Sukses


7 Manfaat Mengesankan Buah Mangga untuk Kecantikan

Bola.com, Jakarta - Mangga termasuk satu di antara buah yang mudah ditemukan di Indonesia. Hal ini karena mangga berasal dari Asia dan sangat mudah tumbuh serta dibudidayakan di iklim tropis seperti Indonesia.

Di Indonesia, ada beragam jenis mangga. Bahkan di setiap daerah di Tanah Air seperti memiliki buah mangga yang diunggulkan dan jadi kebanggaan. 

Mengacu pada itu, dapat dijumpai beraneka mangga dalam berbagai bentuk, ukuran, warna, serta rasa. 

Beberapa mangga yang terkenal di Indonesia, di antaranya mangga golek, manalagi, arumanis, mangga apel, gedong gincu, mangga alpukat, mangga indramayu, golek, hingga mangga kweni dan pakel.

Seperti halnya buah-buahan, mangga bisa menyehatkan tubuh. Mangga memiliki manfaat bagi kesehatan berkat kandungan berbagai vitamin, seperti vitamin A, C, dan E. Mangga juga mengandung karbohidrat protein, serat, folat, kalsium, magnesium, kalium, dan fosfor.

Lebih dari itu, mangga tergolong buah yang rendah kalori serta kaya antioksidan, seperti kandungan polifenol dan beta karoten.

Tak hanya bermanfaat bagi kesehatan, kandungan zat dan nutrisi di dalamnya tersebut membuat buah mangga juga memiliki manfaat untuk kecantikan kulit. 

Anda tertarik mendapatkan manfaat dari buah mangga untuk kecantikan kulit wajah? 

Simak penjelasan di bawah ini, beberapa menfaat tersembunyi buah mangga untuk kecantikan kulit wajah, disadur dari Liputan6 dan Fimela, Jumat (2/10/2020).

2 dari 4 halaman

Manfaat Tersembunyi Mangga untuk Kecantikan

1. Mengatasi keriput

Manfaat mangga untuk kecantikan kulit wajah yang pertama adalah untuk mengatasi tanda-tanda penuaan. Antioksidan yang terkandung dalam buah mangga dapat membantu melawan tanda-tanda penuaan, seperti keriput dan pigmentasi. Selain itu juga berfungsi untuk melindungi kulit dari radikal bebas berbahaya.

Mangga mengandung antioksidan dan kolagen yang bisa membuat kulit kenyal dan halus serta membuat kulit kencang. Secara otomatis, mangga juga bisa mencegah penuaan dini karena efek antioksidan yang menjaga kulit dari radikal bebas dan menutrisi kulit dengan kolagen yang membuat kulit nampak awet muda dan kencang.

2. Mengatasi komedo

Mangga bermanfaat untuk mengatasi komedo. Namun, bukan dengan mengonsumsinya. Anda bisa menggunakan mangga untuk mengatasi komedo dengan membuatnya menjadi scrub.

Caranya, siapkan scrub buah mangga dengan mencampurkan satu sendok teh daging buah mangga yang sudah dilumatkan, setengah sendok teh susu cair atau susu bubuk, dan sedikit madu. Gosokkan ke seluruh wajah dengan gerakan melingkar. Scrub ini akan membantu mengangkat sel kulit mati dan komedo.

3 dari 4 halaman

Manfaat Tersembunyi Mangga untuk Kecantikan

3. Menjadikan kulit bercahaya

Manfaat mangga untuk kecantikan kulit wajah selanjutnya adalah menjadikan kulit bercahaya. Mangga merupakan buah yang dipercayai dapat mengurangi noda hitam pada wajah.

Tak hanya noda hitam, bahkan jerawat pun kalah melawan vitamin A yang terkandung dalam buah mangga sehingga kulit menjadi putih dan halus. Vitamin A dan beta karoten dalam buah mangga membantu proses regenerasi dan meremajakan kulit.

4. Mengatasi jerawat

Jerawat membandel, atasi saja dengan masker mangga. Anda juga bisa memanfaatkan kulitnya yang dihaluskan dan dijadikan masker. Buah ini sangat baik membersihkan kulit dan mengangkat minyak berlebih.

5. Mengecilkan pori-pori

Pori-pori besar bisa memicu jerawat dan memakai masker mangga bisa meminimalisasi kemungkinan itu. Antioksidan dalam mangga membantu meremajakan sel-sel kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan membantu membersihkan pori-pori sehingga tidak membesar dan jadi sarang bakteri.

4 dari 4 halaman

Manfaat Tersembunyi Mangga untuk Kecantikan

6. Masker kulit sensitif

Mangga bermanfaat sebagai masker untuk kulit sensitif. Anda bisa membuat masker wajah dengan mencampur daging buah mangga yang sudah dihaluskan, oatmeal, susu, dan madu.

Cuci wajah dengan air dingin, lalu tepuk-tepuk hingga kering kemudian oleskan masker ini pada kulit wajah. Cuci bersih dengan air dingin setelah didiamkan selama 15 menit. Wajah akan menjadi lebih segar, halus, tanpa reaksi alergi.

7. Mengatasi belang akibat terbakar matahari

Mangga juga bermanfaat untuk mengatasi belang akibat terbakar matahari. Anda bisa menggunakan mangga untuk mengembalikan warna asli kulit. Buah ini punya komponen mendinginkan dan memutihkan alami dan menutrisi kulit yang terbakar matahari.

Kandungan vitamin A dan vitamin C dalam mangga akan menyediakan nutrisi penting untuk mengembalikan kondisi kulit yang terbakar matahari. Jika kulit terbakar matahari, Anda bisa memanfaatkan kulit mangga yang sudah matang untuk mengobatinya.

Caranya, dengan menggosokkan bagian dalam kulit mangga ke wajah dan tangan. Cuci bersih dengan air dingin setelah didiamkan 10 sampai 15 menit.

Lakukan perawatan ini setidaknya dua kali atau tiga kali seminggu untuk hasil maksimal. Lengkapi dengan konsumsi rutin mangga untuk mempercepat pemulihan sel kulit dari dalam.

 

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Husnul Abdi, Editor: Rizky Mandasari. Published: 21/10.2019), Fimela.com (Published: 3/6/2915)

Video Populer

Foto Populer