Sukses


7 Manfaat Minyak Kemiri untuk Rambut dan Cara Praktis Membuatnya

Bola.com, Jakarta - Kemiri selama ini dikenal sebagai satu di antara bumbu dapur. Namun, kemiri juga memiliki berbagai manfaat lain, satu di antaranya berguna untuk rambut. Manfaat minyak kemiri untuk rambut sama terkenalnya dengan kegunaan kemiri sebagai bumbu dapur.

Sudah sejak dahulu, minyak kemiri dipercayai mampu mengatasi berbagai persoalan rambut yang sering dialami, seperti rambut kering dan rontok, bahkan hingga ketombe.

Manfaat itu berasal dari berbagai kandungan yang ada dalam minyak kemiri, seperti gliserida, asam linoleat, protein, vitamin B1, vitamin E, dan mineral yang baik untuk kesehatan dan pertumbuhan rambut.

Itulah mengapa, di masa kini banyak produk perawatan rambut yang menggunakan kemiri sebagai satu di antara bahan utamanya.

Anda juga bisa membuat sendiri minyak kemiri di rumah sehingga tak perlu mengeluarkan biaya ekstra untuk membelinya.

Nah, setelah Anda membuat sendiri, Anda bisa merasakan manfaat apa saja dari minyak kemiri tersebut.

Berikut ini penjelasan beberapa manfaat dari minyak kemiri untuk rambut, seperti disadur dari Liputan6, Senin (7/9/2020).

2 dari 4 halaman

Manfaat Minyak Kemiri untuk Rambut

1. Menumbuhkan rambut

Apabila Anda memiliki masalah dengan kebotakan atau tipis, bisa menggunakan minyak kemiri untuk membantu mengatasinya. Manfaat minyak kemiri untuk rambut mampu membantu mengatasi kebotakan karena dapat merangsang pertumbuhan rambut.

Penggunaan minyak kemiri secara teratur dapat mencegah rambut rontok dan menumbuhkan kembali rambut bahkan lebih kuat dan lebih sehat dari sebelumnya.

2. Mengatasi rambut rontok

Apabila Anda memiliki masalah rambut rontok, bisa menggunakan minyak kemiri untuk mengtasinya. Manfaat minyak kemiri untuk rambut ini didapatkan dari adanya kandungan protein dan mineral yang terkandung di dalam kemiri.

Minyak kemiri mampu menguatkan rambut dari akar hingga ujung rambut.

3. Memperkuat akar rambut

Satu di antara penyebab rambut mudah rontok diakibatkan akar rambut yang rapuh. Untuk memperkuat akar rambut, Anda dapat memanfaatkan minyak kemiri sebagai perawatan rambut.

4. Menghitamkan rambut

Mempunyai rambut hitam berkilau dan sehat merupakan dambaan setiap orang. Namun, tak semua orang beruntung mendapatkannya sejak lahir.

Apabila Anda berkeinginan mendapatkan rambut lebih tebal, bisa menggunakan minyak kemiri. Minyak kemiri dapat membuat rambut kembali bersinar tanpa perlu mewarnainya.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, Anda bisa menggunakan minyak kemiri secara rutin dan sabar menanti hasilnya.

3 dari 4 halaman

Manfaat Minyak Kemiri untuk Rambut

5. Mengurangi peradangan akibat ketombe

Minyak kemiri mampu mengurangi peradangan akibat ketombe. Manfaat ini didapatkan dari adanya asam linoleat, yang merupakan jenis asam lemak tak jenuh omega-6 yang memiliki fungsi sebagai antiinflamasi.

Selain bersifat sebagai antiinflamasi, kandungan tersebut dikenal efektif untuk mengurangi peradangan kulit kepala akibat ketombe.

Untuk mengatasinya, Anda dapat mengoleskan minyak kemiri pada kulit kepala yang meradang atau seluruh bagian kulit kepala. Setelahnya, pijat selama 10 menit, lalu bilas hingga bersih.

6. Mencegah timbulnya uban

satu di antara persoalan rambut yang menyita perhatian ialah uban. Terlebih jika uban muncul pada usia muda.

Munculnya uban di usia muda diyakini termasuk sebagai satu di antara tanda penuaan dini. Namun, sebaiknya tak perlu khawatir karena permasalahan tersebut dapat diatasi dengan minyak kemiri.

Manfaat minyak kemiri untuk mencegah uban didapatkan dari adanya kandungan vitamin E sebagai antioksidan yang berfungsi mencegah tanda-tanda penuaan dini, satu di antaranya rambut beruban.

Untuk mendapatkan manfaat satu ini, Anda bisa melakukan perawatan rutin dengan mengaplikasikan minyak kemiri ke seluruh batang hingga ujung rambut secara rutin. Dengan begitu, uban akan secara perlahan menghilang.

7. Menjaga kesehatan rambut

Manfaat minyak kemiri untuk rambut selanjutnya, ialah menutrisi rambut. Caranya, ambil minyak kemiri secukupnya secara merata pada rambut dan kulit kepala.

Lakukan pijatan dengan rambut dan biarkan semalaman. Keesokan harinya bilas dengan sampo. Lakukan secara teratur untuk mendapatkan rambut yang subur dan tebal.

4 dari 4 halaman

Cara Praktis Membuat Minyak Kemiri

Cara Membuat Minyak kemiri dengan Disangrai

1. Siapkan biji kemiri yang telah terkupas sempurna dari cangkangnya.

2. Sangrai biji kemiri dalam wajan tanpa minyak hingga matang.

3. Biji kemiri yang telah disangrai, lalu ditumbuk hingga halus atau di-blender.

4. Setelah biji kemiri dihaluskan, peras menggunakan air.

 

Cara Membuat Minyak Kemiri dengan Dibakar

Cara membuat kemiri dengan cara dibakar tidak sulit. Namun, karena dibakar, ketika pemakaian harus berhati-hati agar tidak terkena pakaian.

1. Siapkan biji kemiri yang telah terkupas sempurna dari cangkangnya.

2. Bakar biji kemiri hingga benar-benar gosong seperti membuat arang.

3. Setelah biji kemiri gosong, lanjutkan dengan mem-blender biji kemiri hingga keluar minyaknya.

4. Masukkan minyak kemiri dalam wadah tertutup.

 

Cara Membuat Minyak Kemiri dengan Diperas

Kekurangan dari metode ini adalah minyak kemiri yang dihasilkan hanya sedikit serta membutuhkan waktu yang lama. Namun, minyak yang dihasilkan akan bening sehingga tidak akan mengotori apa pun.

1. Siapkan biji kemiri yang telah terkupas sempurna dari cangkangnya.

2. Anda bisa memilih dengan cara memarut biji kemiri atau dengan mem-blender.

3. Setelah diparut atau di-blender, peras biji kemiri sembari menambahkan air sedikit demi sedikit.

4. Taruh air perasan biji kemiri dalam wadah tertutup selama 24 jam penuh.

5. Lalu,  masak air perasan biji kemiri hingga keluar minyaknya.

 

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Nisa Mutia Sari, Editor: Fadila Adelin. Published: 18/12/2019

Video Populer

Foto Populer