Sukses


6 Manfaat Minyak Ikan untuk Kecantikan yang Tak Boleh Diremehkan

Bola.com, Jakarta - Manfaat minyak ikan tak hanya baik untuk kesehatan saja. Minyak ikan selama ini telah dikonsumsi untuk membantu mengurangi risiko serangan jantung dan stroke, mengobati trigliserida tinggi, tekanan darah tinggi, dan memperbaiki gejala rheumatoid arthritis.

Anda pun dapat memaksimalkan manfaat minyak ikan untuk kecantikan. Minyak ikan mengandung dua omega-3, yang disebut docosahexaenoic acid (DHA) dan eicosapentaenoic acid (EPA).

Asam lemak omega-3 merupakan nutrisi penting bagi tubuh, termasuk menjaga kecantikan kulit. Manfaat minyak ikan untuk kecantikan ini bisa dikonsumsi dengan cara mengonsumsinya secara langsung atau dalam bentuk suplemen.

Untuk memaksimalkan nutrisi pada minyak ikan, Anda bisa mencoba mengonsumsi langsung dibandingkan bentuk suplemen. Kandungan omega-3 dalam ikan biasanya jauh lebih terjaga.

Minyak ikan dapat ditemukan dengan mudah di pasaran, khususnya di apotek. Anda juga bisa mengonsumsi beberapa jenis ikan yang memiliki banyak kandungan omega-3, seperti trout, mackerel, tuna, herring, sarden, dan salmon. 

Ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi minyak ikan secara rutin. Berikut beragam manfaat minyak ikan untuk kecantikan, dikutip dari Healthline dan Dokter.id, Selasa (20/10/2020).

2 dari 4 halaman

Manfaat Minyak Ikan untuk Kecantikan yang Tak Boleh Diremehkan

1. Menyehatkan kulit

Manfaat pertama dari minyak ikan untuk kecantikan adalah menjaga kesehatan kulit. Kulit adalah organ manusia yang terbesar dan tentunya perlu untuk dijaga.

Mengonsumsi minyak ikan diyakini bisa mengatasi berbagai masalah kulit seperti jerawat dan berpotensi melindungi Anda dari kanker kulit.

2. Lindungi kulit dari sinar UV

Kandungan DHA dan EPA pada minyak ikan dapat melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat sinar matahari. Paparan sinar matahari dapat berdampak negatif pada kulit Anda, yang menyebabkan terbentuknya kerutan, hiperpigmentasi, dan noda hitam.

Minyak ikan dapat membantu menjaga kulit Anda dari efek penuaan akibat kerusakan sinar matahari.

3 dari 4 halaman

Manfaat Minyak Ikan untuk Kecantikan yang Tak Boleh Diremehkan

3. Baik untuk rambut

Selain omega-3 yang ada di dalamnya, minyak ikan memiliki kandungan lain, seperti vitamin D. Vitamin D dapat memberikan dampak positif bagi rambut.

Vitamin D juga memiliki peranan dalam proses menstimulasi pertumbuhan rambut Anda. Nutrisi yang ada dalam minyak ikan sangat diperlukan untuk membentuk batang rambut baru.

4. Mengatasi jerawat

Telah terbukti kandungan omega-3 yang ada pada minyak ikan mampu mengurangi peradangan, termasuk peradangan yang menyebabkan jerawat. Mengonsumsi minyak ikan dapat membantu mengontrol minyak di wajah, meningkatkan hidrasi kulit, yang semuanya dapat mencegah dan mengatasi jerawat.

Minyak ikan juga memiliki kandungan antioksidan dan antiinflamasi yang dapat mempercepat penyembuhan jerawat dan mengurangi efek samping isotretinoin (obat yang biasa digunakan untuk mengobati jerawat parah).

4 dari 4 halaman

Manfaat Minyak Ikan untuk Kecantikan yang Tak Boleh Diremehkan

5. Mencegah penuaan dini

Manfaat selanjutnya dari minyak ikan untuk kecantikan adalah memiliki khasiat mencegah penuaan dini. Kandungan omega-3 dan antioksidan yang tinggi memiliki peran untuk mencegah radikal bebas yang menyerang tubuh.

Kadar radikal bebas yang terlalu banyak dalam tubuh dapat merugikan kesehatan Anda, termasuk meningkatkan proses penuaan dini. Mengonsumsi minyak ikan diyakini dapat meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh sehingga bisa mencegah keriput dan kendur pada kulit.

Selain itu, minyak ikan juga bisa melindungi tubuh dari efek berbahaya dari polusi udara sambil mengatasi efek dari paparan polusi.

6. Melembapkan dan mencegah iritasi pada kulit

Kandungan omega-3 pada minyak ikan dapat membantu melembabkan kulit dan melawan kulit merah, kering, atau gatal yang disebabkan oleh kelainan kulit seperti dermatitis atopik (pada bayi) dan psoriasis (pada orang dewasa).

Rutin mengonsumsi minyak ikan, kulit pun akan terhidrasi dengan baik dan terhindar dari berbagai permasalahan kulit lainnya.

 

Sumber: Healthline, Dokter.id

 

Dapatkan kumpulan artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer