Sukses


19 Cara Mengecilkan Perut Buncit Tanpa Olahraga, Mudah Dipraktikan

Bola.com, Jakarta - Perut buncit merupakan satu di antara masalah bagi banyak orang, baik pria maupun wanita. Perut buncit membuat penampilan tubuh kurang enak dipandang.

Tak bisa dimungkiri, bagi kalangan pria, menginginkan perut six-pack. Sementara untuk kaum wanita, ingin punya perut rata. Namun, niatan memiliki perut six-pack dan rata kerap terganjal rasa malas untuk berolahraga.

Alhasil, banyak orang mencari informasi tentang bagaimana mengecilkan perut buncit tanpa berolahraga.

Mengecilkan perut buncit bisa dilakukan secara alamiah, cepat dan tanpa olahraga. Namun, Anda harus melakoni gaya hidup sehat atau jangan bermalas-malas.

Cara paling efektif dalam mengecilkan perut buncit adalah mengonsumsi buah-buahan atau sayur-sayuran tertentu.

Selain itu, Bola.com juga telah merangkum cara mengecilkan perut buncit secara alami, aman tanpa obat dan olahraga yang bisa dicoba di rumah dikutip dari laman SehatQ, Jumat (25/9/2020).

2 dari 5 halaman

Cara Mengecilkan Perut Buncit Tanpa Olahraga

1. Perbanyak konsumsi serat

Serat akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga keinginan Anda untuk makan lebih banyak atau ngemil akan berkurang.

Menurut penelitian dari NCBI, serat juga baik untuk sistem pencernaan sehingga akan mengurangi perut kembung dan mencegah perut terlihat lebih buncit.

2. Mengurangi asupan kalori

Cara mengecilkan perut selanjutya adalah dengan mengurangi asupan kalori harian supaya berat badan berlebih bisa dipangkas, begitu juga dengan ukuran perut.

Meski begitu, bukan berarti Anda harus mengurangi asupan kalori secara drastis. Sebab, jika terlalu sedikit kalori yang masuk, metabolisme tubuh seperti penyerapan cairan, pembakaran lemak, maupun penyerapan nutrisi pun akan melambat.

3. Membatasi makan karbohidrat

Karbohidrat memang dibutuhkan sebagai sumber energi untuk tubuh. Namun, untuk menjaga perut tetap rata, sebaiknya Anda pilih karbohidrat kompleks seperti gandum utuh dan menghindari makan karbohidrat sederhana seperti nasi putih, roti tawar biasa, atau pasta.

Sebab, sebagian besar karbohidrat sederhana akan diubah menjadi glukosa atau gula. Jika Anda mengonsumsi gula lebih dari yang seharusnya, kelebihan gula tersebut akan disimpan oleh tubuh sebagai lemak.

4. Menambah asupan protein

Mengonsumsi protein akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Selain itu, dalam sebuah penelitian kecil ditemukan bahwa orang yang mengonsumsi protein berkualitas tinggi seperti susu, telur, dan daging sapi, umumnya memiliki persentase lemak perut yang lebih rendah.

5. Membatasi garam

Terlalu banyak mengonsumsi garam bisa membuat penyerapan air di tubuh jadi terganggu sehingga banyak cairan menumpuk, termasuk di area perut. Hal ini akan membuat Anda kembung dan terlihat buncit.

Satu di antara cara mengecilkan perut yang efektif adalah dengan membatasi asupan garam. Anda bisa mengganti garam yang biasa dikonsumsi dengan garam laut yang lebih rendah sodium, atau menambahkan rempah-rempah pada makanan agar rasanya lebih lezat. 

3 dari 5 halaman

Cara Mengecilkan Perut Buncit Tanpa Olahraga

6. Mengurangi gula

Gula adalah satu di antara penyebab paling umum seseorang memiliki perut buncit. Jadi, membatasi asupan gula bisa menjadi satu di antara cara mengecilkan perut yang efektif.

Asupan gula berlebih biasanya didapatkan dari minuman-minuman kemasan, seperti teh kemasan, susu, soda, dan jus buah, sehingga sebaiknya Anda menghindari minuman tersebut jika ingin memiliki perut yang rata.

7. Mengonsumsi probiotik

Probiotik adalah bakteri baik yang akan membantu berbagai fungsi di tubuh, termasuk pembakaran dan distribusi lemak. Anda bisa mendapatkan probiotik dari makanan atau minuman yang difermentasi, seperti tempe, yoghurt, atau kimchi.

8. Minum air putih yang cukup

Anda bisa mencegah kembung dan kelainan penyerapan cairan di tubuh dengan banyak minum air putih. Selain itu, minum satu gelas air putih sebelum makan juga akan membantu Anda merasa sedikit kenyang sehingga porsi makan bisa dibatasi.

