Sukses


6 Manfaat Mengesankan Telur untuk Kecantikan

Bola.com, Jakarta - Telur, dalam hal ini telur ayam, menjadi satu di antara bahan pangan yang selalu tersedia di dapur. Telur menjadi favorit keluarga di Indonesia karena bisa diolah menjadi berbagai masakan menggoda selera serta praktis dalam pembuatannya.

Telur apabila dikonsumsi secara bijak memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Hal itu berkat kandungan di dalamnya. Telur dikenal sebagai sumber protein dan lemak. Dalam satu butir telur mengandung paling tidak 6gr protein dan 70 kalori, yang dapat memenuhi kebutuhan protein harian Anda.

Telur juga mengandung vitamin A, B, dan vitamin D, serat, karbohidrat, fosfor, serta zat besi.

Mengonsumsi telur secara bijak dengan cara tepat diyakini memiliki berbagai manfaat kesehatan, seperti memimalisasi munculkan penyakit jantung, menjaga kesehatan otak, dan menambah energi.

Tak hanya bagi kesehatan, telur juga memberikan manfaatnya untuk kecantikan, terutama apabila dicampur dengan beberapa bahan alami lainnya, seperti wortel, madu, hingga susu.

Apakah Anda tertarik merasakan manfaat telur bagi kecantikan?

Berikut ini penjelasan perihal manfaat mengesankan telur bagi kecantikan kulit dan rambut serta cara mendapatkannya, seperti disadur dari Liputan6, Jumat (16/10/2020)

2 dari 4 halaman

Manfaat Mengesankan Telur untuk Kecantikan

1. Anti-penunaan dini

Telur, dalam hal ini putih telur, mampu mengecilkan pori-pori kulit untuk memberi Anda kulit yang kencang dan awet muda. Wortel mengandung beta-karoten dan likopen yang memperkaya kulit untuk melawan tanda-tanda penuaan dan juga melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya.

Susu mengelupas kulit dengan lembut untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran sehingga menyegarkan kulit.

Anda membutuhkan 1 putih telur, 2 sdm wortel parut, 1 sdm susu mentah. Masukkan putih telur ke mangkuk, tambahkan wortel dan susu ke dalamnya, dan campur semuanya menjadi satu.

Kemudian oleskan campuran itu di wajah. Biarkan selama 20 menit hingga kering. Bilas menggunakan air hangat. Ulangi perawatan ini seminggu sekali.

2. Mengatasi stretch mark

Putih telur kaya protein dan asam amino, yang membantu menyembuhkan kulit dari dalam sehigga akan membantu mengurangi munculnya stretch mark.

Minyak zaitun memiliki sifat emolien, anti-inflamasi dan antioksidan yang menjaga kulit tetap lembut dan mencegahnya dari kerusakan akibat radikal bebas sehingga membantu menyembuhkan kulit untuk mengurangi stretch mark.

Siapkan 2 putih telur dan beberapa tetes minyak zaitun. Siapkan mangkuk, masukkan putih telur, dan kocok dengan baik. Gunakan kuas untuk mengoleskan putih telur pada bagian yang terkena stretch mark.

Biarkan sampai kering, lalu bilas dengan menggunakan air dingin dan keringkan. Selanjutnya, oleskan minyak zaitun dan pijat dengan lembut dan biarkan saja. Ulangi perawatan ini dua kali sehari untuk hasil terbaik.

3 dari 4 halaman

Manfaat Mengesankan Telur untuk Kecantikan

3. Mengatasi jerawat

Putih telur bisa bermanfaat untuk mengatasi jerawat, apalagi jika disandingkan bersama madu.

Selain menjaga kelembaban kulit, madu memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang mencegah jerawat dan mengurangi rasa gatal dan kemerahan yang disebabkan oleh jerawat.

Anda perlu menyiapkan 1 putih telur dan 1 sdm madu. Ambil putih telur dan masukkan ke mangkuk. Tambahkan madu dan aduk rata.

Kemudian, oleskan campuran itu di wajah Anda. Biarkan sampai kering dan Anda akan merasa kulit Anda mengencang. Lalu, bilas menggunakan air hangat.

4. Mengatasi ketombe

Telur, dalam hal ini bagian kuning telur, diyakini mampu mengatasi ketombe. Manfaat satu ini bisa diperoleh dengan kombinasi bersama jus lemon.

Jus lemon memiliki sifat antibakteri yang membantu menjaga kulit kepala yang sehat dan menjaga bakteri penyebab ketombe.

Anda memerlukan 1 kuning telur dan 2 sdm jus lemon. Pisahkan kuning telur ke mangkuk. Tambahkan jus lemon ke dalamnya dan campurkan kedua bahan bersama-sama.

Oleskan campuran itu pada rambut. Tutup rambut menggunakan shower cap dan biarkan selama 30 menit. Kemudian keramas seperti biasa.

4 dari 4 halaman

Manfaat Mengesankan Telur untuk Kecantikan

5. Merawat rambut kusam dan rusak

Kuning telur bisa diandalkan untuk merawat rambut kusam dan rusak agar kembali bersinar dan sehat. Manfaat satu ini bisa diperoleh dengan mencampur kuning telur bersama minyak kelapa.

Minyak kelapa menembus jauh ke dalam poros rambut untuk memberi dorongan protein pada rambut dan mencegah kerusakan rambut.

Yang Anda butuhkan, yakni 1 kuning telur, 2 sdm minyak kelapa, dan 1 sdm madu (opsional). Pisahkan kuning telur dalam mangkuk, tambahkan minyak kelapa dan campur kedua bahan dengan baik. Jika mau, Anda bisa menambahkan madu ke dalamnya.

Kemudian, oleskan campuran ini ke rambut dan biarkan selama 20 menit. Bilas sampai bersih dan keramas seperti biasa.

6. Meningkatkan pertumbuhan rambut

Telur merupakan sumber nutrisi penting yang menyehatkan dan mempekuat rambut dan membantu meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat.

Ditambah dengan madu, Anda akan mendapatkan manfaat menakjubkan dari telur.

Secara khusus, sifat antibakteri dan antimikroba dari madu membersihkan dan memberi nutrisi pada kulit kepala agar Anda memiliki rambut panjang dan kuat.

Siapkan 1 kuning telur dan 2 sdm madu. Pisahkan kuning telur dalam mangkuk. Tambahkan madu ke dalamnya dan campur kedua bahan dengan baik.

Oleskan campuran itu pada rambut. Tutup kepala menggunakan shower cap. Biarkan selama 20 menit, lalu bilas menggunakan air. Ulangi perawatan ini seminggu sekali untuk hasil terbaik.

 

 

Sumber asli: Boldsky

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Yulia Lisnawati. Published: 29/7/2020).

Video Populer

Foto Populer