Sukses


9 Manfaat Tomat, Mencegah Berbagai Penyakit Kronis dan Menjaga Kesehatan Kulit

Bola.com, Jakarta - Siapa yang tidak mengenal tomat? Walau sering disangka sayuran, tomat termasuk kategori buah-buahan.

Tomat mudah didapat di mana saja dan kapan saja karena buah satu ini tidak mengenal musim. Tomat memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. 

Mengonsumsi  buah yang punya nama latin Solanum lycopersicum ini setiap hari, tak hanya mencegah dari berbagai penyakit kronis, tetapi juga menjaga kesehatan kulit. Tomat memiliki beragam vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh.

Manfaat tomat akan lebih maksimal apabila dikonsumsi secara langsung tanpa diolah. Namun, tomat juga akan sangat nikmat jika dijadikan jus untuk mengusir haus di siang hari karena memiliki kandungan air yang melimpah.

Dilansir dari Healthline, kadar air dalam buah tomat bisa mencapai 95 persen. Buah ini juga mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin K, kalium, folat, dan lycopene yang berfungsi sebagai antioksidan.

Walau memiliki kandungan air yang melimpah, tomat memiliki kadar kalori yang rendah, yaitu hanya 18 kalori per 100 gram.

Tomat rendah kalori dan lemak, namun kaya akan karotenoid, lutein, dan gula. Tak heran, manfaat tomat juga melimpah ruah.

Berikut ini hasil rangkuman beberapa manfaat tomat yang tak boleh Anda abaikan, Rabu (9/9/2020).

2 dari 4 halaman

Manfaat Tomat bagi Kesehatan

1. Menjaga kesehatan mata

Sebuah penelitian mengungkapkan tomat kaya vitamin A. Mengonsumsi tomat secara rutin, dapat membuat mata lebih sehat.

Tomat dapat membantu melindungi mata dari kerusakan ringan. Selain vitamin A, tomat dapat memberikan asupan antioksidan likopen, lutein, dan beta-karoten.

Hal ini terbukti bisa melindungi mata dari kerusakan karena paparan cahaya, katarak, dan degenerasi makula akibat faktor usia.

2. Membuat kulit lebih sehat

Tomat merupakan satu di antara buah yang banyak mengandung vitamin C. Vitamin C berguna sebagai bagian dari antioksidan yang kuat.

Vitamin C yang ada dalam tomat sangat penting untuk mencukupi asupan nutrisi kolagen pada kulit, rambut, kuku, dan jaringan ikat. Dampak kekurangan vitamin C pada kulit bisa menyebabkan kulit keriput, kendur, sampai muncul noda hitam.

3. Mencegah kanker

Tomat bermanfaat membantu mencegah kerusakan DNA di dalam sel akibat radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker. Hal ini didukung kandungan antioksidan dalam tomat, seperti likopen, karotenoid, dan polifenol.

Mengonsumsi tomat berperan untuk mencegah berbagai kanker berbahaya, seperti kanker prostat, kanker kolorektal, lambung, mulut, paru-paru, payudara, dan kandung kemih. Akan tetapi, manfaat tomat ini masih membutuhkan bukti dan penelitian lebih lanjut.

3 dari 4 halaman

Manfaat Tomat bagi Kesehatan

4. Menurunkan tekanan darah tinggi

Mengonsumsi asupan tinggi kalium, seperti tomat, mampu meningkatkan asupan kalium serta mengurangi natrium (garam) yang sangat penting untuk menurunkan tekanan darah. Mengonsumsi tomat sehari-hari mampu mengurangi tekanan darah pada penderita tekanan darah tinggi yang ringan.

Bijak mengonsumsi asupan tinggi kalium, seperti tomat, dapat membantu mengontrol tekanan darah tetap ideal.

5. Menjaga kesehatan jantung

Tomat kaya senyawa likopen. Studi menemukan tomat dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) serta trigliserida.

Dilaporkan, senyawa likopen dapat mencegah oksidasi lipid, kondisi yang dapat memicu penyakit jantung. Tomat juga mengandung vitamin C, kalium, serat, kolin, dan folat. Semua nutrisi ini dapat bermanfaat untuk jantung.

6. Kesehatan tulang

Selain berdampak positif terhadap kesehatan jantung, senyawa likopen bermanfaat bagi kesehatan tulang. Dalam Journal of Bone and Mineral Research mengungkapkan tomat memiliki kadar likopen yang tinggi sehingga mampu mencegah perkembangan osteoporosis dalam tubuh.

Hal ini dapat menurunkan kesempatan seseorang mengalami patah tulang.

4 dari 4 halaman

Manfaat Tomat bagi Kesehatan

7. Membantu kesehatan sistem pencernaan

Tomat memiliki khasiat menurunkan risiko gangguan pada usus sehingga secara umum bermanfaat untuk kesehatan pencernaan.

Selain itu, kandungan serat yang ada di dalam tomat dapat membantu merangsang gerakan peristaltik pada otot saluran pencernaan sehingga dapat membantu mengurangi gejala sembelit atau konstipasi.

8. Meningkatkan kesuburan pria

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Klinik Cleveland di Ohio menyebutkan kandungan di dalam tomat dapat memengaruhi kesuburan pria. Kandungan senyawa likopen yang tinggi pada tomat dianggap dapat meningkatkan kesuburan pria.

Senyawa ini juga merupakan satu di antara zat pembentuk karotenoid, yang merupakan antioksidan pemberi warna cerah pada tomat. Antioksidan dalam buah tomat ini dapat menangkal radikal bebas yang masuk ke tubuh akibat konsumsi makanan tidak sehat.

Diketahui, dengan rutin mengonsumsi tomat dapat meningkatkan jumlah sperma hingga 70 persen. Ketika likopen masuk ke tubuh, tubuh akan menyerap 20-30 persen dari total likopen yang masuk.

9. Mengurangi risiko stroke

Tomat yang diketahui memiliki kandungan senyawa likopen tinggi, dapat mengurangi risiko terkena stroke. Hal ini diduga karena efek likopen sebagai antioksidan kuat, yang dapat mengurangi peradangan, mencegah pembekuan darah, serta memperkuat kekebalan tubuh.

 

Sumber: Healthline

 

Yuk, baca kumpulan artikel manfaat bagi kesehatan lainnya dengan mengklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer