Sukses


21 Kata-kata Mutiara Kemerdekaan Indonesia, Bangkitkan Nasionalisme dan Patriotisme

Bola.com, Jakarta - Indonesia memperingati Hari Kemerdekaan pada 17 Agustus. Pada hari tersebut, 75 tahun silam, Soekarno dan Hatta membacakan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Proklamasi tersebut juga menandakan Indonesia telah merdeka, lepas dari belenggu penjajahan, dan menjadi negara yang berdaulat.

350 tahun lamanya Indonesia berada di bawah bayang-bayang kolonialisme. Tak bisa dilukiskan betapa menderita dan sengsaranya rakyat Indonesia di bawah belenggu penjajahan.

Dengan hal itu, generasi masa kini perlu mengingat dan menghargai setiap tetes darah dan keringat yang telah dikucurkan para pahlawan bangsa, yang rela berkorban hingga nyawa demi kemerdekaan negara tercinta.

Menjaga semangat nasionalisme dan patriotisme seperti dahulu yang pernah dikobarkan oleh para pahlawan menjadi satu di antara caramu untuk menghargai jasa mereka.

Bagi kamu yang ingin mendapatkan pembangkit nasionalisme dan patriotisme di dalam diri, kamu dapat membaca kata-kata mutiara tentang kemerdekaan.

Berikut 21 kata-kata mutiara tentang kemerdekaan Indonesia, seperti dirangkum dari JalanTikus dan Sepositif, Selasa (11/8/2020).

2 dari 4 halaman

Kata-kata Mutiara Hari Kemerdekaan

1. "Merah darahku adalah ungkapan bahwa semangat yang berkobar tidak akan padam hingga tetesan darah terakhir, dan putih tulangku adalah mental baja yang tidak akan pernah pudar walau panasnya peluru menembus tubuh."

2. "Kemerdekaan yang hakiki adalah ketika lepas dari belenggu nafsu tak bergantikan pada manusia dan hanya Allah yang menghuni hati. Kemerdekaan bukan hanya disuarakan namun juga dirasakan, sadar bahwa kita adalah satu, yaitu Indonesia."

3. "Jangan mengira kita semua sudah cukup berjasa dengan segitiga warna. Selama masih ada ratap tangis di gubuk-gubuk, pekerjaan kita belum selesai."

4. "Nasib bangsa kita tak akan berubah jika kita tak mengubahnya. Mari sama-sama berjuang. Memperbaiki diri agar bermanfaat untuk negeri."

5. "Kemerdekaan ini bukan hadiah dari Belanda, kemerdekaan ini tidak didapatkan dengan cuma-cuma, kemerdekaan ini adalah tetesan darah para pejuang bangsa."

6. "Kemerdekaan bukan tanda untuk berhenti berjuang, tapi tanda untuk berjuang dengan lebih keras lagi."

7. "Hari kemerdekaan bukan hanya sekadar dirayakan di media sosial, namun menghayati dan terus mewarisi semangat para pejuang yang telah berjuang merebut kemerdekaan. Jangan sampai kemerdekaan itu hanya berisi suara-suara saja, tetapi harus menjiwai dan mengisi kemerdekaan. Itulah tugas kita agar perjuangan para pahlawan tidak sia-sia."

3 dari 4 halaman

Kata-kata Mutiara Hari Kemerdekaan

8. "Jadikan perbedaan sebagai sebuah keunikan dalam berbangsa dan bernegara agar terlihat indah dengan banyaknya warna dan janganlah menjadikan sebuah perbedaan sebagai kesombongan akan rasa paling benar dalam berpikir dan bertindak karena perbedaan yang mengakibatkan perpecahan yang membuat bangsa dan negara melemah."

9. "Tanah tumpah darah adalah titipan para pejuang, jangan sampai kita menyia-nyiakan semua itu hanya karena perbedaan ideologi dan perpecahan karena perbedaan agama. Kita jangan sampai ditunggangi kepentingan lainnya, Indonesia harus berdiri di atas segalanya."

10. "Para pahlawan membayar kemerdekaan ini dengan darah, kita menghargai kemerdekaan itu dengan keringat kerja keras untuk berkarya membanggakan Indonesia."

11. "Jika kita merasa telah merdeka, maka seharusnya perasaan lemah dan tak berdaya tidak lagi bercokol dalam diri kita lagi."

12. "Merdeka hanyalah sebuah jembatan. Walau jembatan emas, di seberang jembatan itu jalan pecah dua: satu ke dunia sama rata sama rasa, satu ke dunia sama ratap sama tangis."

13. "Apabila kita tak mampu memberikan yang terbaik bagi negara, agama maupun keluarga. Maka tancapkanlah dengan sifat jujur, peduli dengan rakyat, dan pada diri sendiri karena tanpa sebuah kejujuran, negara maupun isinya akan terasa rapuh dan pasti akan mudah kembali terjajah."

14. "Saat kita mulai merasakan betapa indahnya merayakan kemerdekaan, saat itulah kita sering melupakan bahwa ada banyak cita-cita para pejuang yang belum tersampaikan. Tugas kita adalah mewujudkan dengan kesadaran bahwa kita adalah generasi penerus yang akan terus mengisi kemerdekaan Indonesia."

4 dari 4 halaman

Kata-kata Mutiara Hari Kemerdekaan

15. "Apa pun untuk memperoleh kemenangan, betapa canggihnya perlengkapan persenjataan, hal itu bukanlah ukuran karena tekad kuat merupakan modal utama dalam menggapai sebuah tujuan yang memang mulia.

16. "Sang saka Merah Putih berkibar, tampak indah melambai-lambai, semangat juang kami terus berkobar, untuk gapai Indonesia makmur dan damai."

17. "Kemerdekaan yang telah puluhan tahun diraih sepatutnya diapresiasi dengan terus berkarya dan berprestasi untuk Indonesia."

18. "Apabila di dalam diri seseorang masih ada rasa malu dan takut untuk berbuat suatu kebaikan, maka jaminan bagi orang tersebut adalah tidak akan bertemunya ia dengan kemajuan selangkah pun."

19. "Perjuangan bangsa indonesia bukan hanya dari masa lalu. Hari ini, hari esok, dan selamanya. Perjuangan kita belum berakhir. Mari kita perjuangkan bersama indonesia adil dan sejahtera."

20. "Puncak kemerdekaan adalah pengetahuan tentang batas."

21. "Suara-suara tak bisa dipenjarakan, di sana bersemayam kemerdekaan. Apabila engkau memaksa diam, aku siapkan untukmu pemberontakan."

 

Sumber: JalanTikus, Sepositif

Video Populer

Foto Populer