Sukses


25 Kata-kata Ucapan Hari Sumpah Pemuda, Cocok Dijadikan Status Media Sosial dalam Memperingati Momen Bersejarah

Bola.com, Jakarta - Tanggal 28 Oktober, bangsa Indonesia memperingati momen penting dan bersejarah. Bangsa Indonesia akan memperingati Hari Sumpah Pemuda.

Hari Sumpah Pemuda untuk mengenang jasa para pemuda dan pemudi pahlawan Indonesia. Yang dimaksud dengan Sumpah Pemuda adalah keputusan Kongres Pemuda Kedua yang diselenggarakan dua hari, 27-28 Oktober 1928 di Batavia (Jakarta).

Tonggak sejarah awal para pemuda yang bersatu untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. 92 tahun yang lalu, para pemuda berusaha mencari cara untuk memproklamirkan bangsa yang satu.

Sumpah Pemuda merupakan suatu pergerakan kemerdekaan Republik Indonesia yang dilakukan oleh para pemuda-pemudi Indonesia dengan menyatakan janji satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa.

Sumpah pemuda disimbolkan sebagai wujud semangat membangkitkan cinta Tanah Air dan simbol persatuan peran para pemuda Indonesia. Sebagai generasi muda penerus masa depan bangsa, tentunya kita sudah seharusnya meningkatkan dan mempertahankan kedaulatan rakyat.

Memberikan ucapan selamat Hari Sumpah Pemuda dapat membuat rasa kesatuan dan persatuan pewaris bangsa semakin bertambah. Demi Tanah Air, kita harus menunjukan jati diri sebagai penerus bangsa yang mampu bersaing bagi pembangunan bangsa yang terus menerus berkembang.

Dalam rangka memperingatinya, berikut rangkuman kata-kata ucapan Hari Sumpah Pemuda, dikutip dari Goodminds dan Katamutiarabagus, Sabtu (19/9/2020). Bisa kamu bagikan kepada kerabat dan teman untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda yang cocok melalui media sosial.

2 dari 5 halaman

Kata-kata Ucapan Sumpah Pemuda

1. "Kemajuan suatu bangsa ada di genggaman para pemuda, Selamat Hari Sumpah Pemuda."

2. "Tuhan hanya akan merubah nasib sebuah bangsa jika bukan bangsa itu sendiri yang mengubahnya, bersatulah wahai pemuda pemudi dan ubahlah negara Indonesia menjadi lebih baik, Selamat Hari Sumpah Pemuda."

3. "Busungkan dadamu wahai pemuda, pandanglah ke depan, Ikrarkan Sumpah Pemuda dengan sepenuh hati, dan raihlah sebuah kemerdekaan, Kemerdekaan Indonesia yang sejati. Selamat Hari Sumpah Pemuda!"

4. "Jika kita mempunyai keinginan yang kuat dari hati, alam akan saling bahu-membahu untuk mewujudkannya, Selamat Hari Sumpah Pemuda."

5. "Bersatulah wahai pemuda, Kemajuan bangsa Indonesia ada di genggamanmu."

6. "Sumpah Pemuda bukanlah sekedar teks sejarah, tetapi itu seperti kepalan tangan yang berlumuran darah, meski harus merasa sakit tetap banggalah untuk mengatakan bahwa saya Indonesia, Selamat Hari Sumpah Pemuda."

7. "Apa kekurangan kita? Kekurangan kita adalah kurangnya percaya diri sebagai bangsa, sehingga kita menjadi penjiplak luar negeri dan kurang mempercayai satu sama lain." - Bung Karno

3 dari 5 halaman

Kata-kata Ucapan Sumpah Pemuda

8. "Apabila di dalam diri seseorang masih ada rasa malu dan takut untuk berbuat suatu kebaikan, maka jaminan bagi orang tersebut adalah tidak akan bertemunya ia dengan kemajuan selangkah pun." - Bung Karno

9. "Selamat Hari Sumpah Pemuda, untuk kau para pemuda belajarlah tanpa kenal lelah, jadilah pemuda yang berkualitas dan selalu junjung tinggi rasa cinta terhadap tanah airmu."

10. "Jangan kau ucapkan mentah-mentah, bacalah, resapi dan rasakan setiap makna dari kalimat ikrar Sumpah Pemuda. Selamat Hari Sumpah Pemuda."

11. "Aku hanya pemuda biasa yang bekerja untuk bangsa Indonesia, dan dengan cara Indonesia."

12. "Kamu harus bangga terlahir sebagai Indonesia. Bertanah air, berbangsa, dan berbahasa. Selamat Hari Sumpah Pemuda."

13. "Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya, Selamat Hari Sumpah Pemuda."

14. "Bangkitlah pemuda, jangan terlena akan keadaan, ingat kita masih dalam masa perjuangan yang sesungguhnya, tetaplah berpedoman dengan ikrar Sumpah Pemuda yang kita miliki."

4 dari 5 halaman

Kata-kata Ucapan Sumpah Pemuda

15. "Yang muda yang berkarya, Selamat Hari Sumpah Pemuda."

16. "Berikan aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya, berikan aku 1 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia" - Bung Karno

17. "Selamat Hari Sumpah Pemuda. Mulailah dari dirimu sendiri. Mulailah dari hal yang kecil. Mulailah dari sekarang!"

18. "Kompak bukan berarti harus sama. Ayo jadikan perbedaan sebagai sebuah kekuatan bersama."

19. "Ikrarkanlah ikrar sumpah pemuda dengan hati dan anggota badan yang akan menjadi bukti dan raihlah kemerdekaan Indonesia yang sejati."

20. "Pemuda masa silam menggelorakan kehendak bersatu, hari ini rayakanlah Indonesia tanpa ragu." - Najwa Shihab

5 dari 5 halaman

Kata-kata Ucapan Sumpah Pemuda

21. "Negeri ini butuh banyak pemuda pencari solusi, bukan pemuda pemaki-maki." - Ridwan Kamil

22. "Kita jangan mewarisi abunya sumpah pemuda, tapi kita harus mewarisi apinya sumpah pemuda." - Bung Karno

23. "Tegas lugas, dan berani itulah kita Pemuda, Negara ini berdiri karena seluruh Pemudanya bersatu, bahkan seandainya Indonesia tidak pernah ada, Pemuda kita akan tetap bersatu."

24. " kita ini pemuda yang bersumah yaitu Sumpah Pemuda bukan sampah dari pemuda, jadi harus betul-betul diingat."

25. " Tidak banyak yang bisa kami tulis Untuk Indonesia terutama Sumpah Pemuda, semoga semua semangat itu akan hidup dalam diri kami untuk selama-lamanya."

 

Sumber: Goodminds, Katamutiarabagus

 

Yuk, baca kumpulan artikel kata-kata lainnya dengan mengklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer