Sukses


7 Ciri-ciri Asam Lambung Naik dan Cara Pengobatannya dengan Bahan Alami

Bola.com, Jakarta - Penyakit asam lambung terjadi karena naiknya asam lambung menuju esofagus atau kerongkongan. Kondisi ini terjadi pada saluran pencernaan yang menghubungkan mulut dan lambung.

Naiknya asam lambung merupakan kondisi yang umum, namun bisa menimbulkan nyeri pada ulu hati.

Namun, gejala asam lambung naik, cenderung mirip dengan ciri-ciri gangguan pencernaan lainnya. Itulah mengapa, gangguan kesehatan ini kerap diremehkan dan tak disadari.

Padahal, asam lambung naik yang berkepanjangan dapat membahayakan kesehatan. Kondisi ini bisa saja berujung pada peradangan dan penyempitan kerongkongan hingga masalah pernapasan.

Itulah mengapa, mengenali gejala asam lambung naik perlu dilakukan sedini mungkin.

Berikut ini ciri-ciri asam lambung naik agar bisa diatasi dengan tepat dikutip SehatQ, Selasa (18/8/2020).

2 dari 4 halaman

Ciri-ciri Asam Lambung

1. Sensasi terbakar di dada (heartburn)

Satu di antara gejala asam lambung naik yang paling umum terjadi adalah heartburn. Anda akan merasakan sensasi panas seperti terbakar di dada bagian tengah bila mengalami heartburn.

Sensasi terbakar biasanya berawal dari perut dan bisa menyebar hingga ke leher hingga punggung. Tak hanya rasa terbakar yang bisa muncul, sensasi seperti ditusuk-tusuk jarum pun bisa terjadi.

Lantaran mirip dengan angina, gejala asam lambung naik ini bisa saja membuat Anda panik. Cara membedakannya, heartburn umumnya muncul setelah Anda makan. Pasalnya, saat asam lambung naik, jaringan di sepanjang dinding kerongkongan (esofagus) akan mengalami iritasi akibat asam ini. 

Heartburn biasanya makin memburuk sehabis makan atau saat Anda sedang berbaring serta membungkuk. 

2. Regurgitasi

Regurgitasi adalah rasa asam dan pahit akibat asam yang naik dan terasa di bagian belakang mulut atau kerongkongan. Sederhananya, gejala asam lambung naik ini mirip bersendawa, tetapi udara yang keluar disertai sedikit muntahan. 

3. Bau mulut

Asam lambung yang naik kembali ke esofagus dan mulut bisa memicu aroma tak sedap dalam mulut Anda, tak hanya rasa asam atau pahit. Kondisi ini umumnya terjadi bersamaan dengan regurgitasi. 

3 dari 4 halaman

Ciri-ciri Asam Lambung

4. Dispepsia

Dispepsia adalah istilah medis umum untuk kondisi perut yang tidak nyaman. Gejala asam lambung naik ini bisa ditandai dengan perut yang terasa kembung, sakit pada perut bagian atas, mual setelah makan, serta sering bersendawa.

5. Kesulitan menelan

Dalam dunia medis, gejala asam lambung naik satu ini dikenal dengan nama disfagia. Disfagia adalah kondisi di mana Anda membutuhkan usaha dan waktu lebih lama untuk menurunkan makanan ke lambung.

Kondisi ini bisa disebabkan oleh GERD pada jaringan kerongkongan sehingga menyebabkan kerongkongan mengalami iritasi. 

6. Batuk kronis

Asam lambung yang naik ke kerongkongan diduga bisa terhirup ke dalam paru-paru. Iniah yang diperkirakan menjadi korelasi antara batuk kronis dengan gejala asam lambung naik.

Pasalnya, batuk merupakan respons otomatis tubuh untuk mengeluarkan benda apa pun yang tidak sengaja terhirup ke dalam saluran napas. Respons ini akan membantu tubuh untuk melindungi diri.

7. Suara serak dan sakit tenggorokan

Saat asam lambung naik ke tenggorokan, hal ini dapat menyebabkan iritasi pada pita suara dan memicu suara serak. Kondisi ini umumnya terasa pada pagi hari ketika Anda bangun tidur.

Bila iritasi akibat asam lambung terus-menerus terjadi, kondisi ini juga bisa membuat penderita mengalami sakit tenggorokan.

4 dari 4 halaman

Obat Asam Lambung Naik Alami

1. Mentimun

Mentimun dipercaya dapat mengurangi rasa sakit yang diakibatkan asam lambung, bahkan bisa menyembuhkannya jika dikonsumsi secara teratur. Anda bisa mengonsumsinya sebagai lalapan, sayuran, atau jus.

2. Baking soda

Baking soda memiliki sifat basa yang dapat membantu menetralisasi asam sehingga bahan ini bisa digunakan sebagai alternatif obat tradisional asam lambung. Anda bisa mencari baking soda di toko bahan pembuat roti. 

3. Lidah buaya

Lidah buaya kaya manfaat, terutama mampu meredam peradangan yang terjadi di lambung akibat naiknya asam lambung. Anda bisa mengolah gel lidah buaya sebagai jus atau wedang jahe aloe.

4. Kacang hijau

Kacang hijau bermanfaat untuk mengobati sakit maag karena mampu menebalkan lapisan lambung. Kacang hijau bisa menetralkan kadar asam lambung yang berlebih.

Anda bisa mengolahnya menjadi bubur kacang hijau, kemudian dikonsumsi hingga kadar asam lambung menurun.

5. Kunyit

Kunyit adalah satu di antara bahan dapur yang dapat mengatasi asam lambung naik. Mengapa demikian? Kunyit bisa membantu masalah yang diakibatkan kelebihan asam lambung.

 

Sumber: SehatQ

Video Populer

Foto Populer