Sukses


5 Manfaat Kunyit Putih, Mengurangi Nyeri Sendi dan Peradangan

Bola.com, Jakarta - Kunyit merupakan satu di antara jenis rempah-rempah yang sering digunakan oleh orang Asia, khususnya Indonesia, sebagai ramuan obat atau campuran dalam memasak.

Ada beberapa jenis kunyit, dan mungkin yang paling populer adalah kunyit kuning, yang sering dijadikan sebagai ramuan tradisional. Namun, ada jenis lain dari rempah in, yaitu kunyit putih.

Kunyit putih memang sedikit kurang populer dari kunyit kuning, tetapi khasiatnya tidak kalah ampuh.

Rempah yang memiliki nama ilmiah Zedoaria atau Curcuma Zedoaria ini setiap bagiannya berbentuk akar dan dapat dimanfaatkan sebagai ramuan kesehatan.

Kunyit putih tumbuh subur di berbagai daerah di Asia khususnya Indonesia, India, dan Thailand. Namun, seiring berjalannya waktu tanaman ini juga telah dibudidayakan di daratan Eropa.

Untuk mendapatkan khasiatnya sebagai rempah, Andaa dapat mengonsumsinya dalam bentuk ekstrak atau menyeduhnya dengan air panas.

Anda juga dapat mencampurkan kunyit putih ke dalam masakan. Selain dapat menambah cita rasa, hal tersebut juga dapat bermanfaat bagi kesehatan.

Jika penasaran sebenarnya apa saja manfaat dari kunyit putih ini, berikut lima manfaat kunyit putih, seperti disadur dari Liputan6, Rabu (5/8/2020).

2 dari 6 halaman

Obat Alergi Alami

Kunyit putih berkhasiat membantu mengurangi dan bahkan mengobati alergi yang sedang dialami karena berbagai hal.

Hal ini karena kandungan curcuminoids dalam kunyit putih dapat secara langsung mengobati alergi, contohnya alergi akibat gigitan serangga tertentu.

Efek curcuminoids dalam kunyit putih sama ampuhnya dengan antihistamin sebagai obat alergi, yang biasanya mencegah aktivitas protein berlebih yang dapat menyebabkan peradangan dan memicu munculnya alergi.

3 dari 6 halaman

Mencegah Mikroba dan Jamur

Selain dapat mengobati alergi yang disebabkan oleh berbagai hal, kunyit putih ampuh mencegah jamur dan mikroba yang berkembang dalam tubuh.

Jamur dan mikroba yang berkembang dalam tubuh dan tidak segera ditangani akan menyebabkan berbagai masalah kesehatan, satu di antaranya sakit perut yang berkepanjangan.

Dengan mengonsumsi ekstrak kunyit putih secara rutin, Anda dapat mengurangi penyakit yang disebabkan oleh mikroba dan jamur seperti diare, sepsis, dan keracunan makanan.

Anda juga dapat menjadikan kunyit putih sebagai obat kumur, yang dapat mencegah tumbuh berkembangnya jamur di dalam mulut.

4 dari 6 halaman

Mengobati Sakit Maag

Penyakit maag biasanya muncul karena luka yang terjadi pada dinding lambung dan mengakibatkan infeksi yang menimbulkan rasa sakit di bagian perut.

Ada berbagai cara untuk menyembuhkan penyakit yang satu ini, mulai menggunakan obat kimia hingga obat herbal yang alami dan aman.

Ada satu obat herbal yang cukup ampuh dapat meredakan gejala maag, yakni kunyit putih, yang dapat menangkal bakteri penyebab munculnya penyakit maag.

Cara menggunakannya pun juga mudah, seduh ekstrak dari kunyit putih dengan air hangat dan diminum ketika gejala penyakit maag mulai muncul.

5 dari 6 halaman

Mengurangi Nyeri Sendi dan Peradangan

Kunyit putih memiliki sifat diuretik, yang berfungsi mengeluarkan berbagai zat racun dalam tubuh yang biasanya menjadi penyebab munculnya berbagai masalah kesehatan.

Beberapa zat beracun yang ada dalam tubuh tersebut biasanya juga menjadi penyebab munculnya nyeri sendi yang sering dirasakan.

Kunyit putih juga mengandung sifat anti-inflamasi yang bertugas mengurangi peradangan, yang juga dapat menyebabkan timbulnya nyeri sendi.

6 dari 6 halaman

Mencegah Kanker

Kunyit putih telah lama dipercaya dapat menyembuhkan atau mengurangi gejala timbulnya kanker, hal itu karena di dalam kunyit putih terkandung kurkuminoid, flavonoid, dan demothxycurcumin.

Kunyit putih juga mengandung senyawa Ribosom Inacting Protein, yang bertugas mengancurkan atau memblokir pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Fakhriyan Ardyanto, Editor: Tiyas Titi Kinapti. Published: 2/5/2020)

Video Populer

Foto Populer