Sukses


Perlu Dihindari, 5 Jenis Makanan Ini Dapat Menyebabkan Diare

Bola.com, Jakarta - Diare adalah satu di antara gangguan kesehatan pada perut, yang dapat menganggu aktivitas sehari-hari. Saat diare, membuat pengidapnya mengunjungi toilet lebih sering dari biasanya.

Gangguan kesehatan ini dapat dialami semua kalangan, tidak peduli tua, muda, pria maupun wanita. 

Diare ditandai dengan feses yang lebih encer daripada biasanya, sehingga membuat para pengidap diare sering melakukan buang air besar.

Hal ini berkaitan dengan apa yang seseorang konsumsi setiap harinya. Ada beberapa jenis makanan yang perlu dihindari konsumsinya secara berlebihan agar tidak terkena diare.

Diare biasanya dapat terjadi karena makanan yang dikonsumsi menghambat usus dalam menyerap, atau rmelukai dinding usus dan lambung.

Hal tersebut dapat terjadi kapan saja, khususnya saat kondisi perut atau lambung dalam keadaan kosong tidak terisi makanan.

Untuk menghindarinya, Anda harus selalu mengontrol atau memerhatikan asupan makanan yang masuk ke tubuh Anda setiap harinya.

Ada beberapa makanan yang dapat menyebabkan munculnya diare dan perlu Anda hindari, satu di antaranya adalah makanan pedas.

Berikut Bola.com merangkum dari berbagai sumber, lima jenis makanan yang dapat menyebabkan diare, Senin (18/5/2020).

2 dari 7 halaman

Makanan Pedas

Makanan pedas mungkin menjadi satu di antara berbagai jenis makanan favorit bagi sebagian orang di Indonesia, bahkan terkadang ada anggapan belum makan jika tidak mengonsumsi makanan pedas.

Namun, mengonsumsi makanan pedas khususnya pada saat perut dalam keadaan kososng, dapat menimbulkan diare. Anda perlu menghindari mengonsumsi makanan pedas secara berlebihan di saat perut dalam keadaan kosong.

Hal ini karena mengonsumsi makanan pedas secara berlebihan dapat membuat iritasi pada sistem pencernaan, yang mengakibatkan sakit perut dan diare.

3 dari 7 halaman

Makanan Dengan Pemanis Buatan

Makanan yang mengandung pemanis buatan, seperti minuman bersoda dan berbagai minuman kemasan lainnya, dapat menyebabkan timbulnya diare.

Kandungan pemanis buatan seperti sakarin dan aspartam dapat mengganggu sistem pencernaan, yang pada akhirnya dapat menyebabkan diare dan perut keram.

Untuk menghindarinya, kurangi mengonsumsi minuman yang mengandung pemanis buatan, dan menggantinya dengan minuman yang memiliki pemanis alami seperti jus buah-buahan.

4 dari 7 halaman

Kopi

Kopi menjadi satu di antara minuman favorit banyak kalangan. Dengan aromanya yang khas dan cita rasa yang beragam, membuat kopi sering diminum oleh banyak orang.

Namun, meminum secangkir kopi saat perut atau lambung dalam keadaan kosong, dapat meningkatkan kadar asam lambung, yang dapat menyebkan timbulnya penyakit maag dan diare.

Kandungan asam dan zat kafein yang ada dalam kopi dapat membuat iritasi pada dinding lambung jika dikonsumsi saat perut atau lambung dalam keadaan kosong.

5 dari 7 halaman

Buah-buahan Asam

Buah-buahan yang memiliki rasa cukup asam seperti jeruk, dapat menyebabkan seseorang mengalami diare, jika mengonsumsinya saat perut dalam keadaan kosong.

Zat asam pada buah-buahan dapat menyebabkan meningkatnya asam lambung dan dapat mengiritasi dinding lambung, yang pada akhirnya dapat menimbulkan diare.

Saran bagi Anda, untuk mengisi perut dengan mengonsumsi makanan berat seperti nasi atau kentang terlebih dahulu, sebelum mengonsumsi buah-buahan asam seperti jeruk.

6 dari 7 halaman

Produk Olahan Susu

Hindari mengonsumsi produk olahan susu seperti keju, yoghurt, dan juga susu segar. Jenis makanan tersebut mengandung laktosa yang dapat memperparah gejala diare.

Saat seseorang mengalami diare, perut akan kehilangan enzim laktase yang bertugas mencerna laktosa. Akibatnya, jenis-jenis makanan tersebut masuk ke tubuh tanpa dicerna dengan baik dan membuat diare menjadi lebih parah.

Dalam keadaan normal pun, produk olahan susu juga dapat mengakibatkan diare jika dikonsumsi saat perut atau lambung dalam keadaan kosong.

7 dari 7 halaman

Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol seperti bir dan wine jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menimbulkan beberapa penyakit atau gangguan kesehatan, satu di antaranya diare.

Minuman beralkohol yang dikonsumsi terlalu banyak dapat menyebabkan percepatan kontraksi usus. Akibatnya, cairan yang dikonsumsi tidak dapat diserap dengan baik, dan menyebabkan diare.

Ada baiknya Anda mengurangi porsi minuman beralkohol, atau pastikan perut Anda terisi oleh makanan sebelum mengonsumsi minuman beralkohol agar Anda tidak terserang diare.

Sumber: Berbagai sumber

Video Populer

Foto Populer