Sukses


11 Manfaat Mengesankan Bawang Putih untuk Kecantikan

Bola.com, Jakarta - Bawang putih merupakan satu di antara bumbu dapur utama dalam hampir setiap masakan di Indonesia. Itulah mengapa bawang putih dipastikan selalu ada di persediaan bumbu masak di setiap rumah.

Tanpa bawang putih, mayoritas masakan Indonesia akan terasa hambar. Hal itu karena bawang putih mampu menambah cita rasa masakan. 

Tak hanya jadi andalan dalam urusan memasak sejak ribuan tahun silam, bawang putih memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Meski punya efek samping, seperti menyebabkan bau mulut dan bau keringat, bawang putih yang bernama Latin Allium sativum ini diyakini bisa mengobati batuk, sakit tenggorokan, sakit gigi, dan sariawan, mencegah kanker, serta mengatasi diabetes dan darah tinggi.

Hal itu berkat kandungan di dalamnya. Satu siung bawang putih mengandung berbagai nutrisi, seperti karbohidrat, protein, serat, mangan, vitamin C, kalsium, serta selenium.

Bawang putih juga mengandung antioksidan seperti flavonoid, oligosakarida, serta asam amino.

Dengan kelebihan itu, bawang putih juga memiliki manfaat bagi kecantikan, terutama bagi kulit dan rambut. Anda bisa mendapatkan manfaatnya dengan mengesampingkan baunya yang menyengat, semisal dengan menggeprek dan mencampurnya dengan bahan alami lainnya.

Selain itu, bagi Anda yang memiliki kulit sensitif agar lebih berhati-hati dalam mengaplikasi bawang putih. Meski alami, penggunaan secara topikal bisa menyebabkan beberapa efek samping, seperti ruam, iritasi, lecet, reaksi alergi, zosteriform dermatitis, dan urtikaria kontak (pembengkakan dan kemerahan pada kulit)

Berikut manfaat mengesankan bawang putih bagi kecantikan, disadur dari Merdeka, Jumat (23/10/2020).

2 dari 5 halaman

Manfaat Bawang Putih untuk Kecantikan

1. Mengatasi komedo

Masalah kecantikan yang cukup sering terjadi adalah komedo, yang biasanya muncul di sekitar hidung. Komedo bisa mengganggu penampilan. Manfaat bawang putih yang jarang diketahui adalah membantu menghilangkan komedo.

Anda tinggal menghaluskan beberapa siung bawang putih segar. Oleskan bawang putih lumat tadi pada bagian wajah yang berkomedo.

Gosok-gosok dengan lembut dan perlahan agar cairan bawang putih bisa bekerja melembutkan dan mengangkat komedo di pori-pori. Jangan terlalu lama agar kulit tidak pedih. Setelah itu, bilas wajah dengan air dingin hingga bersih.

2. Mengatasi jerawat

Bawang putih dapat mengatasi jerawat. Dilansir StyleCraze, sifat antimikroba dan antibakteri dari bawang putih membuatnya ampuh untuk mengatasi jerawat.

Jika ingin mendapatkan manfaat bawang putih yang satu ini, cukup iris bawang putih, kemudian oleskan pada bagian yang berjerawat.

Pastikan pisau yang digunakan untuk memotong benar-benar higienis agar tidak terjadi transfer bakteri.

3. Mengurangi bekas jerawat

Manfaat bawang putih untuk kecantikan yang selanjutnya adalah memudarkan bekas luka. Bekas luka, entah karena kecelakaan kecil atau jerawat menjadi satu di antara masalah kecantikan yang juga bisa diatasi dengan bawang putih.

Sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri dalam bawang putih bisa digunakan untuk menghilangkan bekas luka atau tahi lalat. Cukup oleskan langsung ke atas bekas luka yang telah mengering.

3 dari 5 halaman

Manfaat Bawang Putih untuk Kecantikan

4. Meremajakan kulit

Bawang putih bermanfaat untuk meremajakan kulit. Bawang putih yang dicampur dengan dengan yoghurt tawar bisa membantu proses regenerasi kulit. Keduanya akan meremajakan kulit sekaligus membersihkan pori-pori dari kulit mati.

