Sukses


8 Manfaat Air Kelapa bagi Kesehatan Tubuh, Membantu Melawan Berbagai Penyakit

Bola.com, Jakarta - Kelapa termasukĀ buah yang dengan mudah didapatkan di Indonesia. Tidak hanya dagingnya, semua bagian dari pohon kelapa bisa dijadikan hal yang bermanfaat, termasuk air kelapa yang menjadi favorit banyak orang.

Air kelapa memiliki rasa yang enak dan menyegarkan. Air kelapa sangat cocok dinikmati saat cuaca panas.

Selain itu, air kelapa sangat cocok dikonsumsi saat beraktivitas berat dan banyak berkeringat atau saat seseorang sedang kehilangan banyak cairan.

Tidak hanya menyegarkan, cairan yang berasal dari dalam buah kelapa ini punya segudang manfaat yang patut diperhitungkan.

Banyak orang yang menggunakan air kelapa sebagai obat alami untuk melawan berbagai penyakit. Manfaat air kelapa untuk kesehatan didapatkan dari berbagai mineral dan nutrisi yang dikandungnya.

Air kelapa mengandung karbohidrat yang sangat mudah untuk dicerna dalam bentuk gula dan elektrolit. Air kelapa mempunyai kalori yang sangat rendah, rendah natrium, dan mengandung kalium yang tinggi daripada minuman olahraga.

Air kelapa juga mengandung beragam vitamin dan mineral. Bahkan kandungan air kelapa lebih tinggi dibandingkan jika Anda memakan empat buah pisang.

Selain itu, air kelapa memiliki kandungan gula yang lebih sedikit dibandingkan dengan banyak minuman olahraga lain, minuman soda, dan beberapa jus buah.

Berikut rangkuman manfaat air kelapa yang baik bagi kesehatan dan wajib untuk Anda ketahui, dilansir dari Sehatq, Selasa (18/8/2020).

2 dari 4 halaman

Manfaat Air Kelapa bagi Kesehatan Tubuh

1. Mengatasi masalah pencernaan

Manfaat air kelapa untuk kesehatan yang pertama adalah mampu mengatasi berbagai keluhan penyakit yang menyangkut pencernaan. Air kelapa dipercaya menjadi obat untuk semua penyakit yang berhubungan dengan pencernaan.

Biasanya air kelapa digunakan sebagai obat diare, gangguan pencernaan, konstipasi, cacingan, infeksi kandung kemih, hingga gangguan ginjal. Hal ini karena di dalam air kelapa terkandung asam amino, enzim, mineral, dan asam lemak yang menjadikan air kelapa mempunyai osmolaritas tinggi.

Air kelapa juga mengandung natrium dan klorida yang rendah serta tinggi gula dan asam amino. Ini merupakan komposisi cairan yang seimbang pada minuman untuk mencegah dehidrasi.

Air kelapa juga mengandung enzim biaktif alami yang dapat membantu sistem pencernaan dan metabolisme dalam tubuh.

2. Menambah energi

Air kelapa bisa meningkatkan hormon kelenjar tiroid, yang menyebabkan peningkatan energi. Ketika mengonsumsi air kelapa, Anda akan merasakan tubuh lebih berenergi.

Seminggu mengonsumsi air kelapa secara konsisten, seseorang bisa merasa lebih berenergi dibanding sebelumnya.

3. Menurunkan berat badan

Manfaat air kelapa yang selanjutnya, yakni dapat menurunkan berat badan. Air kelapa memiliki kandungan lemak, kadar gula, dan kalori yang sangat rendah.

Air kelapa memiliki khasiat sebagai bahan alami penurun berat badan tidak akan menimbulkan efek samping.

3 dari 4 halaman

Manfaat Air Kelapa bagi Kesehatan Tubuh

4. Menghilangkan dehidrasi

Air kelapa dapat membantu menghilangkan dehidrasi. Manfaat air kelapa memiliki banyak kesamaan dengan cairan yangĀ adaĀ dalam tubuh.

Kandungan elektrolit yang tinggi pada air kelapa dapat menggantikan cairan yang hilang dalam tubuh pada saat kita beraktivitas. Selain itu, kandungan potasium yang ada di dalam air kelapa berguna untuk menjaga tekanan air dalam sel dan darah.

Air kelapa sangat mudah diserap tubuh sehingga dapat menghilangkan dehidrasi dalam tubuh.

5. Membantu proses detoksifikasi

Air kelapa memiliki kemampuan alami untuk dapat membersihkan dan detoksifikasi sendiri. Tanpa asupan cairan dan elektrolit yang tepat, tubuh akan menumpuk racun pada ginjal dan hati.

Mengonsumsi air kelapa secara rutin mampu mengeluarkan racun dari tubuh sehingga Anda memiliki risiko rendah mengalami penyakit pada organ ginjal.

6. Membantu menurunkan stres dan ketegangan otot

Mengonsumsi air kelapa mampu membantu menurunkan stress dan ketegangan otot. Kandungan elektrolit yang terdapat pada air kelapa terutama kalsium dan magnesium, dapat membantu mengurangi ketegangan otot termasuk otot jantung.

Hal ini dapat membantu menurunkan risiko serangan jantung.

4 dari 4 halaman

Manfaat Air Kelapa bagi Kesehatan Tubuh

7. Menurunkan tekanan darah

Sebuah penelitian pada 2005Ā melaporkanĀ seseorang yang diberikan air kelapa selama dua minggu, mengalami penurunan tekanan darah sistolik sebanyak 71 persen. Air kelapa mampu memberikan tekanan darah diastolik sebanyak 29 persen, dibandingkan dengan yang hanya mengkonsumsi air putih.

Hal ini didukung adanya kandungan kalium yang tinggi pada air kelapa, yang memiliki manfaat mengurangi risiko terjadinya penyakit kardiovaskular.

8. Menjaga kecantikan kulit

Air kelapa dapat menjaga kecantikan kulit dan mencegah penuaan dini jika dikonsumsi secara teratur. Selain itu, air kelapa mampu meratakan pigmentasi kulit, mencegah iritasi kulit, dan meredakan jerawat.

Hal ini disebabkan air kelapa dapat menjaga kulit dari bahaya radikal bebas.

Ā 

Sumber: Sehatq

Ā 

Yuk, ketahui manfaat berbagai buah lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer