Sukses


35 Kata-kata Mutiara tentang Tolong Menolong, Renungan Pentingnya Membantu Sesama

Bola.com, Jakarta. - Kata-kata mutiara saling tolong menolong bisa menjadi renungan untuk membantu sesama. Sebagai makhluk sosial, manusia tidak dapat hidup sendiri.

Hal itu berarti manusia saling membutuhkan satu sama lain. Manusia secara tidak langsung juga mempunyai hubungan timbal balik dengan manusia lainnya.

Membantu sesama sudah menjadi hal yang lumrah, bahkan diwajibkan dalam setiap agama yang ada di muka bumi. Bukan semata-mata untuk menjalankan perintah agama saja, menolong sesama juga mengasah naluri kita sebagai makhluk sosial.

Tolong menolong tak hanya sebatas ucapan di bibir saja, tetapi perlu diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Setiap manusia wajib untuk menolong orang-orang terdekat di sekitar yang membutuhkan.

Dengan memiliki sikap saling tolong menolong, pekerjaan sesulit apa pun akan bisa teratasi. Namun, untuk memiliki sikap saling tolong menolong memerlukan proses dan kepekaan.

Di sisi lain, ada banyak kata-kata mutiara tolong menolong yang bisa menjadi renungan agar memiliki sikap saling membantu antarsesama manusia.

Berikut ini kata-kata mutiara tolong menolong, seperti dilansir dari Lampiran Kata-Kata dan Jagokata, Senin (13/7/2020). 

2 dari 5 halaman

Kata-kata Mutiara tentang Tolong Menolong

1. "Kamu tak butuh uang untuk membantu orang lain, kamu hanya membutuhkan hati untuk membantu mereka."

2. "Mari saling telong-menolong satu sama lain untuk menggapai surga. Jangan malah menjatuhkan orang lain saat kamu sedang berjaya. Justru sebaliknya, raihlah tangan mereka dan bantu mereka yang tengah jatuh di saat kamu sedang berjaya."

3. "Duduk bersama dengan orang yang kurang mampu dan kurang beruntung bisa menghilangkan rasa egois dan kesombongan di dalam hatimu."

4. "Allah senantiasa menolong seorang hamba, selama hamba tersebut menolong saudara-saudaranya yang lain."

5. "Dan tolong-menolonglah kamu dalam kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam perbuatan dosa dan pelanggaran.

6. "Selama kamu masih berdiri, cobalah untuk ulurkan tangan kepada orang-orang yang sedang jatuh."

7. "Tolonglah diri kamu sendiri, jadikan dirimu merupakan pribadi yang hebat sehingga semakin banyak orang yang bisa kamu tolong."

8. "Tolong-menolong merupakan ciri-ciri yang menjadikan diri kita menjadi kian kuat dan kukuh."

9. "Tolong-menolong membuat hidup penuh dengan kemudahan, menjadikan hidup penuh dengan kebajikan."

10. "Ikhlas dalam menolong, perbesar bantuan dalam menolong dan perbanyak jumlah pertolongan yang kamu berikan."

3 dari 5 halaman

Kata-kata Mutiara tentang Tolong Menolong

11. "Saling tolong-menolong bisa mendatangkan suatu keajaiban, ialah cahaya di alam yang penuh dengan kegelapan."

12. "Saat Anda menolong orang lain, maka Anda akan merasakan sensasi kebahagiaan tersendiri di dalam jiwa."

13. "Saat kamu terbiasa menolong seseorang, maka kamu akan menemukan begitu banyak orang yang bersedia menolong kamu setiap saat."

14. "Setiap pertolongan yang ikhlas akan terasa berkesan, walau hanya pertolongan yang tak berarti."

15. "Tolong-menolong merupakan sifat yang bisa membuat diri kita sukses dalam menghadapi berbagai macam masalah di masa lalu, karena setiap manusia butuh pertolongan."

16. "Tanpa adanya pertolongan dari orang lain, kamu tak akan meraih apa-apa. Tanpa kamu menolong orang lain, kamu tak akan merasa mendapat apa-apa."

17. "Masalah bisa terasa sangat berat saat tak ada yang bersedia menolongmu. Apabila kamu selalu menolong seseorang, masalah akan menjadi ringan karena tentu akan ada banyak yang bersedia membantumu."

18. "Kesuksesan terbesar yang akan kita ketahui ialah membantu orang lain sukses dan bisa menjadi sosok yang berkembang."

19. "Saat kamu membutuhkan bantuan seseorang, bantulah mereka tanpa harus mengharap imbalan apa pun. Allah yang akan membuatmu merasakan kebutuhan orang tersebut."

20. "Seorang muslim tak akan pernah meninggalkan muslim yang lain yang sedang tak berdaya saat dibutuhkan."

4 dari 5 halaman

Kata-kata Mutiara tentang Tolong Menolong

21. "Bukanlah seorang mukmin yang tidur dalam keadaan kenyang, sementara tetangga yang berada di sebelahnya sedang kelaparan."

22. "Orang mukmin dengan mukmin yang lain ibaratkan sebuah bangunan, sebagia menguatkan sebagian yang lain."

23. "Kita semua orang yang lemah, tapi saat kita saling tolong-menolong, kita bisa saling menguatkan."

24. "Menolong orang lain bisa membuat hatimu menjadi lebih damai, mampu memberikan jiwa rasa gembira, memberikan perasaan kepuasan."

25. "Orang yang terbiasa menolong orang lain di saat yang sama, akan terbiasa ditolong oleh orang lain."

26. "Selama masih ada orang yang ikhlas membantu orang lain, selama itu juga masih ada harapan untuk dunia yang lebih damai."

27. "Tolonglah seseorang, bagaikan kamu sedang menolong dirimu sendiri."

28. "Orang yang terbiasa menolong, bisa memperoleh kehormatan sejati di mata orang-orang."

29. Bantulah diri kamu sendiri sehingga kamu memiliki tenaga yang cukup untuk membantu lebih banyak orang.

30. "Sembahyang itu bisa mendorong seluruh hatimu untuk menolong orang lain. Itulah inti pergi ke masjid, gereja, wihara, kuil, dan sebagainya." - Sujiwo Tedjo

 

5 dari 5 halaman

Kata-kata Mutiara tentang Tolong Menolong

31. "Kebanyakan orang merasa sukses itu adalah hasil jerih payah diri sendiri, tanpa campur tangan Tuhan mengingat Tuhan adalah sebagai ibadah vertikal dan menolong sesama sebagai ibadah horizontal." - Bob Sadino

32. "Dengan menolong diri sendiri, akan dapat menolong orang lain dengan lebih sempurna." - Raden Adjeng Kartini

33. "Kakak beradik - entah itu saudara tiri, setengah saudara, atau saudara kandung sepenuhnya - kakak beradik harus saling menolong." - Gregory Maguire

34. "Tujuan utama kita dihidup ini adalah untuk menolong orang lain. Dan jika kamu tidak bisa menolong mereka, paling tidak jangan menyakiti mereka." -Dalai Lama XIV

35. "Menolong orang tidak perlu diiming-imingi 'nanti dapat pahala dan rezeki berlipat ganda' karena ketulusan tidak mengharapkan imbalan." - Fiersa Besari

 

Sumber: Lampiran Kata-Kata, Jagokata

Video Populer

Foto Populer