Sukses


8 Manfaat Protein bagi Kesehatan yang Penting Diketahui

Bola.com, Jakarta - Protein merupakan satu di antara nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh karena manfaatnya. Mulai membantu sistem kekebalan tubuh hingga menjadi bahan pembentukan sel dan jaringan tubuh.

Protein juga dibutuhkan untuk memproduksi hormon, enzim, hingga berbagai jenis zat kimia lainnya. Tanpa protein, banyak gangguan kesehatan yang mengintai, pembengkakan bagian tubuh, perubahan suasana hati yang tak menentu, hingga lemah lesu.

Mengonsumsi protein harus seimbang sesuai kebutuhan normal manusia per hari. Protein terdiri dari sejumlah asam amino yang diperlukan agar tubuh berfungsi dengan baik.

Sejumlah makanan diyakini memiliki kandungan protein yang tinggi, seperti dada ayam, oats, telur, daging sapi, ikan, hingga udang.

Protein tidak hanya bisa kamu dapatkan dari sumber makanan daging. Kamu juga bisa mendapatkannya dari biji-bijian dan kacang-kacangan seperti, kacang almond, biji gandum, biji kinoa, atau olahan susu.

Kamu bisa mendapatkan manfaat protein dengan mengonsumsi makanan yang mengandung protein tersebut secara rutin.

Berikut ini beberapa manfaat protein bagi kesehatan tubuh, dirangkum dari Healthline dan Klik Dokter, Rabu (29/7/2020).

2 dari 4 halaman

Manfaat Protein bagi Kesehatan Tubuh

1. Sebagai sumber energi

Energi adalah komponen utama yang dibutuhkan agar manusia dapat terus bergerak dan beraktivitas menjalankan kewajiban sehari-hari. Protein merupakan satu di antara sumber energi yang penting untuk tubuh.

Manfaat protein sama seperti karbohidrat dan lemak. Jika kamu mengonsumsi lebih banyak protein daripada yang dibutuhkan tubuh untuk perawatan jaringan dan fungsi penting lainnya, tubuh akan mengalihkan kelebihan protein itu dalam bentuk lemak.

Hal ini  akan menjadi sumber energi cadangan untuk tubuh. Jika kamu kekurangan protein dalam jangka panjang bisa menyebabkan kwashiorkor dan malnutrisi energi protein.

2. Menjaga kesehatan tulang

Mengonsumsi makanan sumber protein memiliki manfaat yang cukup besar bagi kesehatan tulang. Rutin mengonsumsi banyak protein cenderung menjaga massa tulang lebih baik seiring bertambahnya usia.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa partisipan yang mengonsumsi lebih banyak protein, terhindar dari risiko osteoporosis dan patah tulang di usia lanjut.

Terutama jika kamu seorang wanita. Sebab, menopause bisa meningkatkan risiko osteoporosis.

Selain itu protein juga dapat mengobati tulang yang patah.

3. Meningkatkan massa dan kekuatan otot

Manfaat selanjutnya dari protein adalah bisa meningkatkan massa otot-otot pada tubuh. Mengonsumsi protein secara rutin bisa mempertahankan massa otot dan meningkatkan kekuatan otot saat melakukan latihan fisik.

Selain itu, protein dapat membantu menjaga jaringan tubuh yang sehat seperti ligamen dan tendon. Tentu saja mengonsumsi protein sangat dibutuhkan bagi kamu yang suka latihan angkat beban di gym.

Manfaat protein sangat dibutuhkan untuk membantu membesarkan muscle goals.

3 dari 4 halaman

Manfaat Protein bagi Kesehatan Tubuh

4. Sebagai pembentuk antibodi

Antibodi dibentuk oleh protein untuk membantu mencegah serangan penyakit dan infeksi pada tubuh. Protein bisa mengidentifikasi dan membantu untuk menghancurkan antigen seperti bakteri maupun virus.

Antibodi sering kali bekerja bersama sel sistem kekebalan lainnya. Antibodi akan mengidentifikasi kemudian mengelilingi antigen agar tetap bisa terkurung hingga bisa dihancurkan sel darah putih.

5. Membantu metabolisme tubuh

Fungsi lain dari protein adalah membantu mengatur metabolisme tubuh dan merangsang pembakaran lemak. Mengonsumsi makanan berprotein tinggi cocok bagi mereka yang sedang diet karena meningkatnya aktivitas pembakaran lemak dalam tubuh.

Penelitian menyatakan bahwa mengonsumsi makanan berprotein tinggi secara rutin dapat membakar sekitar 80-100 kalori per hari. Bahkan, sebuah penelitian lain membuktikan bahwa mengonsumsi makanan berprotein tinggi secara rutin mampu membakar 260 kalori per hari atau sama dengan latihan kardio selama satu jam penuh.

6. Pembentukan hormon

Protein berfungsi untuk membantu organ vital lain dalam proses pembuatan hormon di dalam tubuh. Hormon bertugas untuk mengirimkan sinyal dan mengatur proses biologis antara sel, jaringan, dan organ.

Sebagai contoh hormon ialah insulin. Hormon ini mampu mengatur gula darah yang ada dalam tubuh. Proses pembuatan insulin akan melibatkan interaksi antara organ pankreas dan hati.

Hormon lainnya adalah secretin. Hormon secretin bisa membantu proses pencernaan dengan merangsang pankreas dan usus untuk menciptakan cairan yang diperlukan selama proses pencernaan berlangsung.

4 dari 4 halaman

Manfaat Protein bagi Kesehatan Tubuh

7. Meningkatkan kesehatan jantung

Protein juga penting untuk memelihara kesehatan jantung. Protein dapat memberikan perlindungan khusus dengan menstabilkan kandungan kolesterol dalam tubuh yang didapatkan dari makanan.

Ada beberapa hal yang sangat berbahaya bagi kesehatan jantung, seperti masalah diabetes dan obesitas.

Selain itu, rutin mengonsumsi protein mampu mengurangi kandungan kolesterol jahat (LDL) pada tubuh, yang merupakan penyebab obesitas. Hal ini dapat membantu menjaga kondisi kesehatan jantung.

8. Mengurangi rambut rontok

Bagi kamu yang sedang mengalami masalah kerontokan pada rambut, protein bisa menjadi solusi. Tak sedikit orang memiliki masalah rambut rontok, terutama kaum wanita.

Masalah ini memiliki berbagai penyebab, mulai faktor keturunan, ketidakseimbangan hormon, kurang aktifnya kelenjar tiroid, kekurangan zat gizi tertentu, kanker, stres, hingga salah memilih shampo atau perawatan rambut lainnya.

Rutin mengonsumsi protein bisa mengurangi keluhan tersebut. Zat ini adalah satu di antara nutrisi penting yang diperlukan untuk pertumbuhan rambut.

Protein cukup berguna untuk menguatkan rambut dan mendorong pertumbuhan rambut.

 

Sumber: Healthline, Klik Dokter

Video Populer

Foto Populer