Sukses


5 Manfaat Ampas Kopi yang Jarang Diketahui

Bola.com, Jakarta Biasanya, orang-orang akan membuang ampas kopi setelah meminum. Ternyata, ampas kopi memiliki manfaat yang tak terduga dan mungkin jarang diketahui sebagian dari Anda.

Ampas kopi memiliki beragam manfaat, mulai untuk kesehatan, tumbuhan, hingga untuk kebutuhan sehari-hari.

Ampas kopi bisa menjadi solusi alternatif untuk mengatasi permasalahan kulit. Ampas kopi juga dipercaya bisa merawat kesehatan kulit.

Selain itu, ampas kopi juga bisa digunakan untuk membantu berbagai hal yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.

Jadi, yang doyan ngopi, ayo mulai sekarang manfaatkan ampas kopi.

Berikut Bola.com merangkum dari berbagai sumber, manfaat ampas kopi yang jarang diketahui, Sabtu (9/8/2020).

2 dari 3 halaman

Mengatasi Sel Kulit Mati

1. Mengatasi Sel Kulit Mati

Ampas kopi dipercaya mampu mengatasi sel kulit mati. Beraga kandungan yang ada di dalam ampas kopi dapat membuat kulit menjadi lebih sehat.

Ampas kopi memiliki sifat antioksidan dan zat asam caffeic yang dapat meningkatkan kadar kolagen dan mengurangi penuaan dini pada sel-sel di kulit. Selain itu, sifat antimikroba pada ampas kopi juga dapat membantu melindungi kulit terhadap kuman.

2. Melindungi Kulit Dari Sinar Matahari

Sering terpapar sinar UV akan menimbulkan bercak bintik hitam di kulit. Bercak bintik hitam tersebut mudah muncul di area wajah.

Ampas kopi memiliki manfaat baik untuk melindungi kulit dari sinar UV berlebih. Zat polifenol yang ada di dalam ampas kopi mampu mengurangi bercak akibat penuaan karena terkena sinar UV.

3. Mengatasi Kantung Mata Membengkak

Pola hidup tidak sehat akan memicu timbulnya mata bengkak. Beragam penyebabnya adalah alergi, infeksi, mengonsumsi makanan atau minuman tidak sehat, dan dehidrasi.

Anda bisa menggunakan ampas kopi untuk mengurangi pembengkakan temporer di sekitar mata. Zat asam klorogenik yang terkandung akan membantu proses penyembuhan pada mata Anda.

3 dari 3 halaman

Merawat Rambut

4. Merawat Rambut

Manfaat ampas kopi selanjutnya adalah untuk merawat rambut Anda. Ampas kopi bisa dijadikan scrub alami untuk membersihkan kulit kepala yang kotor akibat debu dan ketombe.

Ampas kopi juga bisa membuat rambut berkilau. Perlu diketahui, rambut yang memiliki kadar pH lebih tinggi gampang kusam, keriting dan rusak.

Selain itu, ampas kopi juga bisa sebagai bahan alami untuk merangsang pertumbuhan rambut. Zat kafein yang ada di dalam ampas kopi terbukti mampu memperkuat akar rambut, memperpanjang pertumbuhan rambut, hingga mampu memproduksi keratin rambut lebih banyak yang berguna untuk pertumbuhan.

Cara pengaplikasiannya pun tidak rumit. Bilas rambut dengan kopi bersuhu normal kemudian gosok menggunakan ampas kopi. Ampas kopi sebagai alternatif untuk merawat kulit kepala dan mengatasi masalah rambut.

5. Obat Jerawat

Ampas kopi dapat membantu Anda dalam mengatasi jerawat. Ampas kopi memiliki sifat antioksidan, stimulan, dan zat asam klorogenat yang efektif melawan jerawat.

Menggosokan ampas kopi pada area wajah dapat membantu membersihkan sel-sel kulit mati dan membuka pori-pori wajah.

Sumber: Berbagai Sumber

Video Populer

Foto Populer