Sukses


Mampu Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker, ini 6 Manfaat Markisa bagi Kesehatan

Bola.com, Jakarta - Markisa merupakan satu di antara jenis buah yang memiliki banyak kandungan nutrisi. Buah ini cukup terkenal dan menjadi favorit banyak orang di seluruh dunia.

Markisa dapat dikonsumsi dengan berbagai cara. Secara langsung dengan mengupas kulitnya atau membuatnya sebagai jus yang menyegarkan.

Buah yang berbentuk bulat ini memiliki cita rasa yang sedikit khas, dengan rasanya yang sedikit asam dan juga manis, menjadikannya sebagai buah favorit banyak orang.

Pohon markisa dapat tumbuh dengan subur di dataran tinggi yang memiliki suhu dingin. Namun, dengan perawatan khusus, markisa juga dapat tumbuh di dataran yang lebih rendah.

Markisa memiliki nama latin passiflora quadrangularis. Ada dua jenis markisa yang dapat ditemukan di Indonesia, yaitu markisa berwarna kuning dan markisa ungu.

Seperti berbagai jenis buah lainnya, markisa memiliki berbagai macam kandungan nutrisi, antara lain vitamin A, vitamin C, serat, dan berbagai macam mineral, seperti kalium dan zat besi.

Markisa juga mengandung berbagai nutrisi lain dalam jumlah lebih kecil seperti fosfor, vitamin B6, riboflavin, magnesium, dan folat

Untuk mendapatkan manfaatnya, usahakan mencari buah markisa yang masih dalam keadaan segar dan tidak disimpan di dalam lemari es dalam waktu. lama.

Ada berbagai manfaat yang bisa didapatkan dengan mengonsumsi markisa secara rutin.

Bola.com telah merangkum dari berbagai sumber, Senin (18/5/2020), enam manfaat buah markisa bagi kesehatan.

2 dari 4 halaman

Menurunkan Berat Badan

1. Menurunkan Berat Badan

Jus markisa dapat Anda masukan ke menu diet jika sedang ingin menurunkan berat badan. Markisa mengandung kalori yang cukup rendah, di lain sisi, buah ini memiliki kandungan serat yang cukup tinggi sehingga dapat membuat perut merasa kenyang lebih lama dan mengurangi makan berlebihan.

Anda dapat mengonsumsi buah markisa secara langsung atau membuatnya sebagai jus, dan mengonsumsinya di pagi hari sebelum melakukan sarapan pagi.

2. Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Penyakit kanker merupakan penyakit yang perlu diwaspadai setiap orang. Penting untuk mengetahui bagaimana cara menurunkan risiko terkena kanker.

Ada berbagai cara alami yang bisa digunakan untuk menurunkan risiko terkena berbagai macam jenis kanker, satu di antaranya mengonsumsi buah markisa.

Buah markisa memiliki kandungan antioksidan tinggi, yang dapat menangkal radikal bebas yang biasanya menjadi pemicu tumbuhnya sel kanker di dalam tubuh.

Selain itu, kandungan polifenol di dalam buah markisa dipercaya dapat membantu membunuh sel kanker yang dapat menyebabkan munculnya berbagai macam penyakit kanker.

3 dari 4 halaman

Menyehatkan Sistem Pencernaan

3. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Mengalami kesulitan buang air besar atau sembelit, terkadang dapat membuat perut menjadi keras dan terasa sakit, yang pada akhirnya dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Saat mengalami sembelit, Anda dapat menggunakan buah markisa untuk meredakan masalah tersebut. Hal itu karena di dalam buah markisa terkandung serat yang cukup tinggi dan dapat melancarkan sistem pencernaan.

Biji buah markisa juga mengandung serat yang cukup tinggi. Serat tersebut dapat membantu usus untuk menyerap air, yang pada akhirnya membuat sistem pencernaan menjadi lebih sehat.

4. Mengobati Insomnia

Mengalami insomnia sangat menjengkelkan, karena kekurangan tidur dapat membuat seseorang rentan terkena berbagai macam penyakit.

Saat sering mengalami insomnia, konsumsilah buah markisa. Buah ini dapat membantu saraf menjadi lebih rileks dan tenang, sehingga membuat Anda lebih mudah tertidur.

Untuk mendapatkan manfaatnya, carilah buah markisa segar, dan konsumsilah buahnya secara langsung atau membuatnya sebagai jus satu jam sebelum waktu tidur.

4 dari 4 halaman

Menguatkan Daya Tahan Tubuh

5. Menguatkan Daya Tahan Tubuh

Berbagai jenis buah yang mengandung vitamin C termasuk markisa, dapat membantu dalam menguatkan daya tahan tubuh, yang pada akhirnya menghindarkan tubuh dari berbagai macam penyakit.

Buah markisa juga kaya beta karoten dan antioksidan dan memiliki manfaat menguatkan sistem imun tubuh secara keseluruhan. Memiliki daya tahan tubuh yang kuat, dapat menghindarkan kita dari serangan flu dan demam.

Anda dapat mengonsumsi buah markisa setiap hari sebagai bahan makanan penguat daya tahan tubuh.

6. Menjaga Kadar Gula Darah

Memiliki kadar gula darah yang terkontrol dapat menghidarkan kita dari berbagai macam penyakit berbahaya, seperti diabetes dan penyakit jantung.

Buah markisa dapat dengan efektif membantu menjaga kadar gula dalam darah sehingga tidak mudah melonjak. Hal itu karena buah ini memiliki indeks glikemik yang rendah.

Selain itu, sifat antioksidan pada markisa dapat membantu mengontrol kadar gula darah agar tetap stabil. Konsumsilah buah markisa segar sebelum menyantap hidangan utama.

Sumber: Berbagai sumber

Video Populer

Foto Populer