9. Tidur yang cukup

Tidur yang cukup menjadi satu di antara mengecilkan perut yang perlu diperhatikan. Sebab, saat seseorang kurang tidur, keseimbangan hormon di tubuhnya akan berubah dan membuat mereka menjadi lebih cepat lapar.

Jadi, jika Anda ingin menghilangkan perut buncit sambil menurunkan berat badan, tidurlah yang cukup, yaitu 7-9 jam sehari.

10. Mengurangi stress

Orang yang stres akan memproduksi lebih banyak hormon kortisol yang bisa meningkatkan nafsu makan sehingga orang yang stres seringkali mengalami kenaikan berat badan.

Untuk mengurangi stres, Anda bisa berlibur, melakukan hobi, atau bercerita pada orang-orang terdekat. 

4 dari 5 halaman

Cara Mengecilkan Perut Buncit Tanpa Olahraga

11. Makanlah lebih perlahan

Jika Anda makan terlalu cepat, otak tidak punya cukup waktu untuk memberikan informasi Anda sudah mengonsumsi terlalu banyak kalori. Makan terlalu cepat juga akan membuat Anda menelan terlalu banyak udara dan gas sehingga berisiko merasa kembung.

12. Mengunyah makanan hingga halus

Cara Anda mengunyah makanan juga ternyata bisa berpengaruh terhadap ukuran perut. Sebab, jika ditelan dalam kondisi yang kurang halus, makanan tidak akan bisa dicerna dengan benar-benar sempurna. Akibatnya, perut rentan terasa kembung dan terlihat buncit.

13. Jangan terlalu banyak menelan udara dan gas

Minuman yang terbuat dari soda, bisa menyumbangkan gas berlebih ke saluran pencernaan Anda. Jika terlalu banyak, gas ini akan membuat perut terasa kembung dan terlihat lebih buncit.

Masuknya gas berlebih ke tubuh juga bisa terjadi akibat mengunyah permen karet, minum melalui sedotan atau makan sambil berbicara.

14. Mengonsumsi cuka apel

Asam asetat yang terkandung dalam cuka apel dipercaya dapat meluruhkan penumpukan lemak di tubuh. Meski begitu, penelitian mengenai hal ini baru dilakukan pada hewan uji sehingga masih dibutuhkan penelitian lanjutan untuk melihat dampaknya langsung pada manusia.

15. Memperhatikan porsi makan

Untuk mengecilkan perut yang buncit, Anda juga harus memperhatikan porsi makanan yang dikonsumsi. Makanlah secukupnya dan pastikan menu yang disantap adalah makanan sehat.

Anda dianjurkan lebih banyak mengonsumsi makanan yang terbuat dari gandum utuh, seperti roti gandum dan yang mengandung asam lemak jenuh tunggal seperti alpukat, minyak zaitun, dan kacang-kacangan.

5 dari 5 halaman

Cara Mengecilkan Perut Buncit Tanpa Olahraga

16. Minum teh hijau dan kopi tanpa gula

Minum teh hijau atau kopi tanpa gula dinilai dapat meningkatkan pembakaran kalori di tubuh. Selain itu, kedua minuman ini juga bisa mengurangi ukuran lingkar pinggang dan membuat perut terlihat lebih rata.

17. Makan ikan yang berlemak atau minyak ikan

Mengonsumsi ikan yang berlemak, seperti salmon satu atau dua kali seminggu bisa jadi satu di antara cara mengecilkan perut yang lezat untuk lidah. Sebab, ikan berlemak mengandung asam lemak omega-3 dan protein kualitas tinggi.

Kedua komponen tersebut dipercaya dapat mengurangi penumpukan lemak di hati dan perut. Konsumsi ikan ini juga bisa diganti dengan minyak ikan atau suplemen minyak ikan.

18. Mengganti minyak biasa dengan minyak kelapa

Minyak kelapa mengandung medium-chain trygliserides (MCTs) yang dipercaya dapat memberikan energi dan membuat Anda merasa lebih kenyang. Minyak ini juga disebut dapat bantu mengurangi ukuran lingkar pinggang.

19. Mengatur jam makan

Makan snack yang mengandung protein antara pukul 15.00-16.00 dipercaya dapat membantu menecegah perut jadi buncit. Konsumsi kudapan seperti protein bar atau kacang almond dengan apel, yang bisa memicu metabolisme dan menyeimbangkan kadar gula darah.

Makin rendah kadar gula darah, makin rendah juga kadar insulin. Sementara itu, insulin yang membuat tubuh menyimpan lemak di area perut.

 

Sumber: SehatQ

 

Dapatkan artikel kesehatan lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer