Mengonsumsi makanan yang tidak bersih maupun tidak membilas tangan sebelum menggunakannya untuk makan, dapat membuat bakteri masuk ke usus dan menyebabkan diare.

Selain itu, diare biasanya bisa disebabkan konsumsi obat-obatan tertentu yang dapat menyebabkan alergi, sehingga penting dilakukan untuk melihat kandungan di dalam obat sebelum mengonsumsinya.

Diare memiliki gejala seperti perubahan frekuensi buang air besar. Perut yang mengalami kram dan terasa sakit juga dapat menjadi gejala munculnya diare.

Itulah mengapa, memperhatikan makanan yang dikonsumsi setiap hari dapat menurunkan risiko terkena diare, yang sewaktu-waktu dapat menghampiri kita karena kondisi makanan yang tidak higienis.

Untuk menyembuhkan diare, bisa menggunakan obat atau suplemen pereda diare. Namun ,terkadang obat dan suplemen yang dikonsumsi tersebut mengandung bahan kimia yang dapat memberikan efek samping tidak baik.

Untuk meredakan gejala diare dapat dilakukan dengan bahan alami. Anda dapat mengonsumsi berbagai macam jenis makanan yang kaya akan kandungan nutrisi dan serat.

Berikut Bola.com merangkum dari berbagai sumber, enam jenis makanan yang baik dikonsumsi penderita diare.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Yogurt

1. Yogurt

Yogurt merupakan produk olahan dari susu yang memiliki kandungan probiotik cukup tinggi. Mengonsumsi yogurt dapat mengurangi gejala diare.

Probiotik yang terkandung dalam yogurt merupakan bakteri baik, yang membantu menghilangkan bakteri jahat di dalam usus yang biasanya menyebabkan diare.

2. Jahe

Jahe telah dikenal lama mejadi ramuan atau obat-obatan herbal yang cukup ampuh dalam mengatasi berbagai masalah, beberapa di antaranya meredakan mual dan diare.

Mengonsumsi jahe dapat mengurangi pertumbuhan bakteri jahat yang dapat menimbulkan diare dan sakit perut. Selain itu zat bioaktif dalam jahe dapat menurunkan risiko terkena masalah pencernaan.

3 dari 4 halaman

Pisang

3. Pisang

Pisang sering dikonsumsi banyak orang saat mengalami diare. Hal tersebut karena pisang mengandung banyak serat dan nutrisi yang dapat mudah larut melalui usus.

Serat dan nutrisi dalam pisang dapat meringankan berbagai gejala diare dengan melarutkan bakteri yang berada di dalam usus dan dikeluarkan saat buang air besar.

Selain itu, serat larut yang terdapat pada pisang dapat membantu menyehatkan saluran pencernaan.

4. Kentang Tumbuk

Kentang yang dimasak dengan direbus lalu ditumbuk dapat membantu meredakan masalah yang terjadi saat diare muncul. Hal tersebut karena dalam kentang tumbuk mengandung potasium dan pati resisten.

4 dari 4 halaman

Oatmeal

5. Oatmeal

Oatmeal biasanya dikonsumsi saat waktu sarapan di pagi hari. Hal itu karena oatmeal mudah disajikan dan tidak perlu membutuhkan waktu lama untuk membuatnya.

Saat mengalami diare, mengonsumsi oatmeal dapat membantu meredakan berbagai gejala diare. Hal itu karena oatmeal mengandung banyak serat yang dapat membantu menyehatkan usus dari serangan bakteri penyebab diare.

6. Kaldu Daging

Kaldu daging yang biasanya ditemui pada berbagai macam masakan yang berkuah dapat membantu dalam meredakan dan menyembuhkan diare.

Kaldu daging dapat menggantikan natrium dan cairan yang hilang saat buang air besar yang dilakukan terus menerus saat diare. Selain itu, beberapa asam amino yang terdapat pada kaldu daging dapat meredakan diare.

Sumber: Berbagai sumber

Video Populer

Foto Populer