Haluskan empat siung bawang putih, kemudian campur bersama dua sendok makan yoghurt. Aplikasikan campuran ini pada kulit wajah yang sudah dibersihkan, kemudian pijat dengan gerakan melingkar ke arah luar selama beberapa menit. Setelah itu, segera bersihkan kembali wajah dengan air.

5. Melawan penuaan dini

Bawang putih juga ampuh untuk mengatasi gejala penuaan yang muncul di wajah dan area kulit sekitar leher. Bawang putih bisa dimanfaatkan untuk menyamarkan garis-garis halus dan kerutan yang muncul pada wajah.

Jika ingin mendapatkan manfaat bawang putih untuk perawatan antiaging, haluskan beberapa siung bawang putih lalu campurkan dengan sedikit air. Oleskan pada wajah seminggu sekali untuk mendapatkan kulit yang awet muda.

6. Memudarkan stretchmark

Dilansir dari India Times, nutrisi yang terkandung dalam cairan bawang putih bisa membantu memudarkan stretchmark alias garis-garis belang yang terbentuk akibat retakan kulit. Campurkan sari bawang putih yang diambil dari bawang putih, lumat ke dalam minyak zaitun atau kelapa hangat.

Oleskan campuran tadi pada bagian kulit yang memiliki stretchmark, kemudian pijat-pijat lembut selama beberapa menit.

Lakukan perawatan dengan campuran ini secara teratur, minimal selama enam minggu agar Anda mendapatkan manfaat bawang putih secara maksimal.

4 dari 5 halaman

Manfaat Bawang Putih untuk Kecantikan

7. Menguatkan kuku

Manfaat lain bawang putih adalah menyehatkan kuku yang rapuh. Kandungan mineral yang dimiliki bawang putih bisa dimanfaatkan untuk memperkuat kuku.

Gosok bawang putih segar yang sudah diiris pada kuku, lalu biarkan sampai kering.

8. Mengempiskan kutil

Dilansir dari Healthline, Anda juga bisa mengempiskan kutil dengan bawang putih. Haluskan satu siung bawang putih segar, kemudian larutkan dengan air. Oleskan pada kutil, kemudian balut dengan kasa. Ulangi metode perawatan ini tiga atau empat kali seminggu.

Jika kulit Anda tidak terlalu sensitif, Anda bisa menggosok bawang putih yang sudah diiris langsung ke bagian yang berkutil.

5 dari 5 halaman

Manfaat Bawang Putih untuk Kecantikan

9. Mengatasi ketombe

Meski jarang disebut, manfaat bawang putih untuk mengatasi ketombe juga tak bisa disepelekan. Dilansir Times of India, khasiat antimikroba yang dimiliki bawang putih efektif untuk mengatasi ketombe yang disebabkan jamur dan bakteri.

Agar kulit kepala bebas ketombe, campur bawang putih yang sudah dihaluskan dengan madu murni. Gunakan untuk memijat kulit kepala sebelum keramas.

10. Mengatasi rambut rontok

Manfaat bawang putih selanjutnya adalah mengatasi kerontokan rambut. Bawang putih kaya kandungan tembaga yang penting untuk merangsang pertumbuhan rambut. Tembaga juga berperan menjadikan rambut lebat dan kuat.

Vitamin C yang dikandungnya berfungsi untuk menjaga kesehatan batang rambut dan kulit kepala. Sedangkan zat besi dapat membantu peredaran darah ke kulit kepala, syarat penting untuk rambut yang sehat.

Gunakan parutan bawang putih segar untuk memijat-mijat kulit kepala saat keramas. Setelah itu, cuci rambut dengan sampo seperti biasa.

11. Menyehatkan dan menyuburkan rambut

Jika Anda ingin menjadikan rambut tumbuh lebat, kuat, dan sehat, kuncinya adalah merawat kesehatan kulit kepala. Rawat dengan minyak rambut yang terbuat dari campuran bawang putih.

Buatlah minyak bawang dengan merendam bawang putih segar, yang sudah diiris atau diparut ke dalam sebotol minyak kelapa atau zaitun. Gunakan minyak ini untuk memijat kulit kepala secara teratur. Diamkan selama 30 menit, kemudian keramas rambut seperti biasa.

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Tantri Setyorini. Published: 14/1/2020).

Atlet Anggar Venezuela Peraih Medali Emas Olimpiade Jadi Pengantar Makanan Online

Video Populer

Foto Populer